Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan

Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan ...

A. Pelan-pelan

B. Tenang

C. Statis

D. Tajam

E. Lemah


Pembahasan : 

Untuk menjawab pertanyaan tentang makna garis bersudut atau kesan yang ditimbulkan oleh garis bersudut mari coba kita ulas satu persatu dari pilihan jawaban di atas. Karena setiap unsur-unsur seni rupa mengandung makna/ kesan yang dapat diterjemahkan sebagai bagian dari bentuk visual karya seni rupa.

Garis merupakan salah satu unsur seni rupa yang setiap bentuknya mengandung makna sebagaimana unsur warna, bentuk, dan unsur-unsur seni rupa lainnya.

  • Pelan-pelan, bentuk garis yang mengandung makna pelan-pelan adalah garis horizontal. Garis horizontal adalah garis lurus yang mendatar. Garis horizontal juga mengandung kesan kaku, pasif, tenang, mantap, statis, stabil dan sebagainya. Berarti pilihan jawaban B dan C termasuk kesan/ makna dari garis horizontal.
  • Tajam merupakan kesan yang yang ditimbulkan dari garis zig-zag, bentuk garis zig-zag adalah bersudut. Garis zig-zag atau garis bersudut ini menciptakan kesan tajam, runcing, bahaya, mengerikan, gairah, semangat dan lain-lain.
  • Lemah merupakan kesan yang ditimbulkan dari garis tipis melengkung, garis tipis melengkung ini juga berkesan lembut, luwes, ringkih dan lain sebagainya. Namun jika kesannya adalah lemah gemulai maka bentuk garis yang berkesan lemah gemulai adalah bentuk garis lengkung ganda atau melengkung bersambung membentuk huruf S.

Jawaban : Jawaban yang paling tepat dari pertanyaan di atas adalah D. Tajam

Artikel terkait:
Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya

Demikian pembahasan tentang pertanyaan "Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan". Semoga ulasan ini dapat membantu dalam menemukan jawaban dari pertanyaan di atas. Baca juga artikel soal tanya jawab menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Garis yang bersudut dapat menciptakan kesan"