Teknik Menggambar Buah dengan Pensil

Teknik Menggambar Buah dengan Pensil - Dalam menggambar bentuk benda yang ada dilingkungan sekitar kita menggunakan pensil (minimal pensil 2B), sepertihalnya buah-buahan membutuhkan pengamatan, kecermatan, pemahaman bentuk serta latihan sesering mungkin untuk mengolah keluwesan tangan kita. Namun untuk menggambar bentuk benda tersebut agar hasilnya lebih baik dan lebih mudah dilakukan, maka diperlukan teknik-teknik menggambar yang benar. Berikut pembahasan kami tentang teknik menggambar buah dengan pensil.

Teknik Menggambar Buah Cerry
teknik menggambar buah cerry
  1. Latihan pertama silahkan membuat garis tipis untuk meletakkan buah yang akan digambar. Selanjutnya gambarlah bentuk dasar buah yang anda inginkan tanpa menggunakan alat bantu seperti jangka dan lain-lain. Setelah bentuk dasar bisa kalian buat, perhatikan keluwesan, kesamaan bentuk dasar dengan bentuk aslinya sudah pas atau belum. Lihatlah contoh bentuk dasar buah cerry (Gambar.01 a).
  2. Selanjutnya buatlah garis pada bagian atas buah untuk membuat bagian tangkai buah, pertegas kontur garis untuk mempertajam bentuk. Perhatikan arah cahaya yang mengenai buah, untuk menentukan kedalaman dan bayangan yang dihasilkan. Perhatikan contoh (Gambar.01 b)
  3. Arsir pada bagian bagian yang lebih dalam, seperti pada pangkal tangkai buah dan buatlah tangkai buah tersebut. Pertegas arsiran pada bagian yang lebih gelap karena tidak terkena sinar. Gunakan pensil 2B untuk mempertegas arsiran. Pada bagian yang terkena sinar jangan diarsir. Perhatikan contoh (Gambar. 01 c)
  4. Selanjutnya menegaskan bagian bagian dengan memberikan kesan gelap terang secara detail menggunakan arsiran halus. Berikan arsiran tajam pada bagian gelap dan tipiskan arsiran menuju bagian yag lebih terang. Berikan arsiran halus sampai kesan gelap terang buah menyerupai bentuk aslinya (Gambar. 01 d)
Menggambar Buah ditangkai Pohon
teknik menggambar buah ditangkai pohon

Untuk lebih terampil dalam menggambar buah-buahan, sebaiknya cobalah menggambar buah yang masih berada di tangkai pohon. Hal ini cukup menarik dan sangat mengasyikkan karena membutuhkan waktu yang tepat untuk memperoleh ukuran buah dan daun yang pas serta cahaya yang menyinarinya. Selanjutnya ikuti ilustrasi cara menggambar buah yang masih berada di tangkai pohonnya pada (Gambar. 02 )
  1. Langkah pertama, yang terpenting adalah perhatikan garis-garis utama pembentuk rangkaian ranting, buah, dan dedaunan. Ikuti bentuk-bentuk yang lebih kecil dengan mengacu pada garis utama sampai terbentuk sketsa keseluruhan (Gambar.02 a).
  2. Langkah kedua, tempatkan arsir bayang-bayang sehingga terlihat kesan timbul. Amati dan perbaiki bila gambar terlihat ganjil, baik dari segi bentuk ataupun proporsinya. (Gambar. 02 b).
  3. Langkah ketiga, isi bagian yang berwarna terang dengan arsir tipis serta arsir tebal untuk daerah yang berwarna gelap serta bayang-bayang (Gambar. 02 c).
  4. Langkah keempat, perhalus arsir sehingga kesan kedalaman semakin jelas, dan perhatikan batas antar bagian di beberapa tempat untuk meningkatkan kontras. Perlu diperhatikan bahwa untuk memberikan kesan buah dan dedaunan memiliki warna, maka berikan arsir hitam secara menyeluruh tegas, merata atau  tipis saja. Tingkat gradasi warna hitam harus cukup lebar untuk memberi efek kedalaman yang baik (Gambar. 02 d).
Demikian ulasan tentang "Teknik Menggambar Buah dengan Pensil" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel menggambar menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Menggambar Buah dengan Pensil"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel