Skip to main content

Jenis-Jenis Alat Musik Lengkap Keterangan dan contoh Gambarnya

Terdapat beragam jenis alat musik yang dikenal masyarakat, baik alat musik lokal maupun alat musik mancanegara memiliki keragaman dalam berbagai hal. Jenis-jenis alat musik dapat dikategorikan menurut cara memainkannya, sumber bunyinya, maupun fungsinya. Berikut ini ulasan tentang jenis-jenis alat musik yang perlu kalian ketahui.

A. Jenis-jenis Alat Musik menurut Cara Memainkan.

1. Alat Musik Tekan
Alat musik tekan yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara ditekan. Bagian yang ditekan adalah tuts yang terdapat pada alat musik tersebut.
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditekan adalah;
a. Piano, adalah alat musik tekan yang memiliki senar panjang di bagian dalamnya. 
Bagian-bagian piano diantaranya;
  • Tuts, yaitu bilah kecil berwarna hitam atau putih yang terdapat pada piano. Tuts menghasilkan suara jika pemain menekannya. 
  • Senar, yaitu kawat yang terdapat di bagian dalam piano yang menghasilkan suara saat tuts ditekan. 
  • Pedal, yaitu bagian bawah piano yang ditekan dengan kaki untuk mengatur kualitas suara yang dihasilkan. Ada tiga pedal yang dimiliki piano, yaitu pedal halus  (pedal yang digunakan untuk memperkecil suara piano), pedal sostenuto (pedal yang digunakan untuk memperkeras suara piano hanya pada tuts yang ditekan), dan pedal damper (pedal yang digunakan untuk memperkeras dan memperpanjang suara piano). Pedal damper adalah pedal yang paling sering digunakan. 
  • Penutup, yaitu bagian atas piano yang dapat dibuka dan ditutup. 

b. Keyboard, yaitu alat musik elektronik yang bentuknya mirip dengan piano. 
c. Pianika, yaitu alat musik tekan yang mirip dengan piano namun berukuran lebih kecil. Pianika dimainkan dengan cara meniup selang sambil menekan tutsnya bersamaan. 
d. Organ, merupakan alat musik tekan yang mirip piano. Organ menghasilkan suara dari udara yang dialirkan ke pipa-pipa yang berbeda bentuk dan ukurannya. Pada zaman sekarang, organ pipa sudah digantikan dengan organ elektronik yang menghasilkan suara dari sumber listrik. Organ memiliki 13 pedal atau lebih.

gambar-alat-musik-tekan

2. Alat Musik Gesek
Alat musik gesek yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara digesek. Busur (alat penggesek) digesekkan pada senar sehingga mengeluarkan suara. 
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara digesek adalah;
a. Biola, yaitu alat musik gesek yang terbuat dari kayu dan memiliki empat senar. Biola dimainkan dengan cara menjepit badan biola dengan menggunakan dagu dan bahu pemain. Orang yang memainkan biola disebut dengan istilah violis.
Bagian-bagian alat musik biola terdiri dari;
  • Sekrup kuping, yaitu batang kayu atau logam pendek yang terdapat di ujung biola. Digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan senar. 
  • Leher, yaitu bagian biola berupa kayu panjang untuk dipegang oleh tangan kiri. 
  • Papan jari, yaitu bagian pada leher biola sebagai tempat untuk jari menekan senar. 
  • Jembatan, yaitu bagian di tengah badan biola yang menyangga senar.
  • Tailpiece, yaitu bagian pada badan biola tempat senar-senar ditancapkan. 
  • Tempat dagu, yaitu tempat untuk meletakkan dagu ketika memainkan biola. 
  • Lubang suara, yaitu lubang berbentuk huruf S atau F yang berfungsi menghasilkan suara ketika biola digesek. 
  • Busur, yaitu kayu panjang yang memiliki jalinan benang halus yang digunakan untuk menggesek senar biola.

b. Cello, yaitu jenis alat musik gesek yang terbuat dari kayu. Cello berbentuk mirip dengan biola namun lebih besar. Alat musik ini dimainkan dengan cara menjepit badannya diantara kaki pemain. Orang yang memainkan cello disebut cellis
c. Rebab, yaitu alat musik gesek tradisional yang memiliki dua atau tiga senar.

