Skip to main content

Macam-Macam Tembang Tengahan dan Contohnya

Selain tembang Gede yang termasuk tembang klasik yaitu tembang Tengahan. Tembang Tengahan menggunakan bahasa Jawa baru. Tembang Tengahan ada juga yang menyebut tembang Dagel, tembang Tanggung, atau tembang Madya. Yang termasuk tembang Tengahan adalah: Wirangrong, Balabak, Juru demung, Kuswarini, Pranaswara, dan Pangajabsih.

Contoh Tembang Tengahan
a. Wirangrong
Den samya marsudeng budi,
Wiweka dipunwaspaos,
Aja dumeh, dumeh bisa muwus,
Yen tan pantes ugi,
Sanadyan mung sakecap,
Yen tan pantes prenahira.
(Sunan Paku Buwana IV. Wulangreh: VIII. 1)

b. Balabak
Byar rahina Ken Rara wus maring sendhang, mamet wae,
Turut marga nyambi reramban janganan, antuke,
Prateng Wisma wusing nyapu atetebah, j ogane,
Cethik geni arerateng tata-tata, sumbule,
Samantara kirimane wus samekta, kabehe,
Ngambil slendhang Ken Rara nuli pamitan, renane,
Nggendhong cething manggul sumbul sarwi ngemban, kendhine,
Gya umangkat semparet agegancangan, lampahe,
Prapteng teba winulat kawuryan sunya, gubuge.
(Yasa Widagda, 1954: 53)

c. Pangajapsih
Singa ranu panusuling magut pupuh
Baya tan bantu ing branti,
Kawi sekar srana pambekasing rapuh,
Mung kusuma bisa weh usada wuyung,
Ciptanig driya andheging ukara kidung, Sedya kla ngestu pada,
Sarpa kresna puspa rujit,
Kang sung barubah ing galih.
(K.G.P.A.A. Mangkunegara IV, Jilid 4, 1953.169)

d. Kuswarini
Rasa madu sata wana kang kekuncung,
Liringira mirah,
Manis mrak ati malat kung,
Nir ing tuwuh jayeng tirta,
Baya ingsun temah mati,
Wohan sungsang lengse mangsa,
Lamun kasep tan tinoleh.
(Gunawan Sri Hastjarjo, 1980: 64)

e. Jurudemung
Winarna jroning udyana,
Langkung asri amrik arum,
Gandaning sekar sumawur,
Tluki mlathi mayang seta,
Mawar argulo lan menur,
Pacar cina kembang pudhak,
Sekar tanjung ledhung-ledhung.
(Gunawan Sri Hastjarjo, 1980: 61)

Berikut ini Video Sekar/ Tembang Tengahan Wirangrong Pelog.6



Baca juga:
Macam-Macam Tembang Jawa Klasik (Tembang Gede, Tengahan, dan Macapat) beserta Contohnya
6 Contoh Tembang Macapat Pocung dan Artinya Secara Lengkap

Demikian pembahasan tentang"Macam-Macam Tembang Tengahan dan Contohnya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel Tembang Klasik Jawa menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …