Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perangkat Pembelajaran K13 SMP Revisi 2020 Semua Mapel

Konten [Tampil]

Kurikulum pendidikan merupakan landasan utama dalam menyusun perangkat pembelajaran K13 SMP. Beberapa tahun yang lalu telah dilakukan perubahan kurikulum dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 menjadi Kurikulum 2013 atau disingkat K13. Perubahan ini dimaksudkan untuk menjamin proses pembelajaran di sekolah/madrasah semakin lebih baik. Perubahan kurikulum 2013 merupakan lanjutan dari kurikulum 2006, sehingga komponen-komponen yang ada dalam K13 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya.

perangkat-pembelajaran-k13-smp-revisi2020

Perangkat Pembelajaran K13 SMP

Guru sebagai orang yang bertanggungjawab terhadap perkembangan siswa dituntut untuk merancang proses pendidikan dan pembelajaran berdasarkan acuan yang jelas. Kurikulum pendidikan adalah sebuah pedoman yang memuat berbagai pengalaman siswa sebagai acuan guru dalam merancang kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran adalah instrumen atau kumpulan alat yang diperlukan dalam kegiatan pembelajaran yang terdiri dari alat, bahan, media serta panduan dalam melaksanakan aktifitas pembelajaran. Seorang guru harus memiliki perangkat pembelajaran sesuai kurikulum yang berlaku. Guru bukan hanya wajib memiliki perangkat pembelajaran, tetapi juga wajib menyusun dan mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran tersebut. Lalu, apa saja perangkat pembelajaran K13 yang harus dimiliki oleh guru?

Pada pembahasan ini kami akan menjelaskan apa saja perangkat pembelajaran yang harus dimiliki oleh seorang guru SMP sesuai dengan kurikulum 2013 revisi terbaru 2020 yang digunakan dalam pembelajaran di tahun ajaran 2020/ 2021.

Sebelum ke topik pembahasan tentang perangkat pembelajaran K13 SMP tersebut mari kita lihat sejenak mengenai kegiatan pembelajaran di tahun 2020 yang harus mengalami perubahan karena terjadi pandemi covid-19. Dengan adanya pandemi covid-19 pembelajaran yang tadinya dilakukan secara langsung di lembaga pendidikan, saat ini dilakukan pembelajaran jarak jauh/ daring dengan memanfaatkan media pembelajaran online seperti google classroom, google formulir, quizziz, maupun situs pembelajaran daring yang banyak terdapat di internet.

Dengan berlakunya sistem pembelajaran yang berbeda, yakni pembelajaran jarak jauh/ daring tentu menuntut kemampuan guru dalam menerapkan teknik pembelajaran yang berbeda pula sehingga perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh guru seperti RPP, silabus, dan lainnya harus disesuaikan dengan bentuk pembelajaran yang berlaku saat ini.

Apa saja perangkat pembelajaran K13 SMP Revisi 2020 baik luring maupun daring yang dibutuhkan guru dalam mengajar. Perangkat pembelajaran K13 untuk jenjang SMP tersebut antara lain yaitu;

  1. Silabus
  2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
  3. Kalender Pendidikan
  4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
  5. Program Tahunan (Prota)
  6. Program Semester (Promes)
  7. Analisis Alokasi Waktu atau Rincian Minggu Efektif
  8. Analisis SKL KI KD
  9. Analisis Kompetensi Dasar
  10. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian
  11. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi
Penjelasan secara rinci pengertian, contoh, dan cara menyusun perangkat pembelajaran K13 tersebut di atas antara lain sebagai berikut ini.

Perangkat pembelajaran K-13 SMP revisi terbaru tahun 2020 antara lain yaitu:

1. Silabus

silabus-smp-k13

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu mata pelajaran yang mencakup Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar. (Permen No 59 tahun 2014 tentang K13).

Pengembangan silabus disusun atas dasar prinsip ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel serta menyeluruh. Silabus disusun bedasarkan alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran dengan memperhatikan alokasi persemester dan per tahun pada mata pelajaran tertentu.

Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh guru sebagai instrumen yang dibutuhkan dalam melaksanakan kegiatan mengajarnya. Untuk membuat silabus K13 SMP revisi terbaru 2020 tidaklah mudah. Guru membutuhkan panduan dan pengalaman dalam menyusun silabus yang sesuai dengan kurikulum 13 revisi terbaru 2020, dikarenakan setiap tahun bentuk silabus ini selalu mengalami revisi.

Bagi pembaca yang membutuhkan contoh silabus k13 SMP semua mapel berikut link download silabus K13 SMP revisi 2020 semua mapel silahkan klik kata kunci yang bergaris tebal pada paragraf ini.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

rpp-k13-smp-revisi-2020

Rencana pelaksanaan pembelajaran atau RPP pada hakikatnya adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. Menurut Permendikbud No.65 Tahun 2013 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus sebagai dasar dalam mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.

Dalam perkembangannya bentuk dan model RPP telah banyak mengalami perubahan dari yang sederhana sampai dengan RPP yang dikembangkan dengan komponen yang cukup kompleks. Namun, sesuai dengan perkembangan terbaru menurut Surat Edaran Mendikbud No. 14 tahun 2019 telah diatur penyusunan RPP K13 dilakukan dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Dengan mengacu pada edaran tersebut model RPP K13 yang banyak digunakan oleh guru saat ini adalah RPP K13 SMP 1 lembar. Untuk mengembangkan model RPP K13 1 lembar tidak serumit mengembangkan RPP dengan model sebelumnya. Namun, bagi guru yang baru pertama kali mengembangkan bentuk RPP K13 1 lembar ini tentu membutuhkan panduan dalam mengembangkannya. Salah satu pertanyaan dalam menyusun pengembangan RPP Kurikulum 2013 1 lembar ini adalah tentang komponen-komponen apa saja yang harus ada dalam model RPP K13 SMP 1 lembar?

Dalam mengembangkan RPP K13 guru tidak harus mengacu pada model RPP SMP Kurikulum 2103 satu lembar. Seperti yang sudah kami sampaikan di atas guru dapat mengembangkan model RPP secara sederhana sampai dengan RPP yang dikembangkan dengan komponen yang cukup kompleks. Untuk membantu kesulitan dan kendala guru yang saat ini mungkin sedang disibukkan dengan tuntutan administrasi yang cukup beragam penulis mencoba memberikan solusi dalam menyusun RPP Kurikulum 2013. Simak ulasan tentang RPP SMP K13 Revisi 2020 Semua Mapel dari model RPP K13 1 lembar sampai dengan RPP dengan komponen yang kompleks.

3. Kalender Pendidikan

kaldik-k13-smp


Kalender pendidikan adalah pengaturan jadwal penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar selama satu tahun ajaran yang terdiri dari jumlah hari efektif pembelajaran, minggu efektif pembelajaran, uraian kegiatan dan hari libur.

Kalender pendidikan biasanya diterbitkan oleh instansi pendidikan baik pusat maupun daerah sebelum memasuki tahun ajaran baru. Sebagai referensi bagi pembaca yang membutuhkan contoh kalender pendidikan tahun pelajaran 2020/2021 silahkan klik Download Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021.

4. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)

Kriteria Ketuntasan Minimal atau KKM adalah kriteria ketuntasan belajar peserta didik yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mengacu pada standar kompetensi lulusan. Dalam merumuskan KKM ini perlu memperhatikan tiga aspek, yaitu; Intake siswa (karakteristik rata-rata kemampuan siswa), Kompleksitas (karakteristik tingkat kesulitan setiap indikator mata pelajaran), dan Daya dukung (karaktetistik kondisi satuan pendidikan).

KKM SMP kurikulum 2013 disusun secara bersama-sama antara guru matapelajaran dalam satu sekolah dan harus mulai ditetapkan pada awal tahun ajaran. Terdapat dua model penetapan KKM SMP kurikulum 2013 pada suatu sekolah/ madrasah, yaitu lebih dari satu KKM atau satu KKM. Bagi guru yang membutuhkan panduan dalam menyusun KKM Kurikulum 2013 simak ulasan lengkapnya pada artikel Cara Menentukan KKM Kurikulum 2013 Revisi 2020 SMP.

5. Program Tahunan (Prota)

prota-smp-k13-tahun-ajaran-2020-2021


Program Tahunan atau prota adalah rencana penetapan program mengajar selama satu tahun untuk mencapai tujuan pembelajaran (KI dan KD) sebagaimana yang telah ditetapkan. Penetapan alokasi waktu dalam mengajar selama satu tahun ini diperlukan agar seluruh Kompetensi Dasar yang diajarkan dapat dicapai dan dikuasai oleh peserta didik.

Dalam menyusun program tahunan ditentukan berdasarkan jumlah jam pelajaran dan juga keluasan materi yang harus dikuasai oleh peserta didik sesuai kurikulum yang berlaku. Prota merupakan program umum pada setiap mata pelajaran yang berisi garis-garis besar yang hendak dicapai dalam satu tahun.

6. Program Semester (Promes)

promes-smp-k13-tahun-ajaran-2020-2021


Program semester yaitu rencana penetapan program mengajar yang harus dicapai selama satu semester, dalam periode ini diharapkan peserta didik dapat menguasai tujuan pembelajaran yakni berupa aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai satu kesatuan yang utuh.

Program semester disusun dengan mengacu pada program tahunan yang telah ditetapkan sebelumnya. Program semester merupakan penjabaran dari rancangan program tahunan yang harus disusun oleh guru sebagai pedoman dalam melaksanakan pembelajaran dalam satu semester. Bagi guru yang membutuhkan contoh program tahunan dan program semester kurikulum 2013 terbaru dapat anda unduh di Prota Promes SMP K13 semua mata pelajaran.

7. Analisis Alokasi Waktu atau Rincian Minggu Efektif

Analisa alokasi waktu yaitu pelacakan jumlah minggu efektif dan jumlah minggu tidak efektif dalam semester/ tahun pelajaran terkait dengan pemanfaatan waktu pembelajaran pada mata pelajaran tertentu. Analisis alokasi waktu atau rincian minggu efektif ini disusun berdasarkan kalender pendidikan pada satuan pedidikan. Bagi guru yang masih bingung dalam menyusun rincian minggu efektif simak ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini;


8. Analisis SKL KI KD

analisis-keterkaitan-skl-ki-kd


Analisis SKL KI KD adalah kegiatan menjabarkan keterkaitan antara SKL KI KD atas berbagai macam bagian di dalamnya, serta menelaah keterkaitan antara bagian-bagian itu sendiri guna memperoleh berbagai informasi pedagogis yang bermanfaat untuk membuat perencanaan pembelajaran yang benar.

Bagi teman-teman guru yang masih awam dalam menganalisis SKL KI KD contoh analisis SKL KI KD yang akan kami berikan berikut ini mungkin dapat membantu Bapak/Ibu guru dalam menganalisis SKL KI KD sekolah/ madrasah yang diampu. Simak ulasan lengkapnya di artikel Contoh Analisis SKL KI KD Kurikulum 2013 SMP Semua Mapel

9. Analisis Kompetensi Dasar

analisis-kompetensi


Analisis kompetensi dasar kurikulum 2013 adalah melakukan tindakan  mengamati dan menguraikan kemampuan dasar yang harus dimiliki dan dikuasai oleh peserta didik pada mata pelajara tertentu sesuai dengan kebutuhan dan karakter siswa pada aspek pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.

Dalam pengembangannya sekolah diberi kewenangan untuk mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar sesuai dengan kebutuhan daerah dan karakteristik peserta didik. Dengan demikian kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat memberikan makna bagi setiap peserta didik dalam mengembangkan potensinya masing-masing.

Untuk mendapatkan file Analisi kompetensi dasar kurikulum 2013 semua mata pelajaran dapat anda download di sini.

10. Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian

pemetaan-kompeteni-dan-teknik-penilaian


Pemetaan kompetensi mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, materi pokok, serta kriteria ketuntasan. Sedangkan Teknik penilaian kurikulum 2013 terdiri dari aspek tes, unjuk kerja/ performance, produk, proyek, dan portofolio. Untuk memudahkan guru dalam menyusun pemetaan kompetensi dan teknik penilaian berikut ini link download Pemetaan Kompetensi dan Teknik Penilaian K13 SMP Semua Matapelajaran.

11. Penetapan Indikator Pencapaian Kompetensi

Penetapan Indikator dan Pencapaian Kompetensi Kurikulum 2013 SMP semua matapelajaran dapat anda unduh di link berikut <download>

Demikian ulasan tentang "Perangkat Pembelajaran K13 SMP Revisi 2020 Semua Mapel" yang dapat kami sampaikan. Dapatkan juga dokumen dan artikel tentang perangkat pembelajaran guru lainnya hanya di situs SeniBudayaku

Posting Komentar untuk "Perangkat Pembelajaran K13 SMP Revisi 2020 Semua Mapel"