gambar-alat-musik-gesek

3. Alat Musik Pukul
Alat musik pukul yaitu jenis alat musik yang mengeluarkan suara dengan cara dipukul. Permukaannya dipukul dengan menggunakan tangan atau pemukul. 
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul adalah;
a. Drum, yaitu jenis alat musik pukul yang terdiri atas beberapa perangkat. Sebagian besar perangkat drum berbentuk bundar dengan permukaan yang dilapisi kain atau plastik. 
Bagian-bagian alat musik drum terdiri dari;
  • Drum senar, yaitu drum kecil yang memiliki senar di dalamnya. Drum senar berfungsi untuk menjaga irama. 
  • Simbal, yaitu perangkat drum yang terbuat dari lempeng kuningan. Simbal menghasilkan bunyi dentingan ketika dipukul. 
  • Drum bass, yaitu drum yang bentuknya paling besar dan menghasilkan suara paling rendah. Drum bass diletakkan di bawah dengan posisi tegak. 
  • Tom-tom, yaitu drum tanpa senar yang terbuat dari kayu. Biasanya dipakai untuk musik jazz atau rock. 
  • Pemukul, merupakan sepasang tongkat yang digunakan untuk memukul permukaan drum. 

b. Gendang, yaitu jenis alat musik pukul yang terbuat dari kayu bulat panjang dan berongga di tengahnya. Salah satu atau kedua Iubangnya ditutup dengan kulit binatang. 
c. Rebana, yaitu jenis alat musik pukul yang berbentuk bulat pipih. Salah satu permukaannya dilapisi kulit. Rebana dipukul dengan jari atau telapak tangan. 
d. Bongo, yaitu jenis alat musik pukul berupa drum kecil, biasanya sepasang, dimainkan dengan cara dipukul dengan jari atau telapak tangan. Bongo adalah alat musik khas Amerika Latin.

gambar-alat-musik-pukul

4. Alat Musik Tiup
Alat musik tiup yaitu jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara ditiup. 
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup adalah;
a. Seruling, yaitu alat musik berbentuk pipa yang terbuat dari logam atau bambu. Seruling dilengkapi lubang tempat meniup dan lubang-lubang tempat jari menekan untuk menghasilkan nada tertentu. 
Bagian-bagian pada alat musik seruling terdiri dari;
  • Kepala, merupakan bagian seruling yang ditempelkan ke mulut. Kepala seruling memiliki lubang tempat mulut meniupkan udara ke badan seruling. 
  • Badan seruling, merupakan bagian terpanjang pada seruling yang memiliki banyak lubang untuk  menghasilkan nada-nada yang berbeda pada seruling. 
  • Kaki seruling, yaitu bagian akhir seruling yang pendek dan memiliki lebih sedikit lubang. Kaki seruling mempunyai tangkai yang sejajar dengan pusat kunci. 

b. Saksofon, yaitu alat musik tiup yang bentuknya seperti pipa cangklong. Saksofon dilengkapi lubang dan tombol-tombol jari untuk menghasilkan nada yang berbeda saat ditiup. 
c. Clarinet, yaitu jenis alat musik tiup berbentuk silindris yang sering digunakan dalam musik jazz. Contoh pemain clarinet terkenal adalah Kenny G. 
d. Harmonika, yaitu alat musik yang memiliki lubang-lubang kecil. Cara memainkan harmonika adalah dengan cara meniup dan menghisap.
e. Terompet, merupakan jenis alat musik tiup yang terbuat dari kuningan. Terompet memiliki tiga tombol yang bila ditekan dan ditiup dengan cara berbeda dapat menghasilkan nada yang berbeda.

gambar-alat-musik-tiup

5. Alat Musik Petik
Alat musik petik yaitu jenis alat musik yang menghasilkan suara dengan cara dipetik. Senarnya dipetik dengan menggunakan jari atau pick. 
Contoh alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik adalah;
a. Gitar klasik, yaitu jenis alat musik petik yang memiliki enam senar dan dimainkan dengan jari atau pick. 
Bagian-bagian pada alat musik gitar klasik terdiri dari; 
  • Jembatan, yaitu bagian badan gitar tempat senar ditancapkan. 
  • Lubang suara, yaitu lubang pada badan gitar yang berfungsi menghasilkan suara. 
  • Leher, yaitu bagian gitar yang bagian-bagiannya dipisahkan oleh fret. Pada bagian leher ini terdapat senar yang diregangkan 
  • Fret, merupakan kepingan logam yang menandai posisi nada pada leher gitar. 
  • Kepala, yaitu bagian paling atas dari leher tempat sekrup kuping berada. 
  • Sekrup kuping, merupakan batang kayu atau logam pendek yang terdapat pada kepala gitar. Digunakan untuk mengencangkan atau melonggarkan senar. 
  • Pick gitar, yaitu keping dari plastik atau logam yang dipegang di antara ibu jari dan telunjuk. Pick digunakan untuk memetik senar gitar. 

b. Sitar, merupakan jenis alat musik petik yang berasal dari Timur Tengah. Sitar memiliki bentuk badan yang bulat dan leher yang panjang dengan tiga atau empat senar. 
c. Banjo, merupakan alat musik petik yang memiliki leher panjang dan badan yang bulat. Banjo memiliki empat atau lima senar. 
d. Harpa, adalah Alat musik petik berukuran besar yang memiliki 46 senar yang memanjang vertikal. Pemain harpa duduk di samping harpa. 
e. Ukulele, merupakan jenis alat musik petik yang memiliki empat senar. Bentuknya lebih kecil daripada gitar. 
f. Mandolin, yaitu alat musik petik yang memiliku empat senar dari logam yang disusun berpasangan.

gambar-alat-musik-petik


6. Alat Musik Perkusi
Alat musik perkusi yaitu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul dengan tangan atau tongkat. Orang yang memainkan alat musik perkusi disebut perkusionis. 
Contoh alat musik perkusi yaitu;
a. Kastanet, yaitu alat musik kecil yang terdiri atas dua keping kayu bundar yang dimainkan di telapak tangan dan dipukulkan bersamaan untuk menghasilkan suara. Digunakan untuk mengiringi tarian Spanyol. 
b. Tamborin, yaitu alat musik dengan rangka kayu bundar yang memiliki kepingan logam di sepanjang sisinya. Cara memainkan tamborin adalah dengan digoyangkan atau dipukulkan ke telapak tangan. 
Bagian-bagian pada alat musik tamborin yaitu;
  • Kepala, yaitu bagian atas rangka yang dilapisi kulit atau plastik. Ada juga tamborin yang tidak memakai pelapis. 
  • Gemerincing, merupakan kepingan logam yang kecil dan tipis pada tamborin yang menghasilkan suara gemerincing jika digoyangkan

c. Marakas, adalah sepasang alat musik yang bentuknya bulat dan berisi manik-manik atau biji-bijian yang harus digoyangkan untuk menghasilkan bunyi. 
d. Silofon, yaitu alat musik dari kayu yang terdiri atas dua baris bilah. Cara memainkan silofon adalah dipukul dengan tongkat untuk menghasilkan suara. 
e. Triangle, adalah alat musik sederhana berbentuk segitiga yang terbuat dari logam. Triangle dipukul dengan tongkat logam untuk menghasilkan suara. 
f. Vibrafon, adalah alat musik yang memiliki bilah seperti silofon. Vibrafon sering dipakai pada pertunjukan musik jazz. Bilah pada vibrafon ini terbuat dari alumunium. Vibrafon juga memiliki pedal damper seperti piano.

gambar-alat-musik-perkusi

B. Jenis-Jenis Alat Musik Berdasarkan Sumber Bunyinya

1. Aerophone, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari udara. Jenis alat musik ini menghasilkan bunyi dengan cara ditiup atau dipompa.
Contoh alat musik Aerophone adalah; flute, seruling, rekorder, tuba, melodeon, clarinet, saksophone, akordion dan horn. 
2. Idiophone, yaitu jenis alat musik yang sumber  bunyinya berasal dari batangan logam atau kayu yang dipukul. Jenis alat musik ini biasanya dimainkan dengan cara dipukul atau digoyangkan, dan menghasilkan bunyi akibat getaran pada logam atau kayu tersebut.
Contoh alat musik idiophone adalah; calung, angklung, bellira, kulintang dan gamelan.
3. Elektrophone,  yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari  rangkaian elektronik.
Contoh alat musik Elektrophone adalah; keybord, gitar elektrik, organ elektrik, dan bass elektrik.
4. Membranophone, yaitu jenis  alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran selaput tipis dari plastik atau kulit.
Contoh alat musik membranophone adalah; tamborin, bedug, rebana, ketipung, bongon, konga, drum set,  dan tympani.
5. Chordophone, yaitu jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari dawai yang dipetik, digesek atau ditekan.
Contoh alat musik chordophone adalah; gitar, harpa, mandolin, ukulele, banjo, siter, kecapi bas, biola, viola, cello, double bass, rebab dan piano akustik.

C. Jenis Alat Musik Berdasarkan Fungsinya

1. Alat musik melodis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan nada atau melodi lagu.
Contoh alat musik melodis adalah; seruling, harmonica, flute, terompet, saksofon, pianika, dan rekorder.
2. Alat musik ritmis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan ritme atau irama saat dimainkan.
Contoh alat musik ritmis adalah; ketipung, bass, konga, bongo, drum set, dan kendang.
3. Alat musik harmonis, yaitu jenis alat musik yang berfungsi menghasilkan paduan nada atau akor saat dimanikan.
Contoh alat musik harmonis adalah; gitar, piano, kerybord dan organ.
Baca juga:

Comments

  1. Terimakasih, artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    jangan lupa untuk mengunjungi kami di Jual Alat Drumband Bantul

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …