Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Bagus dan Mudah

Konten [Tampil]
Cara Menggambar Pemandangan Alam - Pemandangan alam merupakan objek gambar yang sangat luas cakupannya. Oleh karena itu, kegiatan menggambar dengan tema pemandangan alam merupakan tema yang sangat favorit bagi pemula dalam mengekspresikan kreativitasnya pada kegiatan menggambar.

Karena mengambar pemandangan alam ini dapat mencakup beragam objek yang terdapat di alam, baik di darat, laut, dan udara berikut isinya serta berbagai aktivitas yang terdapat didalamnya dapat dijadikan sebagai objek dalam menggambar dengan tema pemandangan alam. Namun, secara lebih khusus menggambar pemandangan alam adalah kegiatan menggambar dengan objek keindahan alam yang merupakan anugerah sang pencipta.

cara-menggambar-pemandangan-alam

Yang dimaksud dengan keindahan alam tersebut antara lain seperti pemandangan pantai, pemandangan gunung dan air terjun, pemandangan sawah di desa, pemandangan hutan, pemandangan taman bunga, pemandangan desa, pemandangan danau, pemandangan di sungai, dan masih banyak lagi objek gambar yang masuk dalam tema pemandangan alam.

Beragam objek yang terdapat pada hasil gambar dengan tema pemandangan alam umumnya adalah makhluk hidup yang terdapat di alam seperti hewan, tumbuhan, dan manusia dengan aktifitasnya, maupun benda mati seperti gunung, batu, air, matahari, bulan bintang, awan, dan benda-benda lainnya yang terdapat di alam.

Cara Menggambar Pemandangan

Berikut ini cara menggambar pemandangan alam dengan mudah yang dapat dilakukan oleh pemula.

1. Menyiapkan Alat dan Media Menggambar

Hal pertama yang perlu kalian lakukan dalam kegiatan menggambar pemandangan alam adalah menyiapkan alat dan media gambar yang diperlukan sesuai tujuan dan hasil akhir yang diharapkan.
Beberapa alat dan media gambar yang perlu disiapkan untuk mempermudah kegiatan menggambar bagi pemula antara lain:
a. Pensil
b. Penghapus
c. Spidol (jika diperlukan)
d. Pewarna (pensil warna, crayon, cat air maupun cat lainnya)
e. Kuas (jika menggunakan cat)
f. Buku gambar (A4, A3, dan lain-lain)
g. Alas menggambar (lebih baik gunakan meja gambar)

Beberapa alat dan media gambar tersebut merupakan barang-barang yang perlu dipersiapkan dalam menggambar pemandangan bagi pemula. Tentu masih banyak alat dan media gambar lainnya yang dapat digunakan dalam menggambar, bagi kalian yang sudah mahir dalam menggambar dapat juga menggunakan alat dan media lain yang bisa digunakan sesuai dengan tujuan dan hasil akhir gambar yang diinginkan.

2. Mencari Inspirasi

Setelah menyiapkan alat dan media gambar, tahap selanjutnya adalah mencari inspirasi. Tahap inilah yang paling penting dalam menggambar. Sebagaimana pelukis yang membutuhkan inspirasi dalam menciptakan karya lukisnya, seorang penggambar juga membutuhkan ispirasi.

Bagi kalian yang belum memiliki ide dalam menggambar pemandangan alam, cobalah keluar rumah dan amati keindahan alam sekitar rumahmu. Bila perlu kunjungilah tempat-tempat menarik disekitar tempat tinggalmu, seperti pemandangan pematang sawah, pemandangan tempat wisata, pemandangan air terjun, pemandangan gunung, pemandangan sungai, dan lain sebagainya. Lihat dan amati pemandangan alam tersebut dari tempat yang tinggi untuk mendapatkan jangkauan yang lebih luas.

3. Membuat Sketsa Dasar

Setelah mendapatkan ide dalam menggambar pemandangan alam, langkah selanjutnya adalah buatlah sketsa dasarnya. Gunakan pensil dengan sapuan garis tipis agar mudah menghapus apabila terjadi kesalahan.

Gambar objek rancangan dengan menggambar bentuk dasar objek secara keseluruhan dan hindari menggambar detailnya sebelum bentuk dasar keseluruhan objek digambar. Fungsi sketsa dasar ini adalah untuk mengatur komposisi objek gambar.

Sketsa dasar hendaknya dibuat dengan goresan garis tipis menyerupai bentuk objek secara keseluruhan.

4. Perjelas Bentuk Detailnya

Setelah sketsa dasar bentuk global selesai digambar, selanjutnya perjelas dengan memberikan detail-detail objek satu persatu. Gambarlah objek sesuai bentuk asli dan berikan penegasan menggunakan pensil.

sketsa-gambar-pemandangan-alam
drawing by fifitan
Untuk menggambar detail objek menyerupai bentuk asli diperlukan latihan. Maka dari itu sering-seringlah berlatih menggambar agar kemampuan menggambar kalian semakin terasah. Gunakan contoh-contoh gambar sketsa yang banyak terdapat di Internet untuk memudahkan kalian dalam berlatih menggambar.

Sebelum bentuk detail diperjelas secara keseluruhan hindari pemberian warna. Mewarnai gambar dilakukan setelah keseluruhan objek dibentuk secara detail.

5. Mewarnai Gambar Pemandangan

Tahap selanjutnya adalah mewarnai gambar sketsa detailnya. Tahap mewarnai gambar dilakukan dengan memberikan sentuhan warna sesuai warna asli dan kesan warna yang ditimbulkan dari objek pemandangan alam yang kalian lihat.

mewarnai-gambar-pemandangan-alam
drawing by fifitan
Pemilihan pewarna yang digunakan tergantung selera kalian masing-masing. Kalian dapat menggunakan pensil warna dengan proses yang mudah namun hasilnya kurang tegas.

Crayon juga dapat digunakan untuk mewarnai bagi pemula asalkan mengetahui teknik dan cara mewarnai dengan crayon yang tepat agar mendapatkan hasil yang bagus.

Bagi kalian yang sudah mahir, mewarnai gambar dengan cat air dan cat minyak lebih tepat untuk mendapatkan hasil yang lebih nyata.

6. Finishing

Tahap terakhir dari cara menggambar pemandangan alam ini adalah memberikan detail isian dengan memberikan penegasan warna maupun dengan cara mengerik bidang warna apabila menggunakan pewarna crayon menggunakan batang kayu, ujung penggaris, atau benda lain yang berbentuk pipih, keras, dan tumpul.

Video Tutorial Menggambar Sketsa Pemandangan Alam


Video Tutorial Mewarnai Pemandangan Alam dengan Oil Pastel


Baca juga:
Pengertian Menggambar Model, Prinsip-Prinsip, Teknik, dan Contoh Gambarnya
15 Cara Menggambar Hewan yang Mudah
10 Cara Menggambar Ayam Dengan Mudah

Contoh Gambar Pemandangan Alam

Berikut ini beberapa contoh gambar pemandangan alam yang bagus dan mudah digambar. Contoh pemandangan alam ini tidak hanya berupa pemandangan alam gunung dan sawah, namun berbagai macam objek dengan tema pemandangan alam.

1. Gambar Pemandangan Alam

Gambar-Pemandangan-Alam

2. Gambar Pemandangan Air Terjun yang Indah

Gambar-pemandangan-air-terjun

Gambar-Pemandangan-Air-Terjun-yang-Indah

3. Gambar Pemandangan Alam dan Hewan

Gambar-Pemandangan-Alam-dan-Hewan

4. Gambar Pemandangan Alam Sawah

Gambar-Pemandangan-Alam-Sawah

Gambar-pemandangan-sawah

5. Gambar Pemandangan Bagi Pemula

Gambar-Pemandangan-Bagi-Pemula

6. Gambar Pemandangan Alam Yang Mudah

gambar-pemandangan-yang-indah-dan-mudah

gambar-pemandangan-mudah

7. Gambar Pemandangan Desa yang Indah

Gambar-Pemandangan-Desa-yang-Indah

8. Gambar Pemandangan Gunung dan Air Terjun

Gambar-Pemandangan-Gunung-dan-Air-Terjun

9. Gambar Pemandangan Gunung yang Indah

Gambar-Pemandangan-Gunung-yang-Indah

10. Gambar Pemandangan Rumah

Gambar-Pemandangan-Rumah

gambar-pemandangan-rumah-di-desa

11. Gambar Pemandangan Taman yang Mudah

gambar-pemandangan-taman-yang-mudah

12. Gambar Pemandangan yang Bagus dan Mudah

gambar-pemandangan-yang-bagus

Demikian ulasan tentang "Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Bagus dan Mudah" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel cara menggambar menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menggambar Pemandangan Alam Yang Bagus dan Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel