Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut

seni-rupa-yang -memiliki-panjang-dan-lebar

Seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut …

A. Seni rupa 2 dimensi

B. Seni rupa 3 dimensi

C. Seni rupa kontemporer

D. Seni rupa murni

E. Seni rupa terapan


Pembahasan:

Sebuah karya seni, dalam hal ini adalah seni rupa yang hanya berukuran (berdimensi) panjang dan lebar saja disebut dengan seni rupa 2 dimensi. Artinya karya seni ini hanya berbentuk seperti sebuah bangun datar yang hanya berukuran panjang dan lebar saja. Sepertihalnya dalam bidang geometri, sebuah karya seni rupa 2 dimensi dapat menggunakan media berbentuk bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, lingkaran dan bentuk bangun datar lainnya sebagai media ekspresi. Ciri-ciri dari karya seni rupa dua dimensi ini adalah hanya dapat dinikmati keindahannya dari satu arah saja.

Jenis karya seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut seni rupa 2 dimensi ini sesuai dengan teori pengelompokan seni rupa yang dirumuskan oleh Charles Batteaux. Ia merumuskan pengelompokan seni rupa dalam beberapa aspek. Aspek yang pertama adalah pengelompokan seni rupa menurut tujuan penciptaannya dan yang kedua adalah pengelompokan seni rupa berdasarkan dimensi/ matra.

1. Seni Rupa Berdasarkan Tujuan Penciptaannya

Seni rupa menurut tujuan penciptaannya dibagi menjadi dua, yaitu;

a. Seni Rupa Terapan (Applied Art)

Karya seni rupa yang termasuk seni rupa terapan yaitu; Seni Kriya, Seni Grafis, Seni Ilustrasi, Seni Reklame, Seni Arsitektur, dan Seni Dekorasi.

b. Seni Rupa Murni (Fine Art)

Karya seni rupa yang termasuk dalam bagian seni rupa murni, yaitu; Seni lukis, Seni patung, Seni instalasi.

2. Seni Rupa Berdasarkan Dimensi (Matra)

Sedangkan pembagian Seni Rupa Berdasarkan dimensi (matra) yang dipakai, dibagi menjadi dua, yaitu.

a. Seni Rupa Dua Dimensi, yaitu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang dan lebar. Karya seni rupa yang termasuk dalam bagian seni rupa 2 dimensi yaitu Gambar, lukisan, seni grafis, dan lain-lain.

b. Seni Rupa Tiga Dimensi, yaitu karya seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi (bervolume atau memiliki ruang). Karya seni rupa yang termasuk dalam bagian seni rupa 3 dimensi yaitu Seni patung, seni instalasi, seni arsitektur, seni keramik, dan lain-lain.

Jawaban Soal : Dari pertanyaan di atas jawaban yang benar adalah A. Seni rupa 2 dimensi

Pembahasan lengkapnya silahkan simak diartikel berikut ini;
Pengertian dan Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi Lengkap
Pengelompokan Seni Rupa Menurut Beberapa Ahli
Pengertian Seni, Cabang Seni, dan Fungsi Seni Secara Lengkap
12 Contoh Karya Seni Rupa 2 Dimensi dan Penjelasan Lengkapnya

Demikian pembahasan tentang pertanyaan "Seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut" yang dapat kami sajikan, Semoga ulasan ini dapat membantu kalian dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk " Seni rupa yang memiliki panjang dan lebar disebut"