Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lirik Lagu Burung Tantina Beserta Notnya

Lagu "Burung Tantina" adalah salah satu lagu tradisional yang berasal dari daerah Maluku. Lagu ini juga sering dikenal dengan judul "Sio Tantina". Pencipta lagu "Burung Tantina" adalah Sactje Hehanusa, dan lirik lagu ini terdiri dari 8 baris kalimat.

"Lagu "Burung Tantina" memiliki ciri khas sebagai lagu daerah dengan lirik yang singkat dan sederhana. Identitasnya sebagai lagu daerah Maluku dapat dikenali dari bahasa yang digunakan dalam lirik lagu.

Kisah yang diceritakan dalam lirik lagu "Burung Tantina" adalah tentang burung yang memiliki nama sama dengan judul lagu dan kematiannya akibat tertembak oleh Raja Nirwana. Informasi ini terdapat dalam bait kedua dari lagu tersebut.

Lirik lagu "Burung Tantina" berasal dari daerah Maluku, sebuah provinsi yang terletak di bagian selatan Kepulauan Maluku, Indonesia. Maluku dikenal sebagai daerah yang kaya akan kebudayaan, termasuk lagu-lagu daerah.

Lirik lagu "Burung Tantina" menggunakan logat yang sesuai dengan asal penciptanya, Sactje Hehanusa, yang merupakan putra dari Maluku Tengah. Provinsi Maluku merupakan asal banyak orang terpelajar Maluku di masa lalu. Berikut ini lirik lagu Burung Tantina dari Maluku beserta Notnya.

Lirik Lagu Burung Tantina

Sio tantina burung tantina

mati dipanah Raja Nirwana...

Sio tantina burung tantina

mati dipanah Raja Nirwana...


Sakitnya bukan sakit penyakit

Khabarnya datang dari Sri Rama...

Sakitnya bukan sakit penyakit

Khabarnya datang dari Sri Rama...


Lagu mengisyaratkan tentang kehidupan. Hal ini sendiri cukup unik karena mengingat Sri Rama merupakan Dewa dari Hindu, dan sedangkan di Maluku sendiri sangat jarang dijumpai peninggalan Hindu. Dan Ilustrasi menceritakan tentang Burung Tantina yang dipanah oleh Raja Nirwana, yaitu Dewa Sri Rama. Burung Tantina yang dipanah tergeletak diantara batu dengan panah yang masih menancap.

Lirik Lagu Daerah Burung Tantina

lirik-lagu-burung-tantina-maluku

Video Lagu Burung Tantina dan Liriknya


Baca juga : 

Demikian ulasan tentang "Lirik Lagu Burung Tantina Beserta Notnya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel lirik lagu daerah Maluku menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Posting Komentar untuk "Lirik Lagu Burung Tantina Beserta Notnya"