Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan tinggi disebut

Karya-seni-rupa-3-dimensi

Seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan tinggi disebut ...

A. Seni rupa 3 dimensi

B. Seni rupa 2 dimensi

C. Seni rupa terapan

D. Seni rupa murni

E. Jawaban C dan D benar


Pembahasan:

Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi

Karya seni rupa 3 dimensi adalah karya seni rupa yang berukuran panjang, lebar, dan tinggi, atau karya yang bervolume atau menempati ruang. Yang membedakan dengan karya seni rupa 2 dimensi yaitu karya seni rupa 3 dimensi memiliki unsur ruang. Sebagaimana bentuk bangun ruang yang berukuran panjang, lebar, dan tinggi, karya seni rupa 3 dimensi ini berbentuk sebuah objek yang bervolume. Jika karya seni rupa 2 dimensi hanya dapat dinikmati dari satu sisi, karya seni rupa 3 dimensi ini dapat dinikmati keindahannya dari berbagai sisi (utamanya adalah 2 sisi (depan dan samping kanan maupun kiri)).

Contoh karya seni rupa 3 dimensi adalah seni patung, seni relief, seni instalasi, seni arsitektur, dan berbagai macam seni kerajinan, seperti kerajinan keramik, kerajinan kayu, logam, dan lain-lain.

Jenis Karya Seni Rupa 3 Dimensi

Berdasarkan tujuan penciptaanya, karya seni rupa 3 dimensi dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu karya seni rupa 3 dimensi yang memiliki fungsi pakai (seni rupa terapan/ applied art) dan karya seni rupa 3 dimensi yang hanya memiliki fungsi ekspresi (seni rupa murni/ fine art).

a. Karya Seni Rupa 3 Dimensi Murni

Karya seni rupa 3 dimensi murni yaitu karya seni rupa yang hanya memiliki fungsi ekspresi dan tidak memperhatikan unsur praktis atau unsur kegunaannya. Karya seni rupa murni merupakan karya seni rupa sebagai hasil keindahan karya manusia yang dibuat dengan tujuan dinikmati keindahannya saja. Contoh karya seni rupa 3 dimensi murni adalah seni patung dan benda hias.

b. Karya Seni Rupa 3 Dimensi Terapan

Karya seni rupa 3 dimensi terapan adalah karya seni rupa yang dibuat untuk tujuan fungsi pakai atau untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis manusia. Karya seni rupa 3 dimensi terapan sebagai benda pakai yang memiliki fungsi praktis ini diciptakan dengan pertimbangan kegunaannya serta keindahannya. Dengan demikian, bentuk karya seni rupa tersebut akan semakin nyaman dipakai dan juga indah dilihat. Sebagai contoh yaitu perabotan rumah tangga seperti kursi, almari, meja,dan lain-lain.

Terdapat banyak sekali karya seni rupa tiga dimensi di sekitar kita, antara lain sebagai berikut. 

1) Kerajinan keramik, menggunakan bahan dasar tanah liat Produk yang dihasilkan misalnya vas bunga,-guci, teko, kendi, dan peralatan rumah tangga. 

2) Kerajinan logam, menggunakan bahan jenis logam, seperti emas, perak, perunggu, besi, tembaga, aluminium, dan kuningan. Produk yang dihasilkan misalnya bebagai macam perhiasan emas dan perak, peralatan rumah tangga, alat musik gamelan dan senjata tajam.

3) Kerajinan kulit, seperti wayang kulit, tas, sepatu, jaket, dan alat musik rebana.

4) Kerajinan kayu, kayu banyak menghasilkan berbagai benda kerajinan, seperti topeng, wayang golek, furnitur, patung, dan hiasan ukir-ukiran.

5) Kerajinan anyaman, biasanya menggunakan bahan dasar seperti bambu, daun mendong, dan tali plastik untuk membuat tempayan, topi, tutup nasi, tikar, dan gantungan pot tanaman.

6) Kerajinan lainnya, masih banyak jenis kerajinan lain yang dapat kita jumpai di berbagai daerah, antara lain kerajinan rotan, kerajinan payung, dan kerajinan lampu hias.

Jawaban Soal : Dari pertanyaan tersebut jawaban yang benar adalah A. Seni rupa 3 dimensi

Pembahasan lengkapnya silahkan simak diartikel berikut ini;
Pengertian Seni Rupa 3 Dimensi, Jenis, Fungsi, beserta Contohnya
Cabang Seni Rupa dengan Penjelasannya secara Lengkap
Pengertian Seni, Cabang Seni, dan Fungsi Seni Secara Lengkap

Demikian pembahasan tentang pertanyaan "Seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan tinggi disebut" yang dapat kami sajikan, Semoga ulasan ini dapat membantu kalian dalam menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut. Baca juga artikel soal tanya jawab menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Seni rupa yang memiliki panjang, lebar dan tinggi disebut"