Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon Untuk Pemula

Konten [Tampil]
Cara Mewarnai Dengan Crayon
Pada kesempatan ini kami akan memberikan panduan praktis untuk anak-anak dalam belajar mewarnai gambar dengan crayon. Untuk mempermudah kalian dalam mewarnai gambar menggunakan crayon kami sajikan latihan-latihan mewarnai gambar dengan crayon secara bertahap. Sebelum kita memulai latihan mewarnai gambar dengan crayon sebaiknya kita ketahui dulu  cara menggunakan crayon, berbagai teknik mewarnai dengan crayon, dan bagaimana cara menghapus kesalahan mewarnai dengan crayon.

Crayon (crayon lilin) dapat digunakan dengan cara sebagai berikut;
  • Digunakan secara langsung seperti menggunakan crayon biasa dengan ujung yang tebal dan lunak.
  • Crayon lilin dapat menutup warna satu dengan warna yang lain.
  • Dapat dilelehkan dengan dipanaskan dan dicampur sewaktu menggambar atau menekannya dengan jari.
Teknik mewarnai gambar dengan crayon dapat kita lakukan dengan dengan berbagai macam cara, diantaranya seabagai berikut;
  1. Menggunakan pointilisme, yaitu teknik mewarnai dengan memberikan warna berupa titik-titik warna. Teknik ini membutuhkan kesabaran dan kecermatan dalam memberikan goresan titik warna yang sesuai (Gambar 01).
  2. Menggunakan impasto, yaitu cara mendapatkan warna pucat dengan cara menggosokkan jari. Diperlukan latihan untuk menguasai teknik impasto ini karena impasto adalah salah satu metoede yang sangat penting dalam penggunaan crayon (Gambar 02).
  3. Menggunakan sgraffito, yaitu penghilangan warna yang dilakukan dengan mengeriknya menggunakan pisau atau alat lain yang pipih dan tumpul untuk memperlihatkan warna yang berada pada lapisan bawah. Cara penggunaan teknik ini adalah dengan memberikan warna dasar (warna cerah) pada bagian dasar kemudian menutupnya dengan warna lain yang lebih gelap, selanjutnya mengeriknya dengan pisau (Gambar 03).
teknik-mewarnai-dengan-krayon

Selain dapat menggunakan teknik mewarnai gambar dengan crayon di atas, untuk mendapatkan hasil yang menarik setelah selesai mewarnai gambar dengan crayon, kalian dapat melapisi hasil mewarnai kalian dengan clear (pylox clear) agar warna tidak pudar dan rusak.

Untuk menghapus kesalahan mewarnai atau kelebihan warna kalian tidak dapat menghapusnya secara keseluruhan. Satu-satunya cara untuk menghilangkannya adalah dengan mengeriknya menggunakan silet. Alat yang dapat digunakan untuk menghapus atau mengerik warna selain silet adalah tutup balpoint, penggaris logam atau plastik, pisau ukir, dan lain-lain.

Latihan Mewarnai Gambar Dengan Crayon
Sekarang kita akan berlatih cara mewarnai gambar dengan crayon yang akan kami pandu dengan contoh gambar. Ikuti petunjuk yang kami sampaikan.

1. Buatlah sketsa objek secara tipis pada buku gambar kalian. Beberapa pelukis menggambar sketsa secara langsung menggunakan crayon dengan warna pokok yang ada dalam gambar. Mereka melalukan ini karena pewarna ini tidak akan menutup garis pensil seluruhnya. Namun, jika kalian mengunakan pensil yang agak lunak dan menghindari penghapusan yang terlalu banyak, kalian dapat menggunakan pensil grafit untuk gambar ini (Gambar 04).

gambar-sketsa-ayam-jago

2. Untuk mewarnai gambar sketsa ayam jago yang telah kalian buat pertama-tama gunakan lapisan warna kuning muda, kemudian warnailah sayap dengan warna cokelat tua. Warnailah pangkal ekornya menggunakan crayon warna hijau tua yang digoreskan pada sudut yang tepat di atas kertas. Gunakan warna hijau muda untuk bagian ujung bulu dengan posisi crayon hampir horizontal pada kertas. Warnailah sketsa pangkal ayang dengan warna merah dan batasi bentuknya (Gambar 05).

mewarnai-gambar-dengan-krayon

3. Teruskan menggunakan warna kuning tanah untuk bagian bawah sayap dan kuning muda untuk kakinya. Campurkan warna merah di atas warna kuning tanah dan gosoklah warna itu bersamaan dengan sedikit tekanan. Buatlah batas bagian sayap dan leher dengan warna oranye. Warnailah paruhnya dengan warna abu-abu dan isilah dengan warna kuning. Pada saat mewarnai latar belakang, gunakan selembar kertas untuk menutupi bidang yang lebih rendah (Gambar 06).

cara-mewarnai-dengan-krayon

4. Warnai jengger dengan warna merah. Warnai beberapa goresan dengan warna merah juga, lalu tambahkan beberapa goresan dengan warna biru tua, kemudian warnailah garis batas dari paruhnya. Dengan crayon yang runcing, warnailah garis batas matanya dan bayangan paruhnya. Untuk bulunya, gunakan warna hijau muda dengan posisi crayon horizontal pada kertas untuk memberi goresan yang tebal. Warnailah bayangan ayam jago dengan warna abu-abu dengan posisi crayon horizontal pada kertas (Gambar 07).

teknik-mewarnai-gambar-dengan-krayon

Demikian pembahasan tentang "Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon Untuk Pemula" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel cara menggambar dan mewarnai manarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com.

Baca juga:
Teknik Menggambar Buah dengan Pensil
Cara Menggambar dan Mewarnai Motif Ragam Hias

Post a Comment for "Cara Mewarnai Gambar Dengan Crayon Untuk Pemula"