Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Selatan, Lengkap Penjelasannya

Sulawesi Selatan cukup terkenal dengan ragam makanan dan minuman khas tradisionalnya. Ada beberapa jenis makanan yang kemudian menjadi ciri khas bagi daerah setempat. Sebut saja seperti coto makassar, sop konro, pisang epe, dan es pallubuntung.

Coto Makassar terbuat dari daging dan jeroan sapi. Kuah coto Makassar kental yang dibuat dari kacang tanah yang dihaluskan. Coto Makassar dimasak dengan kuali tanah (korong butta atau uring butta) dan dengan rampah patang pulo (40 macam rempah). Biasanya coto makassar dimakan dengan ketupat.

Sop konro, sop berkuah maupun dibakar, dengan bahan-bahan dasar seperti tulang rusuk sapi atau kerbau, dimasak/ dibakar dengan bumbu keturnbar, jintan, sereh, kaloa, bawang merah, bawang putih, garam, penyedap yang sudah dihaluskan. Sop konro pada umumnya disajikan bersama nasi putih dan sambal.

Pallubasa merupakan masakan daging berkuah, mirip dengan coto makassar. Bedanya, kuah pallubasa diberi kelapa sangrai yang dihaluskan dan dicampur daging pada bagian otot. Pallubasa disajikan dengan mangkok dan nasi di piring, dicampur sambal, jeruk nipis, dan kecap sesuai selera. Kekhasan pallubasa terletak pada bau dan rasa kelapa sangrai yang merupakan salah satu bahan masakan ini.

makanan dan minuman khas sulawesi selatan

Es pallubuntung berupa pisang yang disajikan dengan bubur sumsum, diberi susu, sirup, dan es. Jenis pisangnya, pisang kepok. Jika menggunakan pisang manis kemudian dibalut tepung, minuman ini disebut dengan es pisang ijo.

Pisang epe dibuat dari pisang kepok yang mengkal, dibakar dan dipipihkan. Pisang epe disajikan dengan kuah air gula merah yang biasanya telah dicampur dengan durian atau nangka yang aromanya dapat membangkitkan selera. Selain jenis makanan di atas, masih banyak jenis makanan tradisional lainnya. Di antaranya yaitu ikan bakar harongko, coto kuda, nyuknyang, burasa, kapurung, dange dan pantollo pacumarasan.

0 Response to "Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Selatan, Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel