Rumah Adat Kalimantan Utara Lengkap Gambar dan Penjelasannya

Rumah adat Kalimantan Utara adalah Rumah Adat Baloy. Baloy merupakan rumah adat masyarakat suku Tidung Kalimantan Utara. Suku tidung merupakan salah satu suku asli yang mendiami wilayah Kalimanta utara.Suku Tidung awalnya merupakan sub suku Dayak yang masyarakatnya telah banyak menganut agama Islam.

Rumah Adat suku Tidung ini memiliki desain mirip dengan rumah adat Lamin Kalimantan Timur. Hal ini wajar karena Provinsi Kalimantan Utara merupakan Provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Kalimantan Timur. Dilihat dari hasil kebudayaannya provinsi ini memiliki banyak kemiripan dengan Provinsi Kalimantan Timur. Begitu pula dengan desai rumah adatnya, menurut beberapa ahli rumah adat Aloy merupakan pengembangan dari desain arsitektur rumah Lamin Kalimantan Timur.

Rumah adat Baloy merupakan rumah adat dengan desain rumah panggung menggunakan bahan dasar kayu ulin khas Kalimantan. Rumah adat ini umumnya dibangun di pesisir pantai, maka dari itu sangat tepat menggunakan material kayu ulin karena kayu ini akan semakin kuat bila terkena air.

gambar-rumah-adat-kalimantan-utara

Fungsi rumah Baloy adalah sebagai balai adat atau tempat musyawarah pertemuan adat. Fungsi tersebut dapat dilihat dari penataan bagian-bagian dalam ruangan Baloy yang lebih mengutamakan fungsi-fungsi sosial, antara lain:

  1. Alad Kait, yaitu ruang pertemuan atau ruangan bagi masyarakat yang mengadukan perkara adat.
  2. Lamin Bantong, yaitu ruang untuk memutuskan perkara adat oleh pemuka adat yang bersidang.
  3. Ulat Kemagot, yaitu ruang istirahat setelah perkara adat selesai diputuskan.
  4. Lamin Dalom, yaitu ruangan pribadi kepala adat besar Dayak Tidung.

Selain Bangunan utama rumah Baloy yang dikelompokkan dalam beberapa bagian tersebut, rumah adat ini dilengkapi dengan beberapa bangunan pendukung yang memiliki fungsi sosial. Bangunan tersebut seperti Lubung Kilong, yaitu panggung pergelaran dan atraksi kesenian daerah suku Tidung, seperti kesenian tari Jepen. Ada juga bangunan bernama Lubung Intamu, yaitu sejenis tribun penonton untuk menyaksikan pertunjukan.

Rumah adat Baloy memiliki ciri khas keunikan tersendiri yang dapat menggambarkan karakter dan pola kehidupan masyarakat suku Tidung. Cirikhas tersebut diantaranya adalah;
  • Beragam ukiran tentang kehidupan laut pada risplang dan atap rumah adat Baloy yang menggambarkan bahwa masyarakat Tidung merupakan masyarakat nelayan dan pelaut.
  • Beberapa ruangan dalam rumah adat Baloy memiliki fungsi yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Hal ini menunjukkan bahwa suku Tidung adalah masyarakat yang mengutamakan musyawarah dan cinta damai dalam menyelesaikan masalah.
Demikian pembahasan tentang "Rumah Adat Kalimantan Utara Lengkap Gambar dan Penjelasannya" yang dapat kami sampaikan. Baca juga artikel kebudayaan daerah Kalimantan Utara menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Rumah Adat Kalimantan Utara Lengkap Gambar dan Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel