Skip to main content

Makanan dan Minuman Khas Jawa Tengah, Lengkap Penjelasannya

Banyak sekali jenis makanan dan minuman tradisional di Jawa Tengah. Hampir setiap daerah memilikinya. Makanan dan minuman ini dibuat dengan bahan-bahan yang berasal dari potensi alam Jawa Tengah. Hasilnya tentu berbeda dengan jenis makanan dan minuman daerah lain. Berikut ini sebagian makanan dan minuman khas Jawa Tengah tersebut.

1. Nasi gandul, makanan berbahan dasar nasi ini berasal dari Kabupaten Pati. Nasi ini disajikan dengan siraman kuah dan empal di atas piring beralaskan daun pisang.

2. Gethuk, terbuat dari singkong rebus yang dilumatkan dengan campuran gula merah. Beberapa daerah mengkreasi gethuk. Hasilnya menjadi makanan khas daerah tersebut, misalnya gethuk magelang, gethuk goreng sokaraja, dan gethuk lindri surakarta.

3. Serabi, terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan santan dan daun pandan sebagai pewangi. Serabi cukup terkenal di Solo dan kabupaten Batang.

makanan dan minuman khas jawa tengah

4. Teh poci, yaitu teh yang diseduh dalam poci (cerek kecil) dan ditambah dengan gula batu. Poci terbuat dari tanah liat. Minuman ini banyak dijumpai di daerah Tegal, Slawi, Pemalang, Brebes, dan sekitarnya.

5. Wedang ronde, yaitu jenis wedang terbuat dari rebusan jahe, cengkih, serai. dan gula. Kemudian diberi bulatan-bulatan ronde yang terbuat dari ketan.

Beberapa Makanan/ Minuman Khas Jawa Tengah
NoDaerahNama Makanan/ Minuman
1
Semarang
tahu pong, tahu petis, tahu gimbal, wingko babat, lumpia, dan bandeng presto
2
Solo
timlo, thengkleng, dan sega liwet
3
Pekalongan
lopis, soto kriyik, nasi gandul, dan soto taoco
4
Kudus
jenang kudus, dodol, sate kerbau, dan nasi pindang
5
Jepara
es gempol dan blenyik ikan teri
6
Banyumas
soto sokaraja, jenang jaket, dan cimplung
7
Tegal
kacang asin, pilus, dan young tahu
8
Pemalang
nasi grombyang, lontong dekem, dan sate loso
9
Klaten
jenang, krasikan, ayam panggang kalasan, dan kripik paru
10
Purworejo
lanting, clorot, slondok, dan geblek
11
Boyolali
nasi tumpang, marning, dan brem cap suling gading
12
Salatiga
enting-enting, ampyang, dendeng, dan abon
13
Wonosobo
kacang dieng, buah kaleng carica, dan keripik jamur
14
Purbalingga
rujak kangkung, tahu gecot, soto kriyik, es duren, dan lanting
15
Wonogiri
nasi thiwul, gathot, balung kethek, besengek, mete

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …