Skip to main content

Alat Musik Tradisional Kalimantan Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Suku bangsa Dayak memiliki bermacam-macam alat musik, baik berupa alat musik petik, pukul, dan tiup. Dalam kehidupan sehari-hari suku bangsa ini menggunakan musik sebagai sarana untuk penyampaian maksud-maksud serta puja dan puji kepada yang berkuasa, baik terhadap roh-roh maupun manusia biasa. Selain itu, alat-alat musik ini digunakan untuk mengiringi bermacam-macam tarian.

Alat musik tradisional suku bangsa Dayak, antara lain gendang, genikng, gong, glunikng, jatung tutup, jatung utang, kadire, klentangan, sampe, suliikng, taraai, dan uding. Berikut ini ulasan singkat beberapa alat musik tradisional Provinsi Kalimantan Timur.

1. Gendang
Ada beberapa gendang yang dikenal oleh suku bangsa Dayak Tunjung, yaitu prahi, gimar, tuukng tuat, dan pampong.

2. Jatung Tutup 
Jatung tutup adalah gendang besar dengan ukuran panjang 3 m dan diameter 50 cm.

alat musik pukul tradisional kalimantan timur

3. Jatung Utang
Jatung utang yaitu alat musik pukul dari kayu yang berbentuk gambang. Alat musik ini memiliki 12 kunci, yang tergantung dari atas sampai bawah dan dimainkan dengan kedua belah tangan.

4. Kadire
Kadire adalah alat musik tiup yang terbuat dari pelepah batang pisang. Alat musik ini memiliki Iima buah pipa bambu yang dibunyikan dengan mempermainkan udara pada rongga mulut untuk menghasilkan suara dengung.

gambar alat musik tradisional kalimantan timur

5. Klentangan
Klentangan yaitu alat musik pukul yang terdiri atas enam buah gong kecil tersusun menurut nada-nada tertentu. Alat musik tersebut ditata pada sebuah tempat dudukan berbentuk semacam kotak persegi panjang.

6. Sampe
Sampe yaitu sejenis gitar atau alat musik petik dengan dawai berjumlah 3 atau 4. Alat musik tersebut biasanya diberi hiasan atau ukiran khas suku bangsa Dayak.

alat musik tradisional dayak kalimantan timur

Seni suara atau musik suku bangsa Kutai banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu dan Islam. Seni musik khas suku bangsa Kutai adalah musik Tingkilan. Kesenian ini memiliki kesamaan dengan kesenian rumpun Melayu. Alat musik yang digunakan adalah gambus, ketipung, kendang, dan biola.

Musik Tingkilan disertai pula dengan nyanyian yang disebut betingkilan. Betingkilan berarti bertingkah-tingkahan atau bersahut-sahutan. Tingkilan sering dinyanyikan oleh dua orang penyanyi pria dan wanita sambil bersahut-sahutan. Isi lagu berupa nasihat-nasihat percintaan, saling memuji, bahkan saling menyindir atau saling mengejek dengan kata-kata yang lucu. Musik Tingkilan ini sering digunakan untuk mengiringi tarian pergaulan rakyat suku bangsa Kutai, yaitu tari Jepen.

Ada pula jenis kesenian lain yang disebut Hadrah. Kesenian ini mempergunakan alat musik terbang atau rebana. Kesenian ini dibawakan sambil menabuh terbang dan disertai dengan nyanyian dalam bahasa Arab. Nyanyian tersebut diambil dari kitab Barjanji. Kesenian ini umumnya ditampilkan untuk mengarak pengantin pria menuju rumah mempelai wanita. Selain itu, hadrah juga sering ditampilkan pada perayaan hari-hari besar Islam.



Sumber : Selayang Pandang Kalimantan Timur : M Purwati

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …