Skip to main content

Rumah Adat Kalimantan Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Rumah adat Provinsi Kalimantan Timur disebut dengan nama Rumah Lamin. Rumah Lamin memiliki bentuk dasar persegi panjang dengan panjang kurang lebih 200 meter, dan lebar 20-25 meter. Rumah adat ini biasanya dibangun menghadap ke arah sungai. Ciri khas rumah adat ini yaitu terdapat patung-patung kayu berukuran besar sebagai patung persembahan kepada nenek moyang.

Rumah adat Lamin merupakan rumah panggung dan menggunakan atap bentuk pelana. Kolong rumah adat ini tingginya mencapai 4 meter. Untuk naik ke rumah lamin menggunakan tangga berbentuk undakan dari kayu yang ditakik-takik dan biasanya di pindah-pindah atau ditarik ke atas. Bentuk rumah adat yang dibuat dalam bentuk rumah panggung bertujuan untuk mengantisipasi ancaman serangan musuh maupun binatang buas.Terdapat serambi panjang pada bagian depan rumah Lamin yang berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan upacara adat seperti perkawinan, melahirkan, kematian, dan upacara adat lainnya. Rumah Lamin ini biasanya ditempati sebanyak 12 keluarga yang dipimpin kepala suku.

Rumah lamin biasanya dilengkapi dengan ornamen-ornamen tertentu. Banyak sedikitnya ornamen pada rumah lamin melambangkan derajat pemilik rumah. Ornamen kepala naga dan burung enggang biasanya terdapat di bagian atap rumah bangsawan. Ornamen tersebut melambangkan keberanian dan tingginya derajat manusia.

gambar-rumah-adat-kalimantan-timur-lamin

Rumah adat suku Dayak Kalimantan timur ini menggunakan bahan berupa kayu ulin. Kayu ulin merupakan kayu dari pohon ulin yang terdapat di hutan-hutan Kalimantan. Kayu ini sangat kuat dan bahkan jika terkena air tingkat kekerasan kayu ini semakin kuat. Kayu ulin digunakan sebagai bahan bangunan rumah Lamin pada tiang penyangga, dinding, dan alas rumah adat lamin ini.

Bagian-bagian rumah lamin terdiri dari ruang tamu, ruang tidur dan dapur. Ruang tamu berbentuk ruangan panjang beralaskan tikar yang digunakan untuk ruang menerima tamu atau ruangan pertemuan adat. Ruang untuk tidur umumnya terdiri dari ruang tidur untuk laki-laki dan ruang tidur untuk perempuan dalam bentuk terpisah. Ada juga ruang tidur untuk pasangan yang sudah menikah.

Rumah adat Kalimantan Timur ini memiliki ciri khas berupa warna-warna kontras pada ornamen dan hiasan dinding yang terdapat pada dinding-dinding rumah Lamin. Warna-warna dominan dalam arsitektur rumah adat ini adalah warna kuning yang melambangkan kewibawaan, warna merah keberanian, warna hitam keteduhan dan warna putih yang melambangkan kebersihan jiwa.

Baca juga:
Rumah Adat 34 Provinsi di Indonesia Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Rumah Adat Kalimantan Utara Lengkap Gambar dan Penjelasannya
Bahasa Daerah Kalimantan Timur Lengkap Penjelasannya
Pakaian Adat Kalimantan Timur Lengkap, Gambar dan Penjelasannya

Comments