Skip to main content

Rumah Adat Gorontalo Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Rumah Adat Gorontalo Lengkap, Gambar dan Penjelasannya - Orang Gorontalo memiliki rumah adat yang disebut Bantayo Poboide. Selain itu, masyarakat Gorontalo juga memiliki rumah adat yang disebut Dulohupa.

Rumah Adat Gorontalo Dulohupa
Contoh rumah adat Dulohupa terletak di Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Pada masa lampau kerabat kerajaan menggunakan rumah ini untuk bermusyawarah. Dulohupa merupakan rumah panggung yang terbuat dari papan, dengan bentuk atap khas daerah Gorontalo. Pada bagian belakang ada ajungan, tempat para raja dan kerabat istana beristirahat atau bersantai sambil melihat kegiatan remaja istana bermain sepak raga.

Rumah Adat Gorontalo Bantayo Poboide
Salah satu rumah adat Bantayo Poboide terdapat di depan kantor bupati Gorontalo di Limboto. Bantayo Poboide mengandung pengertian rumah musyawarah adat. Berbagai upacara adat, penerimaan tamu kenegaraan, pesta perkawinan adat, sampai kegiatan sosial dan keagamaan kerap dilangsungkan di tempat itu. Bantayo poboide menjadi sebuah tempat ideal bagi beragam kegiatan masyarakat.

rumah adat gorontalo

Secara keseluruhan bahan yang digunakan untuk membangun rumah adat ini adalah kayu. Ada dua jenis kayu yang digunakan, yaitu kayu cokelat dan kayu hitam. Kayu cokelat kemerahan memiliki serat lurus. Kayu ini tampak mendominasi seluruh bangunan. Kayu berwarna hitam dipergunakan sebagai kusen, pegangan tangga, dan pagar balkon. Kayu hitam juga dipakai sebagai ukiran lubang angin. Ukiran halus pada lubang angin di atas pintu bermotifkan tumbuhan dan bunga yang berlubang-lubang. Dinding, daun pintu, jendela, dan lantai dibuat dari kayu cokelat kemerahan, dipernis tipis. Semua kusen, tulang pintu, jendela, dan pegangan tangga serta balkon dibuat dari kayu hitam.

Dua buah tangga yang cukup lebar, secara simetris terletak di depan bangunan. Keduanya mengapit balkon yang merupakan bagian serambi depan. Pada sayap kanan dan kiri terdapat ruang terbuka yang lebih rendah daripada bagian panggung bangunan utama. Akan tetapi, kedua ruangan itu tetap lebih tinggi dari permukaan tanah. Ruangan itu merupakan aula terbuka bagi serambi kanan dan kiri bangunan utama. Sepasang tangga yang masing-masing terletak di sayap kanan dan kiri, menghubungkan serambi kanan dan serambi kiri bangunan utama. Dengan demikian, tanpa melalui tangga utama di depan bangunan, orang dapat keluar dari serambi kanan atau kiri menuju aula terbuka di sayap bangunan utama.

Keseluruhan bangunan Bantayo Poboide ini terbagi atas lima bagian.
  1. Serambi luar atau depan.
  2. Ruang tamu. Ruang ini merupakan ruangan memanjang dengan sebuah kamar di tiap-tiap ujung kanan dan kirinya.
  3. Ruang tengah merupakan ruangan terluas diantara kelima bagian yang lain. Di ruangan ini terdapat dua buah kamar yang keduanya terletak di sisi kiri ruangan.
  4. Ruang dalam memiliki luas dan bentuk yang sama dengan ruang tamu. Dua buah kamar juga terdapat di tiap-tiap ujung kanan dan kiri ruangan ini.  Selain mempunyai pintu pada setiap kamar, di bagian dalam ini juga mempunyai pintu yang menuju keserambi samping.
  5. Ruang belakang tempat dapur, kamar mandi, dan kamar-kamar kecil. Tidak seperti di ruangan lainnya, kamar-kamar di ruang belakang ini terletak berderet memanjang. Pada tiap-tiap ujung kanan dan kirinya terdapat sebuah pintu keluar menuju serambi samping.

Sumber : Selayang Pandang Gorontalo : Ir. Nuhroho Yuananto

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …