Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peribahasa Alon-Alon Waton Kelakon artinya?

alon-alon waton kelakon

 "Alon-Alon Waton Kelakon"

Peribahasa alon-alon waton kelakon artinya, “pelan-pelan saja asal berhasil (dikerjakan)”. Jika dijabarkan berasal dari kata dalam bahasan Jawa, alon-alon yang artinya pelan-pelan, waton artinya asal, dan kelakon adalah berhasil.

Lakukan setahap demi setahap dengan penuh perhitungan dalam mengerjakan sesuatu. Itulah maksud yang terkandung dalam petuah tersebut. Namun, sebagian orang justru berpikir sebaliknya. Mereka menganggap bahwa petuah tersebut sama sekali tidak mencerminkan semangat juang, semangat pendobrak, dan lain sebagainya.

“Jika berhasil dengan cara yang lebih cepat akan jauh lebih baik!” Demikian pandangan sebagian orang yang tidak sependapat dengan petuah itu.

Terlepas dari rasa suka atau tidak suka, pepatah Jawa ini sebenarnya mengandung nilai kearifan mengenai perlunya perhitungan secara cermat sebelum memutuskan sesuatu. Tanpa perhitungan cermat, suatu perbuatan tidak akan memberikan hasil maksimal atau bahkan gagal sama sekali.

Pepatah ini seakan menjadi kebalikan dari kebiasaan orang yang suka mengambil jalan pintas dalam mengerjakan suatu hal. Bagi mereka yang senang menggunakan jalan pintas, prinsipnya tentu bukan lagi, “pelan-pelan saja yang penting yang diinginkan nantinya bisa tercapai”, tetapi “yang penting keinginan tercapai, segera lakukan apa pun.”

Bila direnungkan, pepatah alon-alon waton kelakon mengisyaratkan agar untuk mencapai keberhasilan, hendaknya seseorang harus kreatif. Dan, kreativitas tidak mungkin tercipta dengan jalan pintas. Ia perlu rencana jelas, strategi yang matang, serta harus dijalankan dengan penuh perhitungan. Terkesan lambat memang, tetapi justru akan menjadi kuat. Inilah yang oleh Robert Maurer disebut dengan kemajuan kreatif.”

Baca juga:

Demikian Arti kata bijak "Alon-Alon Waton Kelakon artinya?" yang dapat kami sampaikan. Baca juga makna dan arti kata bijak Jawa menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com


Posting Komentar untuk "Peribahasa Alon-Alon Waton Kelakon artinya?"