Skip to main content

Bahasa Daerah Kalimantan Tengah Lengkap Penjelasannya

Bahasa Daerah Kalimantan Tengah Lengkap Penjelasannya - Masyarakat Kalimantan Tengah menggunakan bahasa lndonesia sebagai bahasa pengantar. Sebagian besar masyarakat Kalimantan Tengah (sekitar 60%) terutama di daerah perkotaan telah mengenal dan menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi, terutama sebagai bahasa pengantar di pemerintahan dan pendidikan. Pelajaran Bahasa Indonesia telah diajarkan kepada para siswa sejak di bangku sekolah dasar. Keberagaman etnis dan suku bangsa menyebabkan bahasa Indonesia dipengaruhi berbagai dialek.

Sebagian besar penduduk Kalimantan Tengah terdiri atas suku bangsa Dayak. Suku bangsa dayak sendiri terdiri atas beberapa subsuku bangsa. Mereka memiliki beberapa bahasa daerah. Bahasa Dayak Ngaju adalah bahasa Dayak yang paling luas digunakan di Kalimantan Tengah, terutama di daerah sungai Kahayan dan Kapuas. Bahasa Dayak Ngaju terbagi dalam berbagai dialek seperti bahasa Dayak Katingan dan Rungan. Selain itu, Bahasa Ma'anyan dan Ot Danum juga banyak digunakan. 

Bahasa Ma'anyan banyak digunakan di daerah aliran Sungai Barito dan sekitarnya, sedangkan bahasa Ot Danum banyak digunakan oleh suku Dayak Ot Danum di hulu Sungai Kahayan dan Kapuas. Kelompok masyarakat pendatang juga memberikan keragaman bahasa bagi masyarakat Kalimantan Tengah. 

Bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Banjar. Hal ini dikarenakan memiliki kedekatan geografis dengan daerah Kalimantan Selatan yang mayoritas dihuni oleh suku (orang) Banjar, dan cukup banyak orang Banjar yang merantau ke Kalimantan Tengah. Bahasa lainnya adalah bahasa Jawa, bahasa Bugis, bahasa Batak, dan sebagainya yang dibawa para pendatang. 

Menurut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalimantan Tengah, bahasa daerah (lokal) terdapat di sebelas DAS meliputi sembilan bahasa dominan dan tiga belas bahasa minoritas yaitu: 

Bahasa Dominan:
  1. Bahasa Melayu 
  2. Bahasa Banjar 
  3. Bahasa Ngaju 
  4. Bahasa Maanyan 
  5. Bahasa Ot Danum 
  6. Bahasa Katingan 
  7. Bahasa Bakumpai 
  8. Bahasa Tamuan 
  9. Bahasa Sampit 
Bahasa Kelompok Minoritas: 
  1. Bahasa Mentaya
  2. Bahasa Pembuang   
  3. Bahasa Dayak Bara Injey
  4. Bahasa Dusun Kalahien
  5. Bahasa Balai  
  6. Bahasa Bulik 
  7. Bahasa Kadoreh 
  8. Bahasa Mendawai 
  9. Bahasa Waringin 
  10. Bahasa Dusun Bayan 
  11. Bahasa Dusun Tawoyan 
  12. Bahasa Dusun Lawangan 
  13. Bahasa Dayak Barean
Demikian Pembahasan tentang "Bahasa Daerah Kalimantan Tengah Lengkap Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan daerah Kalimantan Tengah menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Baca juga:
Bahasa Daerah Kalimantan Timur Lengkap Penjelasannya
Bahasa Daerah Kalimantan Selatan Lengkap Penjelasannya
Upacara Adat Kalimantan Tengah Lengkap Penjelasannya

Sumber : Selayang Pandang Kalimantan Tengah : Ir. Nugroho Yuananto

Comments