Cara Membuat Ragam Hias dari Bentuk Sederhana menjadi Menarik

Cara Membuat Ragam Hias dari Bentuk Sederhana menjadi Menarik - Membuat desain ragam hias sendiri sangat mengasyikkan. Untuk membuat rancangan ragam hias dibutuhkan kreatifitas dan imajinasi yang luas. Bagi sebagian orang tidaklah sulit menuangkan suatu imajinasi, namun sebagian lainnya tidaklah mudah untuk dikerajakan. Untuk membuat ragam hias dari bentuk sederhana menjadi menarik, kami akan membantu anda dalam menemukan desain ragam hias yang dapat digunakan untuk membuat hiasan pakaian, taplak meja, dan menghias benda-benda pakai lainnya. Berikut ini beberapa cara membuat desain ragam hias dari beragam bentuk-bentuk dasar benda yang dimodifikasi.

Motif Hias Bentuk dari Alam
Motif ini menggambarkan bentuk-bentuk benda secara alamiah seperti rumah, pohon, manusia, daun ranting, gunung dan sebagainya.
Pertama-tama ambillah selembar kertas dan pensil kemudian cobalah menggambar bentuk benda alam yang kalian anggap menarik dan mudah. Saat menggambar hiasan, lepaskanlah rasa terikat pada ketepatan. Dalam hal ini ingatlah bahwa anda tidak memotret benda dan tidak dinilai oleh siapapun. Bentuk itu dapat anda tambah atau anda kurangi sesuai keinginan, karena bentuk dari alam sebaiknya digambar dari sisi dan posisi yang paling menarik. Misalnya, menggambar setangkai bunga lebih indah dan menarik bila dibuat agak melengkung. Jika seekor ikan yang sedang digambar, mungkin lebih indah bila menggambar dengan posisi ikan sedang membelok atau mengibaskan ekornya.

Bentuk Alam yang Dimodifikasi
Stilasi adalah mengubah bentuk dengan cara menyederhanakan bentuk asli. Walaupun suatu benda telah diubah dan disederhanakan, namun masih dapat dikenal bentuk aslinya. Berikut ini beragam bentuk alam yang distilasi.
stilasi-bentuk-bunga-vinca
Stilasi dari Bentuk Bunga Vinca

stilasi-bentuk-kupu-kupu
Stilasi dari Kupu-Kupu

stilasi-bentuk-rumah
Stilasi dari Bentuk Rumah

Bentuk Geometris
Bentuk geometris adalah bentuk yang terdapat pada ilmu ukur seperti bulat, segiempat, segitiga, dll. Dari bentuk-bentuk tersebut dapat diperoleh motif ragam hias dengan cara sebagai berikut.
a. Menjajarkan atau mengelompokkan bentuk geometris dengan jarak tertentu.
bentuk-ragam-hias-geometri

b. Membagi atau memecahkan bentuk geometris dengan susunan tertentu.
bentuk-ragam-hias-geometri-pada-tekstil

Bentuk Dasar Sederhana
Bentuk dasar benda sederhana juga dapat dirangkai atau disusun menjadi bentuk ragam hias yang menarik. berikut ini beberapa bentuk dasar sederhana yang dipakai untuk membuat ragam hias menarik.
a. Bentuk tetes air dapat digunakan untuk membuat ragam hias bentuk daun pada tumbuhan.
ragam-hias-bentuk-dasar-tetes-air

b. Bentuk buah kolang-kaling dapat digunakan untuk membuat beberapa rancangan ragam hias dalam berbagai bentuk.
ragam-hias-bentuk-dasar-kolang-kaling

Bentuk Garis Bebas
Garis-garis yang dibuat dengan arah tidak beraturan dapat digunakan untuk membuat motif ragam hias yang disusun dalam bentuk tertentu seperti lingkaran, persegi maupun untuk hiasan pinggiran. Dengan memadukan bentuk garis bebas kalian dapat membuat motif seperti berikut ini.
ragam-hias-bentuk-garis
Ragam Hias Garis untuk Motif Pinggiran

ragam-hias-bentuk-dasar-garis-bebas
Ragam Hias bentuk Garis Bebas


Baca juga:

0 Response to "Cara Membuat Ragam Hias dari Bentuk Sederhana menjadi Menarik"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel