Skip to main content

Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat yang Menggoda Selera

Makanan Tradisional Khas Sumatera Barat yang Menggoda Selera - Dunia kuliner Provinsi Sumatera Barat terkenal dengan masakan Padang. Contoh makanan dari Sumatera Barat yang populer adalah rendang, satai padang, dendeng balado, ayam pop, soto padang, dan bubur kampiun. Selain itu, Sumatera Barat juga memiliki ratusan resep, seperti galamai, wajik, kipang kacang, bareh randang, dakak-dakak, rakik maco, karupuak balado, dan karupuak sanjai. 

Tiap-tiap kota dan kabupaten di Provinsi Sumatera Barat juga memiliki makanan khas untuk dijadikan buah tangan. Kota Padang terkenal dengan bengkuang dan karupuak baladonya. Sementara itu, Kota Padang Panjang terkenal dengan satainya. Kota Bukittinggi terkenal dengan karupuak sanjai, Kota Payakumbuh dengan galamai dan bareh rending. Kabupaten Agam terkenal dengan palai rinuak dan pensi, Kabupaten Pesisir Selatan terkenal dengan rakik maco, Kabupaten Tanah Datar terkenal dengan lamang Limo Kaum dan dakak-dakak simabua-nya.

samba lado tanak makanan khas sumatera barat

Rendang adalah makanan khas dari Provinsi Sumatera Barat. Rendang merupakan makanan tradisional bersantan dengan bahan utama daging sapi. Selain daging sapi, rendang juga menggunakan kelapa (karambia) dan campuran dari berbagai bumbu khas Indonesia di antaranya cabai, lengkuas, serai, bawang, dan bumbu yang lain. Rendang memiliki filosofi bagi masyarakat Minangkabau, yaitu musyawarah, yang berasal dari keempat bahan pokok berikut ini.

  1. Daging (daging sapi) merupakan lambang dari Niniak Momak (para pemimpin suku adat).
  2. Karambia (kelapa) merupakan lambang Cadiak Pandai (Kaum Intelektual).
  3. Lado (cabai) merupakan lambang Alim Ulama yang pedas, tegas untuk mengajarkan syarak (agama).
  4. Pemasak (bumbu) merupakan lambang dari keseluruhan masyarakat Minang.
Makanan yang tidak kalah nikmatnya adalah samba lado tanak. Samba lado tanak adalah sambal masakan khas masyarakat Nagari Sungai Jambu, Nagari yang terletak di pinggang Gunung Marapi, Kabupaten Tanah Datar. Samba lado tanak diolah dari cabai yang sudah digiling, santan kelapa yang sudah dimasak, ikan teri, petai, ditambah rempah-rempah lainnya. Kemudian, semua bahan-bahan tersebut dimasak dalam kuali dengan api dari bahan bakar kayu.

satai padang dan dendeng balado makanan khas sumatera barat

Satai padang adalah sebutan untuk tiga jenis varian satai di Sumatera Barat, yaitu satai padang, satai padang panjang, dan satai pariaman. Satai padang terbuat dari daging sapi dan lidah sapi dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak. Satai padang panjang kuahnya berwarna kuning, sedangkan satai pariaman kuahnya berwarna merah.

Makanan lain yang terkenal adalah soto padang. Hidangan berkuah kaldu sapi disajikan dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng, bihun, dan perkedel kentang. Soto padang biasanya disajikan panas-panas. Ada lagi dendeng balado. Dendeng balado adalah makanan yang terbuat dari daging sapi yang diiris tipis searah dengan urat dagingnya. Daging tersebut dijemur di bawah sinar matahari lalu digoreng. Kemudian, daging tersebut dicampur dengan bumbu cabai merah, bawang merah, garam, dan jeruk nipis.

Baca juga:
Makanan Khas Bengkulu Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Aceh Lengkap Penjelasannya
Ragam Seni Tari dan Seni Pertunjukan Daerah Sumatera Barat
Upacara Adat Sumatera Barat Lengkap Penjelasannya



Sumber : Selayang Pandang Sumatera Barat : Purwati

Comments