8 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya

8 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya - Daerah Jawa Timur kaya akan kesenian yang khas rnenunjukkan ciri khas daerahnya. Salah satunya adalah kesenian tari. Berikut penjelasan singkat tentang beberapa jenis tarian di Jawa Timur.

1. Tari Remo adalah sebuah tarian yang menggambarkan seorang ksatria yang sedang dimabuk asmara. Pada saat sedang asyiknya bercinta tugas negara memanggil sehingga dalam penampilannya terlukislah gerak-gerik yang menggambarkan antara tugas dan cinta. Tari ini biasanya dipakai untuk penyambutan tamu dan juga sebagai tari pembuka pada pertunjukan ludruk. 

2. Tari Seblang merupakan tari tradisional dari daerah Kabupaten Banyuwangi yang mengandung unsur magis religius atau sakral. Tarian ini biasanya ditampilkan sebagai bagian dari upacara adat Seblang.

3. Tari Barongan merupakan tari tradisional dari daerah Kabupaten Ponorogo yang penarinya mengenakan topeng singa sehingga tari ini juga disebut tari Singobarong. Pada bagian kepala singa bermahkotakan bulu-bulu burung merak sehingga tari ini juga disebut tari Dhadhak  Merak. Sekarang ini tari Barongan ditarikan bersama tari Jathilan/ Jaran Kepang, Bujangganong, dan lain-lain sebagai bagian dari seni tradisional Reog Ponorogo.

tari barongan jawa timur

4. Tari Gandrung Banyuwangi adalah sebuah tarian adat orang asing yang semula bersifat sakral, tetapi kini berkembang menjadi sebuah tarian pergaulan. Yang mencolok adalah gerakan pinggul yang berkesan erotik dan langkah kaki yang bervariasi. Gerakannya banyak menirukan gerakan kupu-kupu, ayam bertarung, burung merak, dan kucing. 

5. Tari Jaran Kepang merupakan tari tradisional yang ditarikan oleh beberapa orang pria dengan menggunakan alat berupa kuda-kudaan. Keunikan dari tarian ini adalah pemainnya yang kesurupan, kemudian memakan benda-benda yang terbuat dari kaca. Tarian ini tersebar di beberapa daerah di Jawa Timur dengan nama yang berbeda-beda, seperti Jaranan, Jathilan, atau Kuda Lumping.

tari kuda lumping jawa timur

6. Tari Kalipang merupakan tari tradisional bernapaskan lslam dari Kabupaten Lumajang yang menonjolkan banyak unsur bela diri. Tari ini diiringi dengan alat musik rebana dan jidor. Tari ini biasanya diikuti tari Jaran Kencak.

7. Tari Jejer adalah suatu tarian selamat datang dari ujung timur Pulau Jawa. Biasanya dipertunjukkan pada upacara pernikahan, penerimaan tamu-tamu terhormat, dan lain sebagainya.

8. Tari Pecut adalah rangkaian acara tradisional karapan sapi dari Madura diawali dengan tari Pecut. Dalam tarian ini dilukiskan keakraban pemilik dengan sapi yang dipeliharanya ketika mempersiapkan pertandingan karapan sapi antara lain penggambaran menolak bala dan perawatan sapi. 

Demikian ulasan tentang "8 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan Jawa Timur menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.


Sumber : Selayang Pandang Jawa Timur : M Purwati

0 Response to "8 Tarian Tradisional Jawa Timur Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel