Skip to main content

Sumber Cerita dan Pelaksanaan Pertunjukan Sendratari Ramayana

Pelaksanaan Pertunjukan Sendratari Ramayana
Sendratari Ramayana merupakan bentuk kesenian Jawa yang menggabungkan antara tari dan gerak. Sendratari Ramayana bisa kita lihat di Prambanan. Pada waktu dahulu Sendratari di Prambanan hanya dilaksanakan pada malam bulan purnama. Tetapi karena kemajuan teknologi pertunjukan sendratari Ramayana juga dipergelarkan pada waktu tidak ada cahaya bulan karena di ganti dengan lampu listrik.

Apabila musim hujan pertunjukan dilaksanakan di dalam gedung di kompleks Candi Prambanan. Sedangkan saat musim kemarau lebih-lebih saat terang bulan pertunjukan dilangsungkan di pelataran kompleks candi Prambanan. Pementasan Sendratari Ramayana di panggung terbuka diadakan secara rutin pada bulan Mei hingga bulan Oktober. Pada bulan Mei-Oktober berlangsung musim kemarau, sehingga pertunjukan bisa dilaksanakan di tempat terbuka. Pada bulan November-April pertunjukan di dalam gedung teater Tri Murti di kompleks candi Prambanan. Hal ini di lakukan karena bulan tersebut merupakan musim penghujan.

gambar-sendratari-ramayana

Sendratari Ramayana merupakan bentuk kesenian Jawa yang sangat adi luhung. Mempunyai nilai seni yang tinggi, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya penonton baik dari dalam negeri maupun penonton dari luar negeri. Para pemain berperan sangat profesional, baik dari kostum, adegan, maupun tokoh-tokoh yang menjadi peraga sangat pas.

Sumber Cerita Sendratari Ramayana
Sendratari Ramayana bersumber pada cerita klasik dari India yakni Kitab Ramayana yang mengisahkan perjalanan hidup Rama, hingga bertemu dengan Sinta, dan saat Sinta diculik Rahwana. Inti dari cerita Ramayana adalah ajaran tentang budi pekerti yang baik dan buruk. Tokoh-tokoh yang baik antara lain Rama, Sinta, Laksmana, dan Anoman. Rama adalah raja dari kerajaan Ayodya yang baik budi, penuh welas asih, dan rela berkorban atau mengalah. Sedangkan tokoh yang berperilaku jahat antara lain Rahwana, Sarpa Kenaka, dan Trijata. Rahwana adalah seorang raja yang sangat tamak dan kejam dari kerajaan Alengka Diraja.

Pertunjukan sendratari Ramayana dilaksanakan dalam 4 episode, yakni:
a. Episode pertama, menceritakan tentang Rama, Sinta, dan Laksamana saat di hutan hingga hilangnya Dewi Sinta.
b. Episode kedua menceritakan Anoman Duta. Pada episode ini Sinta telah ada di genggaman Rahwana, dan Anoman diutus untuk menemui Sinta.
c. Episode ketiga dengan lakon Kumbakarna Gugur. Kumbakarna adalah adik Rahwana, dia gugur karena membela negaranya bukan karena membela kakaknya yang angkara murka.
d. Episode keempat dengan lakon Api Suci. Pada adegan ini Dewi Sinta ingin membuktikan kepada suaminya, yakni Rama, bahwa dirinya masih suci walaupun berada di negara Alengka dalam waktu cukup lama. Dengan cara membakar dirinya dengan api itulah Sinta menyatakan kesetiaannya. Namun, karena Sinta memang suci, api tersebut tidak bisa membakarnya.
Baca juga:
Demikian ulasan tentang "Sumber Cerita dan Pelaksanaan Pertunjukan Sendratari Ramayana" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel seni budaya menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …