Skip to main content

Macam Macam Seni Kriya atau Jenis Kerajinan

Macam Macam Seni Kriya atau Jenis Kerajinan - Seni kriya (Craft Art) atau Seni kerajinan adalah karya seni yang teknik pembuatannya dikerjakan dengan keterampilan tangan, pekerjaan tangan atau hasta karya. Dalam perkembangannya seni keterampilan ini dikerjakan dengan bantuan alat-alat mekanik atau mesin sehingga dapat diproduksi massal dalam waktu relatif singkat. Benda hasil kriya/ kerajinan ini dibuat untuk keperluan/ kebutuhan manusia baik berupa benda hias maupun benda fungsional. Orang yang berprofesi menciptakan karya seni kriya atau kerajinan sering disebut dengan istilah pengrajin atau kriyawan.

Macam-Macam Seni Kriya
Karya seni kriya/ kerajinan dapat dibedakan menurut bahan dan teknik pembuatannya, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Seni Kriya Logam
Kriya logam adalah jenis kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan sejenis logam. Jenis logam ini seperti besi, perunggu, alumunium, perak, dan emas. Proses pembuatan karya seni kriya logam dapat dikerjakan dengan berbagai teknik seperti teknik tempa, teknik pahat, teknik cor, dll. Hasil kerajinan ini antara lain sabit, pisau, hiasan dinding, cincin, anting, dll.

2. Seni Kriya Kayu
Kriya kayu adalah jenis kerajinan yang terbuat dari bahan dasar kayu. Jenis kayu yang sering digunakan untuk kerajinan adalah kayu yang bersifat keras dan tahan lama. Teknik pembuatan kriya kayu dapat dikerjakan dengan teknik pahat atau ukir, teknik cukil, dll. Hasil kriya/ kerajinan kayu antara lain seperti meja dan kursi, almari, dll.

3. Seni Kriya Batu
Kriya batu adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan utama batu alam. Jenis batu yang dapat digunakan seperti batu marmer, batu hijau, batu putih, batu hitam. Teknik pembuatan kriya/ kerajinan batu ini biasanya menggunakan teknik pahat, teknik gerinda dan potong (menggunakan bantuan mesin). Hasil kriya/ kerajinan batu ini seperti lantai marmer, cobek batu, ulek batu, pot bunga, asbak batu, dll.

4. Seni Kriya Tanah Liat
Kriya tanah liat adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar berupa tanah liat. Hasil kriya tanah liat ini biasanya dalam bentuk gerabah. Teknik pembuatan kriya/ kerajinan tanah liat sering dikerjakan dengan teknik cetak, teknik pilin, teknik butsir, dll. Hasil karya tanah liat agar hasilnya lebih bagus sering dipadukan dengan memberikan tambahan lapisan keramik/ kaolin. Hasil kriya/ kerajinan tanah liat ini seperti piring dan mangkuk, kendi, gelas dan porong, vas bunga, asbak, dll.

5. Seni Kriya Tekstil
Kriya tekstil adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar benang atau kain. Dalam pembuatan kriya tekstil ini dikerjakan sesuai dengan jenis benda yang akan dibuat. Ada berbagai jenis kriya tekstil seperti hasil tenun manual(dikerjakan dengan tangan), kain songket, dan juga batik. Dari berbagai macam jenis kriya/ kerajinan tekstil tersebut memiliki teknik pembuatan yang berbeda-beda, seperti pembuatan batik dapat dikerjakan dengan teknik batik tulis, teknik jumputan, teknik cap, dll. Hasil kriya/ kerajinan tekstil ini antara lain pakaian, tas, topi, dll.

6. Seni Kriya Kulit
Kriya kulit adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan dasar kulit. Jenis kulit yang biasa digunakan untuk membuat kerajinan adalah kulit kambing, sapi, kerbau, baik dalam bentuk kulit mentah atau kulit samak/ sudah diolah. Teknik pembuatan kriya/ kerajinan kulit dapat dikerjakan dengan teknik pahat, teknik jahit, dll. Hasil kriya/ kerajinan kulit antara lain seperti Jaket kulit, tas kulit, sepatu kulit, dll.

7. Seni Kriya Tanduk
Kriya tanduk adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan utama tanduk binatang. Tanduk yang sering dipakai untuk bahan seni kriya adalah tanduk kerbau dan tanduk sapi. Teknik pembuatan kriya tanduk dikerjakan dengan proses yang panjang, dimulai dari pemanasan(dibakar), pengepresan, kemudian baru dibentuk sesuai tujuan yang diinginkan. Hasil kriya tanduk antara lain seperti sisir, gelang, frame kacamata, penggaruk, dll.

8. Seni Kriya Kaca
Kriya kaca adalah jenis kerajinan yang menggunakan bahan utama kaca. Kaca yang dapat digunakan untuk membuat seni kriya dapat berupa serat kaca ataupun limbah kaca. Teknik pembuatan kriya kaca dapat dilakukan dengan pembakaran untuk serat kaca dan limbah kaca dapat di jadikan berbagai macam seni kriya dengan menyusun dan mengelem pecahan kaca membentuk barang yang diinginkan. Hasil kriya kaca antara lain seperti asbak kaca, guci kaca, vas bunga kaca, dll.


9. Seni Kriya Anyaman
Kriya anyaman adalah jenis kerajinan yang dikerjakan dengan teknik anyam. Jenis bahan atau media yang dapat dianyam diantaranya adalah bambu, rotan, plastik, kertas, karet, kulit. Kerajinan anyaman ini dikerjakan oleh pengrajin yang sudah terampil dalam menganyam. Hasil kriya/ kerajinan anyaman banyak digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti tampah, nampan, cething/ tempat nasi, tempat buah, vas bunga, dll.

Selain jenis seni kriya di atas, masih banyak lagi jenis kriya/ kerajinan yang ada di Nusantara yang menggunakan bahan-bahan lokal daerah ataupun menggunakan bahan campuran (mix media) sebagai bahan pembuatan seni kriya daerah.
Baca juga:
Demikianlah ulasan saya mengenai "Macam-Macam Seni Kriya atau Jenis Kerajinan" yang ada dan berkembang di masyarakat kita. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan pengetahuan bagi pembaca. Terimakasih atas kunjungan anda di situs SeniBudayaku, baca juga artikel menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com..

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …