Skip to main content

Ragam Seni Tari dan Seni Pertunjukan Daerah Sumatera Barat

Ragam Seni Tari dan Seni Pertunjukan Daerah Sumatera Barat - Provinsi Sumatera Barat kaya akan tarian tradisional. Salah satu tarian yang sangat terkenal adalah tari Piring. Tari Piring merupakan tarian tradisional khas Minangkabau yang sudah berumur ratusan tahun. Pada awalnya, tari ini dilakukan sebagai ritual untuk mengucapkan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa karena mendapatkan hasil panen yang melimpah. Upacara tersebut dilakukan oleh beberapa gadis cantik yang membawa sesaji dalam bentuk makanan yang diletakkan di dalam piring. Dalam perkembangannya, setelah agama Islam masuk ke masyarakat Minangkabau tradisi tari Piring ini hanya ditampilkan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat. 

Tari Piring dimainkan dengan menggunakan piring sebagai media utama. Keistimewaan para penari piring adalah mereka dapat memainkan piring sambil menari dengan gerakan yang lembut dan teratur tanpa terlepas dari genggaman. Para penari ini juga sering menari di atas pecahan kaca. Mereka menari, melompat-lompat, dan berguling-guling sambil membawa piring di atas pecahan kaca. Tari piring diiringi oleh musik talempong.

kesenian tari piring sumatera barat

Selain tari Piring, ada juga tari Indang. Tari ini menggambarkan tradisi syari’at pada memalu atau kegotongroyongan yang melandasi kehidupan masyarakat Minangkabau. Indang sendiri berarti alat penampi beras. Sebagian dari gerak tari ini berasal dari gerak silat. Ada pula tari Kipas dan tari Payung. Tari Kipas menggambarkan kehidupan pergaulan muda-mudi. Hal tersebut terungkap melalui gerak kipas yang ditarikan secara dinamis. Sementara itu, tari Payung melukiskan hubungan percintaan sepasang muda-mudi. Tarian ini juga ditarikan oleh sepasang mempelai dalam pesta perkawinan mereka. Provinsi Sumatera Barat juga mempunyai sebuah tarian yang penuh dengan unsur gerak silat yaitu Rantak. Rantak menggambarkan kehidupan masyarakat Minangkabau yang dinamis.

kesenian tari indang dan tari rantak sumatera barat


Randai 
Randai adalah pertunjukan teater khas Minangkabau. Pertunjukan teater tersebut merupakan gabungan dari seni peran, senitari, seni musik, dan seni beladiri. Randai biasanya membawakan sebuah cerita, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Randai biasanya diadakan pada saat pesta rakyat atau pada hari raya ldul Fitri dengan tujuan untuk menghibur. 

Randai biasanya dimainkan oleh beberapa orang. Pemain randai terdiri atas anak-anak dan orang dewasa. Pada zaman dahulu Randai tidak mempunyai anggota wanita. Untuk memerankan seorang wanita, salah seorang anggota Randai didandani mirip wanita. Pemeran wanita ini disebut bujang gadih. Sesuai dengan perkembangan zaman, sudah banyak kelompok Randai yang memiliki anggota wanita.

gambar seni pertunjukan sumatera barat

Silek
Silek adalah seni beladiri dalam masyarakat Minangkabau yang lebih dikenal dengan nama silat. Pengaruh sistem matrilineal di provinsi ini menyebabkan anak laki-laki setelah akil balik harus tinggal di surau. Silek adalah salah satu dasar pendidikan penting yang harus dipelajari oleh anak laki-laki selain pendidikan agama Islam. Silek merupakan unsur penting dalam tradisi dan adat masyarakat Minangkabau. Ada beberapajenis aliran silek di Sumatera Barat, yaitu silek Kumanggo, Linatu, Tuo, Sitaralak, Harimau, Pauh, Sungai Patai, Luncua, Gulo-Gulo Tareh, Baru, dan Ulu Ambek.

Lukah Gilo
Lukah adalah perangkap ikan atau belut yang terbuat dari anyaman lidi atau rotan yang diletakkan di aliran sungai. Berbekal lukah inilah, pada tahun 1955 anak nagari Muaro Paneh, Kecamatan Bukit Sundi, berkreasi dan menciptakan Lukah Gilo. Lukah Gilo adalah lukah yang dibentuk seperti boneka dan diberi mantra oleh seorang pawang. Karena diberi mantra, lukah tersebut dapat bergerak liar. Gerakan lukah akan semakin kuat jika semakin banyak orang yang mencoba menahan gerakan lukah tersebut.

Baca juga:
Tarian Tradisional Betawi Lengkap Penjelasannya
3 Tarian Tradisional khas Daerah Sumatera Utara
13 Tarian Tradisional Sumatera Selatan Lengkap Penjelasannya
Tarian Tradisional Jambi Lengkap Penjelasannya

Demikian pembahasan tentang "Ragam Seni Tari dan Seni Pertunjukan Daerah Sumatera Barat" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan Sumatera Barat menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.


Sumber : Selayang Pandang Sumatra Barat : Purwati

Comments