Skip to main content

Alat Musik Tradisional Daerah Lampung Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Alat Musik Tradisional Daerah Lampung - Seni musik tradisional Provinsi Lampung bisa dikelompokkan menjadi dua, yaitu seni musik Lampung Pepadun dan seni musik Lampung Peminggir (Pesisir). Seni musik tradisional ini dipakai dalam berbagai upacara adat atau acara-acara resmi yang berkembang dalam masyarakat Lampung.

1. KULINTANG
Masyarakat Lampung Pepadun sering menggunakan alat musik kulintang. Alat musik ini serupa dengan gamelan Jawa, tetapi tidak lengkap. Seperangkat kulintang terdiri atas beberapa alat musik tabuh dan pukul yang terbuat dari perunggu. Alat musik itu biasanya ditabuh untuk mengiringi acara-acara adat seperti Tabuh Sanak Miwang Diljan, Tabuh Sereliyih Adak Deh, Tabuh Serenundung Lambung, Tabuh Tori, Tabuh Muli Turun di Sessat, Tabuh Baris untuk Gubar Sangget, dan Tabuh Damang Kusen. Sebagian masyarakat juga mengenalnya sebagai alat musik talo balak.

gambar seni musik kulintang

Begitu pentingnya alat musik ini sehingga di beberapa komunitas masyarakat Lampung dikenal kulintang dengan nama berbeda. Sebagai contoh kulintang Kacak Tanding (Terbanggi Besar), kulintang Gemaraw (Batu Berak), kulintang Cakra (Gunung Wani), kulintang Ngabehi Kibang (Menggala), dan kulintang Sakti Pagar Dewa (Menggala). Tiap-tiap kulintang ini memiliki nilai sejarah dan adat istiadat yang sangat penting bagi masyarakatnya.

2. GAMBUS
Sementara itu, dalam tradisi masyarakat Lampung Pesisir, baik untuk acara resmi atau upacara adat, seni musik yang paling menonjol yaitu seni musik gambus. Seni musik ini diperkirakan dibawa oleh orang-orang Banten. Seni musik gambus dimainkan dalam bentuk permainan orkes. Alat musik yang digunakan adalah terbang, marakas, banggo, dan lain-lain.

gambar seni musik gambus

Dalam tradisi masyarakat Lampung juga berkembang berbagai jenis tetabuhan atau bunyi-bunyian seperti banekh, medang khulang, kakupak, kakiting, kakenong, kalintung (balintung), sekhunai, dan ginggung. Ada juga alat musik tiup seperti serdam (seruling). Berkembang juga alat musik pukul, seperti kerenceng (terbangan), sekhdap, bekhudah, talo balak, dan cetik (kulintang pekhing). Selain itu, dapat juga ditemui alat musik petik, seperti gitar tunggal, gambus lunik, dan gambus anak buha. Berbagai alat musik ini masih bisa ditemui dalam berbagai upacara adat atau pertunjukan seni tradisional lainnya, seperti tari, pantun, dan lagu-lagu daerah.

3. ORGEL
Adakah yang pernah mendengar orgel? Orgel merupakan seni musik tradisional Lampung untuk mengiringi pementasan tari Payung. Organ menjadi alat musik utama dalam pementasan seni musik ini. Selain itu, ada juga seruling dan gendang yang menjadi bagian dari seni musik orgel. Orgel merupakan jenis musik tradisional Lampung yang sudah mendapat pengaruh budaya Islam dan Eropa.

gambar seni musik orgel

Demikian pembahasan tentang "Alat Musik Tradisional Daerah Lampung Lengkap, Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan Daerah Lampung menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.




Sumber : Selayang Pandang Lampung : Giyarto

Comments