Skip to main content

6 Contoh Tembang Macapat Pocung dan Artinya Secara Lengkap

Tembang-tembang klasik juga mempunyai sasmitaning tembang. Letak sasmita tembang bisa di depan, tengah, atau di belakang sebuah tembang. Misalkan tembang Pocung, sasmitanya berupa: kata pocung, cung, wohing kluwak. Sasmita tembang Maskumambang adalah kumambang, kambang-kambang, mas kentir ing warih, mas timbul ing warih. Sasmita tembang Mijil antara lain: wijil, wiyos, wurya, rarasati, wedar sasmita tembang Kinanthi antara lain kata kanthi, kinanthi. Sasmita tembang Durma antara lain kata undur, mundur, dur. Sasmita tembang Asmarandana antara lain dengan kata: asmara, kasmaran, brangta, brangti, kingkin, sengsem. Sasmita tembang Pangkur antara lain kata: kepungkur, kur, wuri, wantat, juda kenaka. Sasmita tembang Sinom antara lain kata: sinom, anom, taruna, srinataron kamal, pangrawit, logondang, anjani putra, muda. Sasmita tembang Dhandhanggula antara lain kata: sarkara, manis, madu, hartati, gula drawa, dandang. Sasmita tembang Gambuh antara lain kata: gambuh, mbuh. Sasmita tembang Megatruh antara lain kata: megat, ruh, pegat.

Guru gatra atau jumlah baris tiap tembang macapat itu tidak sama. Yang dimaksud guru gatra adalah jumlah baris tiap satu bait tembang. Umpamanya Maskumambang jumlah gatranya 4, Megatruh jumlah gatranya 5, Asmarandana jumlah gatranya 7, Sinom jumlah gatranya 9, Dhandhanggula jumlah gatranya 10.

Contoh Tembang Macapat Pocung dan Artinya
Tembang Pocung

1) Bapak pocung, dudu watu dudu gunung
Sangkane ing sabrang
Ngon angone sang bupati
Yen lumampah si pocung lambeyan gena

Artinya:
Bapak pocung bukan batu bukan gunung
Asalnya dari seberang
Peliharaan sang Bupati
Kalau berjalan si pocung tidak mengenakan pakaian

2) Bapak pocung, cangkemu madhep mendhuwur,
Sabamu ing sendhang,
Pencokanmu lambung kering,
Prapteng Wisma, Si Pocung mutah guwaya.

Artinya:
Bapak pocung, mulutmu menghadap ke atas,
Tempat bermainmu di mata air,
Tempatmu di lambung sebelah kiri, Sesampai di rumah,
Si pocung mengeluarkan air.

3) Bapak pocung, amung sirah lawan gembung,
padha dikunjara, Mati sajroning ngaurip,
Mijil baka, Si Pocung dadi dahana.

Artinya:
Bapak pocung, hanya kepala dan batangnya
Pada dipenjara, Mati di dalam kehidupan,
Keluar baka, Si pocung menjadi dahana.
(maksunya batang korek api gesek)

4) Bapak pocung, renteng-renteng kayu kalung,
Dawa kaya ula, Pencokanmu wesi miring,
Sing disaba, si pocung mung turut kutha.

Artinya:
Bapak pocung, bersama-sama seperti kalung, Panjang seperti ular,
Tempatmu besi miring,
Yang didatangi,
Si pocung hanya di kota.
(maksudnya: kereta api)

5) Dipunsami, marsudi ing budinipun
Weweka den awas,
Aja dumeh bisa angling,
Den apantes kalane micara.

Artinya:
Bersama-sama berusaha menjadi budi pekerti
Dijaga agar waspada
Jangan hanya bisa berbicara
Tidak pantas saat waktunya berbicara

6) Nadyan namung sakecap yen nora patut,
Prenahing wicara,
Sadurunge den kaesti,
Awasanajemune rewang alenggah.

Artinya:
Walaupun hanya satu patah kata kalau tidak pantas
Tepatnya berbicara
Sebelumnya dengan sungguh-sungguh Melihat sepertinya teman duduk

Berikut ini contoh Video Penyajian tembang Macapat Pocung



Baca juga:
Demikian pembahasan tentang "6 Contoh Tembang Macapat Pocung dan Artinya Secara Lengkap" yang dapat kami sajikan. Baca juga artikel tembang Jawa menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …