Skip to main content

Senjata Tradisional Kalimantan Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Senjata-senjata tradisional yang terkenal dari Provinsi Kalimantan Timur adalah mandau, anak mandau, sumpitan, bujak, dan beliung. 

Senjata Tradisional Mandau
Mandau adalah senjata tajam sejenis parang berasal dari kebudayaan Dayak di Kalimantan. Panjangnya kira-kira 1/2 meter. Mandau terbuat dari besi mantikei yang terdapat di hulu Sungai Matikei, Desa Tumbang Atei, Kecamatan Sanaman Matikei, Samba, Kotawaringin Timur. Besi ini bersifat lentur sehingga mudah dibengkokkan.

Mandau asli mempunyai penyang. Penyang adalah kumpulan ilmu suku Dayak yang diperoleh dari hasil bertapa atau petunjuk leluhur yang digunakan untuk berperang. Penyang akan membuat orang yang memegang mandau sakti, kuat, dan kebal daIam menghadapi musuh. Mandau dan penyang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan secara turun-temurun dari Ieluhur.

Sarung bilah mandau disebut kumpang. Kumpang terbuat dari kayu dan lazimnya dihiasi dengan ukiran. Pada kumpang terikat pula semacam kantong yang terbuat dari kulit kayu. Kantong tersebut berisi pisau penyerut dan kayu gading yang diyakini dapat menolak binatang buas. Mandau yang disarungkan dalam kumpang biasanya diikatkan di pinggang dengan jalinan rotan.

Ada dua macam mandau, yaitu mandau yang disebut tampilan dan mandau biasa. Mandau tampilan memiliki mata agak tipis dan terbuat dari batu besi. Senjata ini digunakan untuk perang dan untuk upacara. Sementara itu, mandau biasa terbuat dari besi biasa. Senjata ini dipakai untuk keperluan sehari-hari. Hulu dari tampilan atau mandau biasa tarbuat dari tanduk atau dari kayu bangris. Pada hulunya diberi ukiran yang berbentuk kepala burung enggang dan dihiasi dengan rambut manusia.

Anak mandau adalah semacam pisau yang berfungsi untuk mendampingi mandau. Senjata ini terbuat dari besi. Anak mandau ini sering digunakan untuk meraut rotan dan membuat sumpitan.

senjata tradisional kalimantan timur

Senjata Tradisional Sumpitan
Sumpitan adalah semacam senjata tiup yang mempunyai anak sumpit. Senjata ini terbuat dari kayu besi yang panjangnya kira-kira tiga meter. Batang sumpitan dilubangi seperti bambu. Ujung batangnya diberi mata tombak yang tajam. Sumpitan mempunyai dua fungsi yaitu dipakai untuk sumpitan dan dipakai sebagai tombak. Sebagai sumpitan pangkal batangnya harus ditiup dan anak sumpitnya akan lepas melayang sampai lebih kurang 200 meter. Senjata ini dapat dipakai untuk perang, berburu, dan upacara-upacara adat.

Senjata Tradisional Bujak
Bujak adalah semacam tombak. Tangkainya terbuat dan kayu ulin. Matanya dari besi dan mempunyai panjang kurang lebih tiga meter. Mata bujak diberi racun getah pohon ipuh. Bujak biasa digunakan untuk berburu, sedangkan bujak bercabang yang dikenal dengan nama serepang digunakan untuk menangkap ikan.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …