Pengelompokan Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli

Pengelompokan Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli - Setiap pengelompokan selalu diikuti oleh dasar-dasar dan batasan tertentu. Batasan-batasan ini berdasarkan pada pendekatan ilmiah dan pengamatan. Pengelompokan seni rupa banyak dirumuskan oleh beberapa ahli, yaitu:
  • Menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat
Prof. Dr. Koentjaraningrat membagi seni rupa menjadi 7 bagian, yaitu:
  1. Seni bangunan,
  2. Seni patung,
  3. Seni relief,
  4. Seni lukis (gambar),
  5. Seni rias,
  6. Seni kerajinan,
  7. Seni olahraga.
Prof. Dr. Koentjaraningrat memandang seni bangunan sebagai seni paling tua. Sedangkan seni tari, seni drama, seni pedalangan, dan seni film, termasuk dalam seni rupa dan seni suara.
  • Menurut Charles Batteaux
Dari beberapa teori yang dirumuskan beberapa ahli. Teori Charles Batteaux (1713-1780) lebih banyak penganutnya. Teori ini mengelompokkan seni rupa menurut tujuan penciptaannya, yaitu sebagai berikut.

a. Seni Rupa Terapan (Useful Art/ Applied Art)
Seni terapan adalah karya seni rupa yang mempunyai fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, tanpa melepaskan aspek estetisnya. Jadi segi fungsi memiliki peran utama. Seni Terapan tersebut antara lain:
  1. Seni Kriya/ kerajinan,
  2. Seni Grafis,
  3. Seni Ilustrasi,
  4. Seni Reklame
  5. Seni Arsitektur/ rancang bangun
  6. Seni Dekorasi (Decoration Art)
  7. dll.
b. Seni Rupa Murni (Fine Art/ Pure Art)
Seni murni adalah seni rupa yang diciptakan khusus untuk dinikmati estetik dan artistiknya, tanpa mencampuradukkan dengan fungsi tertentu. Ekspresi seniman lebih bebas tertuang dalam karya, sebab tidak ada syarat-syarat tertentu yang membatasinya. Berbeda dengan seni terapan yang dibatasi unsur fungsi, sehingga harus mempertimbangkan hukum-hukum tertentu. Yang termasuk dalam bagian seni rupa murni, antara lain.
  1. Seni lukis,
  2. Seni patung,
  3. Seni instalasi,
  4. dll.
seni-lukis
Pembagian Seni Rupa Berdasarkan Dimensinya
Menurut dimensi (matra) yang dipakai, karya seni rupa dapat dibagi menjadi dua, yaitu.
  1. Seni Rupa Dua Dimensi, yaitu karya seni rupa yang memiliki dua ukuran (panjang dan lebar). Contohnya: Seni lukis, seni batik, seni ilustrasi, dll.
  2. Seni Rupa Tiga Dimensi, yaitu karya seni rupa yang memiliki tiga ukuran (panjang, lebar dan tinggi). Contohnya: Seni patung, seni arsitektur, seni keramik, dll.
Demikian ulasan kami tentang "Pengelompokan Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli", semoga artikel ini dapat memberikan tambahan pengetahuan bagi pembaca situs Seni Budayaku.com.
Baca juga:

0 Response to "Pengelompokan Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel