Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis-Jenis Reklame, Pengertian dan Contoh Reklame

Jenis-Jenis Reklame, Pengertian dan Contoh Reklame - Reklame media visual merupakan jenis reklame yang memanfaatkan tulisan dan gambar yang diolah sedemikian rupa untuk mengkomunikasikan pesan tertentu kepada orang lain melalui media visual.

Apa saja Jenis-Jenis dari Reklame?

Jenis-jenis reklame, pengertian dan contoh reklame antara lain sebagai berikut;

1. Iklan

Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

reklame-iklan-koran
Contoh Reklame "Iklan"

2. Spanduk

Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.

Reklame-spanduk
Contoh Reklame "Spanduk"

3. Brosur

Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.


reklame-brosur
Contoh Reklame "Brosur"

4. Embalase

Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.


reklame-embalase
Contoh Reklame "Embalase"

5. Poster

Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.


reklame-poster
Contoh Reklame "Poster"

6. Baliho

Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.

reklame-baliho
Contoh Reklame "Baliho"

7. Billboard

Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.


reklame-billboard
Contoh Reklame "Billboard"

8. Banner

Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.


reklame-banner
Contoh Reklame "Banner"

9. Leaflet

Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.


reklame-leaflet
Contoh Reklame "Leaflet"

10. Kalender

Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.


reklame-kalender
Contoh Reklame "Kalender"

Selain jenis-jenis reklame dan contoh reklame yang saya sampaikan di atas, masih banyak lagi jenis reklame lainnya yang belum dapat saya rangkum dan saya tulis pada artikel ini.

Apa saja Tujuan dari Reklame?

Secara umum tujuan reklame adalah menyampaikan informasi kepada masyarakat luas agar masyarakat mengetahu, mengenal, serta memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yang dikehendaki pembuat reklame. Informasi yang terdapat pada reklame bertujuan komersial dan nonkomersial. Maka dari itu jenis reklame berdasarkan tujuan pembuatannya dikelompokkan menjadi dua, yaitu reklame yang bertujuan komersial dan reklame nonkomersial.

Reklame komersial bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas berkaitan dengan profil perusahaan, produk barang dan jasa, serta berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis dengan tujuan mendapatkan keuntungan.

Reklame Non Komersial bertujuan untuk menyampaikan informasi yang bersifat sosial, kedinasan/ kelembagaan. Jenis reklame ini dapat ditemukan di seluruh area kedinasan, seperti rumah sakit, kampus, sekolahan, maupun di tempat-tempat umum seperti area lampu lalu lintas, dan lain-lain.

Fungsi Reklame

Reklame sebagai media untuk menyampaikan informasi kepada khalayak ramai memiliki beberapa fungsi, lalu Apa fungsi reklame?
Pada umumnya fungsi Reklame adalah sebagai berikut:
1. Memberikan informasi kepada masyarakat luas (pembaca/ konsumen) tentang tokoh, perusahaan, maupun produk (barang atau jasa) agar masyarakat sebagai pembaca/ konsumen mengetahui, mengenal, dan tertarik melakukan sesuatu yang diinginkan oleh pembuat reklame.
2. Menciptakan kesan tertentu tentang barang atau jasa sesuai dengan yang diinformasikan pada reklame.
3. Memberikan kepuasan pada konsumen tentang produk atau jasa yang diinformasikan tersebut.
4. Sebagai media informasi serta komunikasi antar penjual dan konsumen.
5. Mengajak, menghimbau, serta menginformasikan suatu hal kepada masyarakat luas agar masyarakat mengikuti, mentaati, ataupun mengetahui informasi yang telah disampaikan.
5. Meningkatkan kesadaran masyarakat terkait suatu hal yang dinformasikan dalam reklame.

Apa Ciri-Ciri Reklame yang baik?

Ciri-ciri reklame yang baik adalah sebagai berikut:

1. Reklame yang baik haruslah jelas, singkat, dan mudah dipahami. Jelas dari segi informasi yang disampaikan, menggunakan kalimat-kalimat yang singkat sehingga dapat dengan mudah dipahami dan dicerna oleh masyarakat luas.
2. Reklame harus terlihat menarik dan mencolok. Koomposisi warna dan bentuk reklame yang baik adalah terlihat mencolok serta memiliki desain yang menarik sehingga mengundang perhatian khalayak ramai.
3. Reklame yang baik adalah bersifat jujur, artinya mengandung pesan apa adanya dan tidak dibuat-buat.
4. Pemasangan reklame dilakukan berulang-ulang agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui pesan reklame tersebut.

Baca juga:
Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame
15 Contoh Poster Pendidikan Menarik dan Mudah Digambar
35 Contoh Poster Desain Grafis dan Poster Gambar Tangan yang Kreatif

35 komentar untuk "Jenis-Jenis Reklame, Pengertian dan Contoh Reklame"

  1. Kalo yang ditempatkan didepan toko bagian atas dengan bahan spanduk/mmt ditempel menggunakan kerangka besi namanya apa Gan? soalnya ada yg menyebut spanduk merek, plank merek ada pula yg bilang baliho. Yang tepat apa namanya, terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya disebut plang papan nama kalau itu bertujuan untuk promosi produk, jenis toko. Bisa juga disebut spanduk jika bentuknya seperti contoh diatas.

      Hapus
  2. makasih kak sudah beritau aku !!!!

    BalasHapus
  3. Terima kasih ya kakk bermanfaat sekali

    BalasHapus
  4. Arighatho ghozaimasssss👍🏻👍🏻👍🏻😃😃😃♥️♥️♥️

    BalasHapus
  5. Arigato ;)
    Really helping��

    BalasHapus
  6. Membantu sanget, maturnuwun

    BalasHapus
  7. Terima kasih kk karena kk aku dapat nilai bagus😀😀😀😀😗

    BalasHapus
  8. Terima kasih infonya membantu sekali. Semoga selalu diberkati. Amin

    BalasHapus
  9. Xie²
    Thx for the answer...🙂

    BalasHapus

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.