Skip to main content

Bahasa Daerah Sulawesi Barat Lengkap Penjelasannya

Masyarakat Provinsi Sulawesi Barat yang terdiri dari beragam adat dan budaya memiliki beberapa bahasa daerah yang digunakan masyarakatnya. Bahasa daerah tersebut muncul dan berkembang di daerah sesuai dengan adat budaya yang dimiliki masyarakatnya. Beberapa bahasa daerah di Provinsi Sulawesi Barat antara lain, yaitu:

1. Bahasa Baras, merupakan salah satu bahasa daerah yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat. Bahasa daerah ini dituturkan oleh masyarakat yang terdapat di kelurahan Baras, Kecamatan Baras, Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat. Wilayah tutur Bahasa Baras ini berbatasan dengan wilayah tutur bahasa bali (sebelah timur Desa Baras), Wilayah tutur Bahasa Bugis (Sebelah Utara, dan wilayah tutur Bahasa Sarudu (Sebalah Selatan Desa Baras).

Dialek Baras memiliki perbedaan prosentase sekitar 85% dari bahasa lain di Sulawesi Barat.

2. Bahasa Benggaulu, bahasa daerah ini dituturkan oleh masyarakat yang terdapat di Desa Karossa, Kecamatan Karossa, Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat. Wilayah tutur bahasa Benggaulu ini berbatasan dengan wilayah tutur bahasa Bugis (sebelah timur), wilayah tutur bahasa Sarudu (sebelah utara), dan wilayah tutur bahasa Mamuju (sebelah selatan).

Dialek bahasa Benggaulu memiliki perbedaan prosentase sekitar 88%-90% dengan bahasa-bahasa di Sulawesi Tengah.

3. Bahasa Mamasa, bahasa daerah ini juga merupakan bahasa daerah asli di Provinsi Sulawesi Barat. Bahasa daerah ini dituturkan oleh masyarakat yang berada di Kelurahan Tawalian, Bambang (Bambam), Kelurahan Messawa, Dakka, Tonyaman, Karataun, dan Bonehau, Provinsi Sulawesi Barat.

Terdapat lima dialek bahasa Mamasa, yaitu dialek Bambang (Bambam) yang dituturkan di Desa Bambang, Kecamatan Bambang, Kabupaten Mamasa, dialek Messawa yang dituturkan di Kelurahan Messawa, Kecamatan Messawa, Kabupaten Mamasa, dialek Dakka yang dituturkan di Desa Dakka, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Pattae yang dituturkan di Desa Tonyaman, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, dan dialek Kalumpang yang dituturkan di Desa Karataun, Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju; Desa Bonehau, Kecamatan Bonehau, Kabupaten Mamuju.

Dialek Bahasa Mamasa memiliki perbedaan prosentase sekitar 81%—100% jika dibandingkan dengan bahasa-bahasa lain yang terdapat di Sulawesi Barat.

4. Bahasa Mamuju, bahasa daerah di Provinsi Sulawesi Barat ini memiliki persebaran yang hampir merata di seluruh kabupaten, mulai dari Kabupaten Polewali Mandar, Kabupaten Mamuju, sampai dengan Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

Terdapat sekitar sembilan dialek dalam bahasa Mamuju ini, yaitu dialek Buku dituturkan di Desa Buku, Kecamatan Mapilli, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Pulliwa dituturkan di Desa Pulliwa, Kecamatan Bulo, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Taek dituturkan di Kelurahan Amassangan, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Pannei dituturkan di Desa Tapango, Kecamatan Tapango, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Aralle Tabulahan dituturkan di Kelurahan Aralle, Desa Aralle Utara, dan Aralle Selatan, Kecamatan Aralle; Desa Tabulahan, Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa, dialek Campalagian dituturkan di Desa Ongko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polewali Mandar, dialek Tapalang dituturkan di Desa Orobatu, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, dialek Binanga dituturkan di Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju, dan dialek Sinyonyoi dituturkan di Kelurahan Sinyonyoi, Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju.

Dialek bahasa Mamuju memiliki persentase perbedaan sekitar 82%—100% dari bahasa-bahasa lain yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat.

5. Bahasa Mandar,  bahasa daerah ini dituturkan oleh masyarakat di Desa Napo, Kecamatan Limboro, Kabupaten Polewali Mandar, Provinsi Sulawesi Barat. Di samping itu, bahasa Mandar juga banyak ditemukan di beberapa desa di Kabupaten Majene, seperti di Kelurahan Labuang, Kecamatan Banggae Timur; Desa Adolang, Kecamatan Pamboang; Kelurahan Mosso, Kecamatan Sendana; Desa Ulidang, Kecamatan Tammerodo Sendana; Desa Mekkatta, Kecamatan Malunda; dan Desa Ulumanda, Kecamatan Ulumanda.

Bahasa Mandar memiliki beberapa dialek, diataranya dialek Balanipa Pamboang Sendana Ulu Manda' dan Awo' Sumakuyu. Namun, saat ini sulit untuk membedakan antara dialek yang satu dan lainnya. Dialek Bahasa Mandar memiliki persentase perbedaan sekitar 81%-100% dari bahasa-bahasa lainnya yang terdapat di Provinsi Sulawesi Barat.

Sebenarnya Provinsi Sulawesi Barat memiliki banyak bahasa daerah. Namun, bahasa Mandarlah yang dominan digunakan oleh masyarakat provinsi tersebut. Bahasa Mandar berasal dari rumpun bahasa Melayu Polinesia. Tidak ada keterangan yang jelas sejak kapan penggunaan bahasa Mandar dalam keseharian masyarakat Mandar. Ada suatu pendapat bahwa bahasa Mandar digunakan bersamaan dengan munculnya manusia pertama di tanah Mandar.

Baca juga:

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …