Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Konten [Tampil]
Kata ilustrasi sering kita dengar atau baca dengan berbagai bentuk penggunaannya. Kata tersebut bermaksud memberikan gambaran tentang peristiwa atau keadaan yang bukan sebenarnya. Misalnya, ilustrasi peristiwa yang sudah berlangsung menjelaskan peristiwa yang dijelaskan dalam naskah dan teks.

Pengertian Gambar Ilustrasi

Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diterangkan pengertian ilustrasi sebagai berikut.
  • Gambar untuk memperjelas isi karangan atau buku.
  • Gambar, desain, atau diagram untuk menghias.
  • Keterangan tambahan.
Namun dalam perkembangannya, ilustasi tidak lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks, tetapi berkembang ke arah yang lebih luas. Kemudian ilustrasi diartikan sebagai gambar atau alat bantu yang menjelaskan sesuatu menjadi lebih jelas sehingga bermakna dan menarik. Perkembangan ini tentunya membuat cakupan ilustrasi menjadi makin luas dan sulit dibatasi.

Pengertian di atas apabila dihubungkan dengan gambar akan mengarah pada istilah jurnalistik, yaitu gambar yang mengandung seribu makna. Artinya, bahasa berupa gambar yang lebih komunikatif untuk diterima oleh pembaca. Berikut contoh-contoh tersebut.
  • Jika kita membaca majalah, pandangan kita tertuju pada gambar yang menarik mata sehingga kita tertarik untuk membacanya dan mengetahui isi dari majalah tersebut.
  • Jika membaca buku pelajaran seperti biologi mengenai anatomi tubuh manusia, apabila tidak didukung dengan gambar anggota tubuh atau tengkorak manusia kita akan kesulitan menelaah materi pelajaran tersebut.
  • Jika membaca koran mengenai suatu bencana yang terjadi di suatu tempat, akan lebih baik jika dilengkapi gambar sehingga lebih komunikatif.
Beberapa contoh tersebut merupakan ilustrasi yang mempertegas pentingnya gambar dalam beberapa aspek kehidupan. Dengan demikian, menggambar ilustrasi dapat diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan gagasan yang dituangkan pada media dua dimensi yang bertujuan memberikan penjelasan.


Fungsi Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Menarik perhatian orang. Sebuah buku atau majalah yang disertai dengan gambar yang menarik akan membuat orang tertarik mengetahui tentang isi buku tersebut. 
  • Memudahkan memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan. 
  • Sebagai sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang diekspresikan dalam sebuah gambar. 
  • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan. 
  • Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan.

Unsur Gambar Ilustrasi

1. Gambar manusia
Dalam menggambar ilustrasi manusia diperlukan pemahaman dan penguasaan proporsi dan anatomi tubuh manusia, baik tubuh manusia dewasa maupun anak-anak. Proporsi adalah Perbandingan bagian perbagian atau bagian dengan keseluruhan. Anatomi adalah kedudukan susunan tulang dan otot yang menentukan besar kecil, cekung cembung (menonjol tidaknya) tubuh manusia yang menentukan bentuk keseluruhan tubuh.
gambar ilustrasi manusia
Contoh Ilustrasi Gambar Manusia
2. Gambar Binatang
Dalam menggambar ilustrasi binatang tidak berbeda jauh dengan menggambar ilustrasi manusia, yaitu harus menguasai proporsi dan anatominya. Jenis dan bentuk binatang dapat dikelompokkan menjadi binatang darat, udara dan laut.

gambar ilustrasi binatang
Contoh Ilustrasi Gambar Binatang
3. Gambar Tumbuhan

Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan yang beranekaragam jenisnya memiliki dua cara, yaitu menggambar tumbuhan secara sederhana dan lengkap. Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan secara sederhana, tumbuhan tidak digambar secara detail, tetapi hanya berupa kesan bentuk tumbuhan. Menggambar secara lengkap , ilustrasi tumbuhan digambar dengan detail dan cermat bagian-perbagiannya.

gambar ilustrasi tumbuhan
Contoh Ilustrasi Gambar Tumbuhan
4. Benda-benda lainnya
Benda-benda yang bisa digambar adalah beragam jenis benda-benda alam, benda buatan manusia dan bisa juga benda imajinasi manusia. Segala macam banda-benda yang digambar dalam karya ilustrasi ini umumnya hanya digunakan sebagai pelengkap atau penghias gambar.

Langkah Menggambar Ilustrasi

Langkah-langkah menggambar ilustrasi terdiri atas empat langkah, yaitu menentukan gagasan, membuat sketsa, pewarnaan dan penyelesaian akhir. Berikut ini penjalasan langkah-langkah menggambar ilustrasi.

1. Gagasan
Langkah pertama dalam menggambar ilustrasi adalah menentukan gagasan. Gagasan ilustrasi harus bersumber dari materi yang akan diilustrasikan. Setelah ada gagasan tentukan tokoh, adegan, suasana dan suasana pendukung adegan yang akan digambar. Sebelum mulai tahap berikutnya tentukan corak gambar dan media yang akan digunakan.

2. Sketsa
Setelah gagasan ditentukan langkah selanjutnya adalah menggambar sketsa atau membuat rancangan gambar. Menggambar sketsa ilustrasi biasanya menggunakan pensil ada juga yang langsung menggunakan pensil warna, crayon, cat air, tinta bak, dan lain-lain.
Sket biasanya masih berbentuk garis sederhana yang merupakan rancangan sederhana secara global.

3. Pewarnaan
Langkah selanjutnya setelah menggambar sketsa adalah pewarnaan. Dalam mewarnai rancangan gambar ilustrasi dikerjakan sesuai hasil yang diharapkan. Gambar ekspresi dikerjakan dengan dua corak, yaitu corak realis dan non realis (ekspresionisme, impresionisme, abstrakisme, dan lain-lain).

4. Penyelesaian akhir
Langkah terakhir adalah penyelesain proses menggambar dengan mengamati hasil gambar secara keseluruhan. Apabila masih ditemukan kekurangan pada gambar, pada proses inilah gambar dapat disempurnakan.

Gaya Gambar Ilustrasi

Secara umum gaya dalam karya seni rupa dikenal dengan istilah representatif, deformatif, dan nonrepresentatif (abstrak). Gaya dalam gambar ilustrasi adalah corak perwujudan gambar ilustrasi. Khusus dalam gambar ilustrasi tidak dikenal gaya abstrak, karena tujuan gambar ilustrasi adalah memperjelas. Gaya yang dikenal dalam gambar ilustrasi ada tiga, yaitu gaya representatif, dekoratif, dan karikatural.

1. Gaya Representatif
Gambar ilustrasi dikatakan bergaya representatif apabila corak perwujudan gambarnya menyerupai keadaan nyata. Gaya representatif dalam gambar ilustrasi sering digunakan untuk memperjelas suatu teks yang memerlukan gambar nyata. Gambar ilustrasi yang bergaya representatif dapat dikerjakan secara manual atau fotografi.

2. Gaya Dekoratif
Gambar ilustrasi dikatakan bergaya dekoratif apabila perwujudan gambarnya bersifat menghias atau mendekor dengan cara menstilasi. Sesuai dengan sifatnya, gaya dekoratif cocok untuk menghias halaman majalah atau koran yang kosong. Gambar bergaya dekoratif ini juga dapat digunakan untuk menghias tata panggung atau ruangan pesta.

3. Gaya Karikatural
Gaya karikatural dalam gambar ilustrasi dapat diwujudkan dalam dua gaya, yaitu karikatur dan kartun. Gaya karikatur dalam gambar ilustrasi biasanya dibuat untuk kepentingan kritik, sedangkan gaya kartun dalam gambar ilustrasi dibuat untuk menghibur karena bersifat humor.

a. Karikatur
Karikatur berasal dari bahasa Italia, yaitu caricare yang berarti mengubah bentuk atau deformasi. Karikatur umumnya bersifat menyindir dan melebih-lebihkan sesuatu. Tujuannya memberikan kritik atau perlawanan sosial. Gambar karikatur sering disebut seni merusak wajah objeknya karena penggambar dituntut mengubah ciri-ciri fisik, terutama raut wajah. Raut wajah yang digambarkan dibuat sedemikian rupa hingga menggelikan dengan tetap memperhatikan ciri-ciri fisik model karikatur agar mudah dikenali.

b. Kartun
Kartun adalah gambar yang berfungsi untuk menghibur karena berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia. Gambar kartun banyak dijumpai pada majalah, surat kabar dan komik.

Jenis Gambar Ilustrasi

1. Komik
Komik berasal dari kata comic yang memiliki arti lucu atau jenaka. komik merupakan karya seni yang menggunakan rangkaian gambar tidak bergerak yang penyusunanya membentuk sebuah jalinan cerita. Berikut contoh ilustrasi komik.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik 15 Contoh Gambar Ilustrasi Komik Lucu dan Menarik

gambar ilustrasi komik
Contoh Ilustrasi Komik
2. Cover/ Sampul Buku

Cover merupakan kulit atau sampul pada buku atau majalah. Gambar cover memuat atau mewakili isi buku sehingga terlihat menarik. Berikut contoh ilustasi cover buku pelajaran.

gambar ilustrasi cover buku
Contoh Ilustrasi Cover Buku
3. Vignette
Majalah atau surat kabar dibagian sebelum atau sesudah tulisan biasanya terdapat gambar. Gambar tersebut sering disebut Vignette (gambar pengisi halaman kosong pada majalah atau surat kabar yang memiliki fungsi menghias). Berikut contoh ilustasi Vignette pada majalah.

gambar ilustrasi vignette
Contoh Ilustrasi Vignette
4. Cerita (Cergam, Cerpen, dll)
Suatu karya cerita biasanya dilengkapi dengan ilustrasi cerita. Gambar Ilustrasi cerita ini mewakili cerita yang terkandung di dalamnya. Sebuah cerita akan tampak menarik apabila disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan isi cerita. Berikut contoh ilustasi cerita pendek.

gambar ilustrasi cerpen
Contoh Ilustrasi Cerita
5. Reklame
Gambar ilustrasi reklame yaitu gambar yang menyertai reklame untuk lebih memperjelas pesan dari produk yang ditawarkan.

6. Kartun
Gambar ilustrasi kartun, yaitu gambar yang menonjolkan kejenakaan atau kelucuan dari suatu tokoh atau peristiwa yang digambarkan secara humor.

7. Karikatur
Karikatur yaitu gambar ilustrasi yang bersifat lucu tetapi mengandung tujuan mengkritik atau bersifat sindiran sosial dari sebuah peristiwa yang sedang trending atau mendapat perhatian banyak orang.

8. Tanda/ Simbol
Gambar ilustrasi tanda/ simbol yaitu gambar yang bertujuan untuk menerangkan atau sebagai tanda dari keadaan sesuatu.

Baca juga:

Demikian Artikel tentang"Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi" yang dapat kami sajikan. Baca juga artikel gambar ilustrasi menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com

6 komentar untuk "Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.