Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ajining Diri Soko Lathi Ajining Rogo Soko Busono artinya

Ajining Diri Dumunung Ana ing Lathi,


Pitutur Jawa yang berbunyi "Ajining Diri Soko Lathi Ajining Rogo Soko Busono" yang secara lengkap sebenarnya berbunyi "Ajining Diri Dumunung Ana ing Lathi, Ajining Raga Dumunung Saka Busana" atau ;

"Ajining Diri Dumunung Ana ing Lathi, Ajining Raga Ana ing Busana"

Peribahasa tersebut artinya, “nilai diri terletak di mulut, nilai fisik terletak pada pakaian”.

Petuah ini mengenai nilai diri setiap orang. Di dalamnya, disebutkan Ajining diri dumunung ana ing lathi artinya bahwa nilai diri terletak di mulut. Artinya, salah satu hal yang menyebabkan seseorang bisa memiliki nilai atau dihargai dan dihormati, yaitu melalui kepandaian menjaga mulut atau ucapannya, seperti tidak berbohong, tidak menghina, tidak berkata kasar, dan lainnya.

Sebaliknya, jika seseorang tidak bisa menjaga mulut, sehingga setiap ucapan yang dikeluarkan menyinggung dan menyakiti perasaan orang lain, maka ia sama saja dengan menghancurkan nilai dan martabat dirinya sendiri.

Menjaga mulut, seperti halnya tidak berbohong, tidak menghina orang lain, serta tidak membicarakan aib dan kejelekan orang lain, adalah sikap yang dapat membuat seseorang jadi bernilai. Itulah maksud dari petuah ajining diri dumunung ana ing lathi.

Sementara itu, dalam petuah di atas juga disebutkan Ajining Raga Ana ing Busana artinya, bahwa nilai fisik atau nilai badan terletak pada pakaian. Petuah ini mengandung dua tafsir. Pertama, merupakan semacam peringatan agar seseorang menjaga atau menutupi auratnya dengan mengenakan pakaian yang patut.

Ketika seseorang tidak peduli kepada auratnya sendiri dan membiarkannya tidak ditutupi dengan pakaian-pakaian yang pantas, tentu akan berpotensi mengundang pandangan negatif dari orang lain yang melihatnya. Pandangan negatif inilah yang dianggap sebagai perusak nilai badan.

Kedua, petuah ini mengandung peringatan agar seseorang mengenakan pakaian yang pantas ketika berhadapan dengan orang lain. Contohnya, ketika ada tamu atau ketika hendak bertamu, tidaklah patut apabila kita menemui mereka menggunakan pakaian olah raga, mengenakan pakaian yang biasa dipakai tidur, dan lain sebagainya. Prinsipnya, kenakanlah pakaian yang pantas agar dihargai oleh orang lain.

Demikian Arti kata bijak "Ajining Diri Soko Lathi Ajining Rogo Soko Busono artinya?" yang dapat kami sampaikan. Baca juga makna dan arti kata bijak Jawa menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Ajining Diri Soko Lathi Ajining Rogo Soko Busono artinya"