Skip to main content

5 Alat Musik Tradisional Banten Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Alat musik tradisional Banten digunakan untuk mengiringi berbagai kesenian tradisonal dan upacara adat di Banten. Alat-alat musik tersebut meliputi alat musik pukul, tiup, petik, gesek, dan tabuh. Ada yang dimainkan secara tunggal. Ada pula yang dimainkan secara berkelompok membentuk sebuah gabungan irama tradisional Banten yang terdengar elok.

1. Alat Musik Angklung Buhun

Alat musik angklung buhun tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Baduy sebagai bagian dari kebudayaan Sunda. Orang mengenal alat musik ini sebagai angklung baduy atau angklung kanekes. Meskipun begitu, orang Baduy tidak sembarang waktu bisa memainkan angklung buhun. Angklung buhun, hanya boleh dimainkan pada saat upacara adat ngaseuk pere huma di bulan Kapitu hingga Kasalapan. Alunan angklung buhun yang disertai nyanyian merupakan wujud penghormatan terhadap Nyi Pohaci (Dewi Padi). Selepas itu, angklung buhun disimpan dan tidak boleh dimainkan sampai musim padi berikutnya.

alat musik angklung buhun

2. Alat Musik Petintung

Kesenian silat daerah Banten tidak lepas dari alat musik petintung. Alat musik pengiring silat ini terdiri atas kendang, gong kempul, kenong, kecrek, gong panggang, dan terompet petintung. Irama yang dihasilkan mampu membuat pertunjukan silat terasa lebih semangat dan hidup.

alat musik petintung banten

3. Alat Musik Rebana (Terbang)

Kesenian rudat menggunakan alat musik rebana (terbang) dalam setiap pementasannya. Alat ini terdiri atas dua buah gedong bibit, mapat, telu, kemcang, kempul kembar, dan nganak. Kempul harus berjumlah delapan atau lebih agar irama yang dihasilkan tetap terdengar harmonis. Rebana dengan berbagai bentuk juga menjadi alat utama dalam seni hadrah.

alat musik rebana terbang

4. Alat Musik Lesung (Lisung)

lbu-ibu di wilayah Adat Kasepuhan Cisungsang saat menumbuk padi menghasilkan musik yang disebut gondang. Hantaman antan pada badan lesung (lisung) menghasilkan harmonisasi irama yang indah. Irama pukulan ini berpadu dengan nyanyian dan jogetan (ibing) ibu-ibu yang bersemangat. Terbentuklah sebuah pertunjukan seni musik tradisional yang mengesankan.

alat musik lesung

5. Alat Musik Dogdog Lojor

Alat musik Dogdog lojor merupakan alat musik tradisional Banten Selatan yang menghasilkan bunyi dog-dog pada saat dimainkan. Dalam bahasa Banten lojor artinya panjang sesuai dengan bentuk alat musik ini yang memiliki panjang hampir 1 meter. Alat musik ini terbuat dari kayu berbentuk bulat memanjang dengan rongga di bagian tengahnya sebagai resonator. Pada salah satu sisi ujung rongga ditutup dengan membran yang terbuat dari kulit binatang (kambing, sapi). Kuat atau renggangnya membran kulit hewan yang dipasang inilah yang menentukan bunyi yang dihasilkan (semakin renggang ikatan membran semakin nyaring bunyi yang dihasilkan).

alat musik dog-dog lojor


Sebagai bagian dari masyarakat Sunda, masyarakat Adat Kasepuhan Banten Kidul di Banten juga mengenal alat musik yang lain seperti rengkong, toleat, calung renteng, karinding, celempung, dan ketimpring. Berbagai alat musik ini dapat dinikmati saat perayaan serentaun.


Sumber : Selayang Pandang Banten : Giyarto

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …