Makanan Khas Masyarakat Sulawesi Tengah


Jenis makanan yang ada di Sulawesi Tengah tidak berbeda jauh dengan daerah lain. Hal ini disebabkan lancarnya arus komunikasi dan informasi. Hanya saja ada jenis makanan tertentu yang menjadi ciri khas daerah Sulawesi Tengah. Contohnya sebagai berikut.

1. Ayam Bakar dari Biromaru
Daerah Biromaru dapat ditempuh kurang lebih 30 menit dari Kota Palu. Di sini ada sebuah pasar tradisional. Setiap malam pasaran, yaitu Rabu malam dan Kamis malam, banyak penjual ayam bakar. Jadi, hanya dua hari seminggu mereka berjualan.

Berbeda dengan ayam bakar yang biasa kita temukan di daerah lain, makanan ini disajikan dalam keadaan segar. Ayam kampung dipotong dan dimasak saat pengunjung datang. Demikian juga dengan kuah kare dan ketupat/nasi, mereka memasaknya di saat pengunjung memesannya. Akibatnya, pengunjung harus menunggu beberapa saat sampai hidangan siap disantap.

kaledo makanan khas sulawesi tengah

2. Kaledo
Ini merupakan makanan khas masyarakat Sulawesi Tengah. Kaledo (kaki lembu donggala) adalah sop tulang kaki sapi dan sumsumnya yang disajikan panas-panas. Makanan khas ini dihidangkan di saat merayakan hari besar, seperti lebaran/Idul Fitri. Di hari itu biasanya kaledo disajikan dengan burasa (sejenis ketupat yang dibungkus daun pisang).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan Khas Masyarakat Sulawesi Tengah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel