Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumah Adat Jawa Barat Lengkap Penjelasannya

Arsitektur rumah merupakan bagian penting yang mencerminkan kebudayaan. Rumah tradisional yang rata-rata memiliki tempat/ ruang pertemuan yang luas. Hal itu mencerminkan budaya kebersamaan antarwarga yang mendalam dan selalu dijunjung tinggi.

Rumah Adat Jawa Barat

Pada umumnya rumah adat masyarakat Jawa Barat berbentuk panggung (imah panggung). Sampai saat ini rumah adat tersebut banyak dijumpai di beberapa daerah adat Sunda.

Rumah adat Sunda berbentuk segi empat agak memanjang. Lantai rumah terbuat dari palupuh. Dinding rumah adat tersebut terbuat dari bilik, yaitu irisan bambu yang dianyam dengan pola kepang atau sasag. Kerangka rumahnya terbuat dari kayu. Tiang-tiang penyangga rumah beralaskan batu yang disebut tatapakan. Sementara itu, atap (hateup) rumahnya terbuat dari ijuk atau daun rumbia.

Rumah adat Sunda biasanya dibagi menjadi tiga bagian utama. Bagian depan adalah teras. Bagian tengah disebut tengah imah dan kamar tidur. Bagian belakang berupa dapur atau pawon dan pedaringan atau goah. Rumah adat ini biasanya memiliki halaman depan dan halaman belakang.

Susunan rumah adat provinsi Jawa Barat ini memanjang dengan arah barat-timur, sedangkan pintunya menghadap arah utara-selatan. Hal ini dimaksudkan agar tidak menentang arah perjalanan matahari atau kehendak alam.

rumah adat jawa barat

Ada beberapa jenis rumah adat Sunda di Jawa Barat. Perhatikan tabel berikut.
NoNama Rumah AdatKeterangan
1
Suhunan Japang
Puncak atap dilengkapi gapit menyerupai tanduk dan dibungkus ijuk yang disebut cagak jantung atau capit hurang. Rumah adat ini terdapat di Kampung Naga, Tasikmalaya.
2
Jogo Anjing
Atap rumah berbentuk seperti badan anjing yang sedang duduk.
3
Suhunan Jure 
Juga disebut Suhunan Sura. Atap rumah berbentuk trapesium. Rumah adat ini terdapat di daerah Sumedang.
4
Suhunan Ngupuk
Atap rumah terdiri atas dua bagian, yaitu bagian atas berbentuk kerucut dan bagian bawah agak landai.
5
Limasan
Terdapat variasi limasan lengkung pada bagian atapnya. Rumah adat ini terdapat di daerah Kampung Palasah, Majalengka.
6
Panjalin
Terdapat di daerah Majalengka.
7
Lengkong
Terdapat di daerah Garangwangi Kuningan.
8
Citalang
Kabupaten Purwakarta.

Baca juga:

Posting Komentar untuk "Rumah Adat Jawa Barat Lengkap Penjelasannya"