15 Cara Menggambar Hewan yang Mudah

Konten [Tampil]
Sebelum membahas tentang cara menggambar hewan, mari kita kupas dulu apa itu pengertian menggambar? Menggambar (Inggris: drawing) merupakan kegiatan meniru barang, tumbuhan, hewan, orang, dan sebagainya menggunakan coretan pensil atau alat lain pada sebuah kertas atau media datar lainnya. Output kegiatan menggambar sebenarnya tidak hanya tentang meniru sebuah objek, tetapi lebih kepada pesan yang ingin disampaikan oleh si pembuat gambar.

Kebanyakan karya yang dihasilkan dengan cara menggambar merupakan representasi dari ingatan atau imajinasi seorang juru gambar. Objek gambar tersebut dapat berupa tampilan realis/ nyata dalam kehidupan sehari-hari (potret, sketsa), atau yang mementingkan gaya dalam mengolah gambar (kartun, karikatur, gambar abstrak).

Terdapat bermacam-macam objek yang dapat di gambar, seperti objek manusia (menggambar model), objek alam benda, binatang, dan tumbuh-tumbuhan (menggambar bentuk), serta menggambar  imajinasi (ekspresif), dan abstrak. Dalam menggambar setiap objek tersebut memiliki cara dan teknik tertentu untuk mendapatkan hasil yang sesuai dan diinginkan oleh si penggambar. Begitu juga dengan cara menggambar hewan ini memiliki teknik maupun tahapan-tahapan tertentu agar lebih mudah, tepat, dan sesuai dengan bentuk hewan yang akan digambar.

Cara Menggambar Hewan

Menggambar hewan merupakan salah satu kegiatan menarik bagi anak-anak dalam mengekspresikan kreativitasnya. Bagi pemula, menggambar hewan tentu bukanlah hal yang mudah. Butuh panduan khusus bagi pemula/ anak-anak dalam menerapkan cara menggambar hewan, agar kegiatan menggambarnya mendapatkan hasil yang tepat, mudah, menarik dan sesuai dengan kaidah-kaidah cara menggambar bentuk tubuh hewan yang tepat. Untuk itulah artikel ini kami buat sebagai panduan bagi pemula tentang bagaimana cara menggambar hewan dengan mudah, cara menggambar berbagai macam hewan yang kami tampilkan dalam bentuk sketsa berbagai macam gambar hewan. Berikut ulasan tentang cara menggambar hewan.

1. Cara Menggambar Hewan dari Angka

Cara menggambar hewan ternyata juga dapat dibuat dari angka. Menggambar hewan dari angka 1-10 dapat dibuat menjadi beragam hewan yang lucu dan menarik. Bagi pemula mengambar hewan tentu menjadi sebuah tantangan yang cukup menarik, kalian pasti berpikir keras apakah yang akan kalian gambar. Dengan menggunakan alat tulis/ gambar seperti pensil, spidol, dan buku gambar kalian dapat menggambar hewan menggunakan panduan angka. Seperti yang telah kami sajikan pada contoh gambar di bawah ini, kalian dapat membuat beragam gambar hewan mengikuti panduan kami tentang cara menggambar hewan dari angka yang sangat mudah.

cara menggambar hewan dengan angka

2. Cara Menggambar Hewan-Hewan yang Mudah

Cara menggambar hewan sangatlah beragam. Tingkat kesulitan menggambarnya pun tergantung dari bentuk dan anatomi dari tubuh hewan yang akan digambar tersebut. Hewan yang memiliki bentuk tubuh yang simpel tentu sangat mudah digambar, namun pada hewan-hewan yang memiliki bentuk tubuh yang rumit, seperti hewan yang memiliki banyak kaki, sayap dan bulu akan sulit digambar tanpa menggunakan panduan yang jelas. Dengan menerapkan panduan cara menggambar berikut ini kalian dapat menggambar hewan-hewan yang bentuknya rumit secara mudah. Berikut ini cara menggambar hewan-hewan yang mudah yang dapat kalian terapkan dalam kegiatan menggambar hewan.

cara menggambar hewan yang mudah

Cara menggambar kalkun mudah

cara mudah menggambar kepala beruang

3. Cara Menggambar Hewan Panda

Panda merupakan salah satu hewan yang memiliki bentuk tubuh yang lucu dan sangat menarik untuk digambar. Bagi pemula tentu belum mengetahui bagaimana cara menggambar hewan panda secara cepat dan mudah. Umumnya panda memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan bulat, sehingga sangat mudah menggambar hewan panda ini meskipun bagi pemula yang baru belajar menggambar. Untuk menggambar hewan panda pertama-tama siapkan pensil, penghapus dan buku gambar kalian. Gambarlah dua buah lingkaran seperti pada contoh gambar dibawah ini. Lingkaran yang atas merupakan sketsa dasar wajah panda, dan ligkaran yang bawah adalah sketsa dasar tubuh panda. Untuk langkah selanjutnya ikuti tahap ke 2, 3, 4 dan ke 5 hingga sketsa gambar hewan panda telah kamu buat secara keseluruhan. Tahap terakhir adalah pewarnaan. Kamu dapat mewarnai sketsa gambar hewan panda ini menggunakan pewarna crayon, cat air, maupun pensil warna.

cara menggambar hewan panda

4. Cara Menggambar Hewan Buaya

Menggambar hewan seperti buaya, iguana, dan biawak tentu bukanlah hal yang mudah bagi pemula. Untuk menggambar hewan tersebut butuh keluwesan dan kecermatan dalam menggambar. Tanpa menggunakan panduan biasanya para penggambar yang masih pemula merasa kesulitan bagaimana cara menggambar hewan buaya, iguanan, maupun biawak agar memiliki bentuk tubuh yang sesuai. Untuk itulah kami telah memberikan contoh panduan mudah cara menggambar hewan buaya, iguana, dan biawak secara mudah dan menarik. Berikut ini contoh gambar yang dapat kami sajikan.

Cara Menggambar Buaya

5. Cara Menggambar Hewan Kucing

Cara menggambar hewan seperti kucing bukanlah hal mudah bagi para pemula. Untuk menggambar kucing dalam posisi sedang duduk tidaklah mudah. Tanpa mengetahui pola dasar bentuk tubuh kucing yang akan digambar para pemula biasanya memulai menggambar dengan menggambar salah satu bagian tubuh kucing kemudian langsung memberikan detailnya. Hal tersebut merupakan teknik menggambar yang kurang tepat. Dalam mengambar hewan seperti kucing seharusnya diawali dengan menggambar bentuk dasar hewan yang akan digambar secara global seperti pada contoh di bawah ini, kemudian setelah bentuk dasar selesai digambar baru kemudian memberikan detailnya seperti pada contoh gambar tahap 4 ke 5. Bagi kalian yang ingin menggambar hewan kucing silahkan ikuti panduan cara menggambar hewan kucing dibawah ini sesuai urutan yang telah kami sajikan.

cara menggambar hewan kucing

6. Cara Menggambar Hewan Anjing Laut

Anjing laut merupakan salah satu hewan laut yang memiliki bentuk tubuh gemuk dan besar. Cara menggambar hewan anjing laut sebenarnya cukup mudah karena hewan ini memiliki bentuk tubuh yang cukup simpel sehingga mudah digambar. Seperti yang telah kami contohkan pada gambar di bawah ini, cara menggambar hewan anjing laut dapat kalian lakukan dengan mengikuti petunjuk menggambar sesuai tahapan yang benar. Pertama-tama buatlah sketsa dasar bentuk tubuh anjing laut seperti pada gambar 1, selanjutnya perjelas bentuknya seperti tahap 2, 3, hingga tahap ke 4.

Cara menggambar anjing laut

7. Cara Menggambar Anjing

Hewan Anjing memiliki bentuk tubuh yang bermacam-macam sesuai jenisnya. Untuk mengambar anjing tentu bukanlah hal yang mudah tanpa mengetahui detail bentuk tubuhnya secara langsung. Bagi kalian yang ingin mengetahui cara menggambar anjing secara mudah, di bawah ini telah kami sajikan contoh cara menggambar bermacam-macam jenis anjing sesuai jenisnya. Untuk menggambar anjing sebagaimana contoh dibawah ini, ikutilah petunjuk cara menggambar dari tahap 1, 2, 3 berurutan hingga tahap terakhir menggambar.

Cara Menggambar Anjing

cara menggambar kepala anjing

8. Cara Menggambar Hewan Babi

Cara menggambar hewan berikutnya adalah menggambar hewan babi. Dengan mengetahui bentuk dasar tubuh hewan babi secara keseluruhan menggambar babi sangatlah mudah. Sebelum menggambar hewan babi tentukan posisi babi yang akan kalian gambar, selanjutnya buatlah sketsa awal bentuk tubuh babi selanjutnya lanjutkan dengan menggambar bagian-bagian tubuh babi secara bertahap. Setelah bentuk global hewan babi kalian gambar dalam bentuk sketsa awal, barulah kalian gambar dengan memberikan detail-detailnya seperti pada contoh di bawah ini secara bertahap.

Cara Menggambar Babi

Cara Menggambar hewan Babi

9. Cara Menggambar Badak

Sebagaimana menggambar hewan lainnya di atas, cara menggambar badak diawali dengan menentukan posisi hewan yang kalian gambar. Setelah menentukan posisi, lanjutkan dengan menggambar sketsa awal bentuk tubuh secar globalnya. Setelah bentuk dasar kalian gambar lanjutkan dengan memberikan sketsa awal bagian-bagian tubuh hewan badak secara ringkas. Setelah bentuk tubuh badak dan bagian-bagian tubuh selesai digambar lanjutkan dengan memberikan detail seperti pada contoh dibawah ini.

Cara Menggambar Badak


10. Cara Menggambar Banteng

Cara menggambar banteng menggunakan teknik pada contoh dibawah ini menjadi semakin mudah. Dengan mengkuti petunjuk tahapan menggambar banteng yang tepat, kalian dapat menciptakan gambar banteng dengan mudah dan hasil yang cukup bagus. Bagi kalian yang mencari cara menggambar banteng yang mudah, silahkan ikuti petunjuk cara menggambar banteng dibawah ini secara langsung.

Cara Menggambar Banteng

11. Cara Menggambar Hewan Kupu-Kupu

Kupu-kupu adalah hewan yang sangat cantik dan menarik untuk digambar. Untuk menggambar kupu-kupu bukanlah hal yang mudah bagi pemula, apalagi bentuk dan warna kupu-kupu yang sangat beragam memberikan tantangan tersendiri untuk menggambar kupu-kupu yang cantik. Namun, dengan mengikuti panduan cara menggambar hewan kupu-kupu yang telah kami sajikan di bawah ini, menggambar kupu-kupu bukan menjadi hal yang sulit untuk kalian lakukan. Ikuti langkah demi langkah menggambar kupu-kupu seperti contoh yang telah kami sajikan untuk memudahkan kalian dalam menggambar kupu-kupu yang cantik dan menarik.

cara menggambar hewan kupu-kupu

Gambar kupu-kupu

12. Cara Menggambar Hewan Kura-Kura

Menggambar hewan kura-kura menjadi sangat mudah dengan mengikuti panduan cara menggambar hewan kura-kura seperti contoh di bawah ini. Untuk menggambar kura-kura dan penyu ikutilah panduan cara mengambar kura-kura dibawah ini secara bertahap. Dengan mengikuti panduan tersebut dalam 5 menit gambar kura-kura dapat kalian buat dengan mudah.

Cara Menggambar Hewan Kura-Kura

13. Cara Menggambar Hewan Berkaki Empat

Hewan berkaki empat sangat banyak jenisnya. Beberapa hewan yang tergolong berkaki empat antara lain seperti sapi, kerbau, kuda, zebra, jerapah, rusa dan lain-lain. Cara menggambar hewan berkaki empat menggunakan teknik yang berbeda-beda tergantung jenis hewan berkaki empat yang akan digambar. Bagi pemula yang masih dalam tahap belajar menggambar hewan berkaki empat kami telah memberikan beberapa panduan menggambar hewan berkaki empat yang dapat memudahkan kalian dalam menggambarnya.Di bawah ini beberapa cara menggambar hewan yang dapat kalian terapkan dalam kegiatan menggambar hewan berkaki empat secara mudah dan menarik.

gambar binatang berkaki empat

cara menggambar binatang berkaki empat
cara menggambar hewan berkaki empat

14. Cara Menggambar Hewan Langka

Hewan yang tergolong langka dilingkungan sekitar kita saat ini antara lain seperti berang-berang dan musang. Cara menggambar hewan langka tersebut tergolong cukup mudah. Dengan mengikuti panduan cara menggambar hewan langka di bawah ini kalian juga dapat menggambarnya secara mudah dan cepat. Berikut ini beberapa contoh cara menggambar hewan langka yang dapat menjadi panduan kalian dalam menggambar.

Cara Menggambar Hewan Langka

Cara Menggambar Hewan

Gambar Hewan Langka

15. Sketsa Gambar Hewan Yang Mudah

Beberapa jenis hewan memiliki bentuk tubuh yang lucu dan simpel sehingga mudah digambar. Untuk menggambar hewan tersebut kalian hanya memerlukan pensil, penghapus, pewarna, dan buku gambar. Selanjutnya kalian tinggal mengikuti beberapa panduan sketsa gambar hewan yang mudah berikut ini. Untuk menggambar hewan mengikuti panduan kami ini, pertama-tama buatlah bentuk sketsa dasar tubuh hewan yang akan kalian gambar. Kemudian secara bertahap gambarlah sketsa kasar bagian tubuh hewan tersebut. Setelah sketsa gambar semakin utuh, perjelas sketsa tersebut hingga menjadi gambar tubuh hewan secara detailnya. Berikut ini beberapa sketsa gambar hewan yang mudah yang dapat kalian jadikan sebagai panduan dalam kegiatan menggambar hewan.

Gambar pinguin yang mudah digambar

Sketsa Gambar Berang-berang mudah

Sketsa Gambar Tupai

Demikian ulasan tentang "15 Cara Menggambar Hewan yang Mudah" yang dapat kami sajikan. Baca juga artikel cara menggambar menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "15 Cara Menggambar Hewan yang Mudah"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel