Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata dinamakan

kesan-yang-ditimbulkan-oleh-pantulan-cahaya-pada-mata-dinamakan

Kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata dinamakan ...

A. Bentuk
B. Tekstur
C. Gelap terang
D. Warna
E. Ruang

Pembahasan :

Pengertian Warna

Dalam seni rupa pengertian warna adalah kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata. Warna terbuat dari pigmen atau zat warna, warna merupakan salah satu unsur pokok dalam seni rupa.

Pengertian lain mendefinisikan pengertian warna merupakan spektrum tertentu yang terdapat di dalam suatu cahaya sempurna (berwarna putih terang) identitas suatu warna ditentukan oleh panjang gelombang dari cahaya tersebut (wikipedia).

Jenis-Jenis Warna

a. Warna primer, yaitu warna pokok atau warna pertama yang pembentukannya tidak disertai dengan campuran warna lain. Warna ini digunakan sebagai bahan campuran poko yang menghasikan warna-warna yang lain. Warna-warna yang tergolong warna primer yaitu merah, kuning, dan biru

b. Warna sekunder, yaitu jenis warna yang dihasilkan dari pencampuran 2 jenis warna primer. Warna-warna yang tergolong ke dalam warna sekunder yaitu ungu, hijau, dan oranye.

c. Warna tertier (intermediate), merupakan warna pada lingkaran warna yang letaknya ada diantara warna primer dan warna sekunder. Warna-warna yang tergolong ke dalam kelompok warna intermediate yaitu oranye kemerahan (red orange), kuning tua (yellow orange), hijau muda (yellow green), biru muda (blue green), ungu tua (blue violet), ungu muda (red violet).

Jawaban : D. Warna

Pembahasan lengkapnya silahkan simak diartikel berikut ini:
Macam-Macam Warna: Merah, Kuning, Biru, Hijau, Cokelat, Ungu, Abu-Abu, dll
Unsur-Unsur Seni Rupa dan Contoh Gambarnya
Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Demikian pembahasan tentang pertanyaan "Kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata dinamakan" yang dapat kami sajikan, Semoga ulasan ini dapat membantu dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya pada mata dinamakan"