Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Kata ilustrasi sering kita dengar atau baca dengan berbagai bentuk penggunaannya. Kata tersebut bermaksud memberikan gambaran tentang peristiwa atau keadaan yang bukan sebenarnya. Misalnya, ilustrasi peristiwa yang sudah berlangsung menjelaskan peristiwa yang dijelaskan dalam naskah dan teks.

Pengertian Gambar Ilustrasi

Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi, lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, diterangkan pengertian ilustrasi sebagai berikut.
  • Gambar untuk memperjelas isi karangan atau buku.
  • Gambar, desain, atau diagram untuk menghias.
  • Keterangan tambahan.
Namun dalam perkembangannya, ilustasi tidak lagi terbatas pada gambar yang mengiringi teks, tetapi berkembang ke arah yang lebih luas. Kemudian ilustrasi diartikan sebagai gambar atau alat bantu yang menjelaskan sesuatu menjadi lebih jelas sehingga bermakna dan menarik. Perkembangan ini tentunya membuat cakupan ilustrasi menjadi makin luas dan sulit dibatasi.

Pengertian di atas apabila dihubungkan dengan gambar akan mengarah pada istilah jurnalistik, yaitu gambar yang mengandung seribu makna. Artinya, bahasa berupa gambar yang lebih komunikatif untuk diterima oleh pembaca. Berikut contoh-contoh tersebut.
  • Jika kita membaca majalah, pandangan kita tertuju pada gambar yang menarik mata sehingga kita tertarik untuk membacanya dan mengetahui isi dari majalah tersebut.
  • Jika membaca buku pelajaran seperti biologi mengenai anatomi tubuh manusia, apabila tidak didukung dengan gambar anggota tubuh atau tengkorak manusia kita akan kesulitan menelaah materi pelajaran tersebut.
  • Jika membaca koran mengenai suatu bencana yang terjadi di suatu tempat, akan lebih baik jika dilengkapi gambar sehingga lebih komunikatif.
Beberapa contoh tersebut merupakan ilustrasi yang mempertegas pentingnya gambar dalam beberapa aspek kehidupan. Dengan demikian, menggambar ilustrasi dapat diartikan sebagai kegiatan mengekspresikan gagasan yang dituangkan pada media dua dimensi yang bertujuan memberikan penjelasan.

Fungsi Gambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut.
  • Menarik perhatian orang. Sebuah buku atau majalah yang disertai dengan gambar yang menarik akan membuat orang tertarik mengetahui tentang isi buku tersebut. 
  • Memudahkan memahami suatu keterangan atau penjelasan sebuah tulisan. 
  • Sebagai sarana mengungkapkan pengalaman suatu kejadian yang diekspresikan dalam sebuah gambar. 
  • Memberikan gambaran singkat isi tulisan atau cerita yang disampaikan. 
  • Sebagai nilai keindahan dalam perwajahan.

Unsur Gambar Ilustrasi

1. Gambar manusia
Dalam menggambar ilustrasi manusia diperlukan pemahaman dan penguasaan proporsi dan anatomi tubuh manusia, baik tubuh manusia dewasa maupun anak-anak. Proporsi adalah Perbandingan bagian perbagian atau bagian dengan keseluruhan. Anatomi adalah kedudukan susunan tulang dan otot yang menentukan besar kecil, cekung cembung (menonjol tidaknya) tubuh manusia yang menentukan bentuk keseluruhan tubuh.
gambar ilustrasi manusia
Contoh Ilustrasi Gambar Manusia
2. Gambar Binatang
Dalam menggambar ilustrasi binatang tidak berbeda jauh dengan menggambar ilustrasi manusia, yaitu harus menguasai proporsi dan anatominya. Jenis dan bentuk binatang dapat dikelompokkan menjadi binatang darat, udara dan laut.

gambar ilustrasi binatang
Contoh Ilustrasi Gambar Binatang
3. Gambar Tumbuhan

Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan yang beranekaragam jenisnya memiliki dua cara, yaitu menggambar tumbuhan secara sederhana dan lengkap. Dalam menggambar ilustrasi tumbuhan secara sederhana, tumbuhan tidak digambar secara detail, tetapi hanya berupa kesan bentuk tumbuhan. Menggambar secara lengkap , ilustrasi tumbuhan digambar dengan detail dan cermat bagian-perbagiannya.

gambar ilustrasi tumbuhan
Contoh Ilustrasi Gambar Tumbuhan
4. Benda-benda lainnya
Benda-benda yang bisa digambar adalah beragam jenis benda-benda alam, benda buatan manusia dan bisa juga benda imajinasi manusia. Segala macam banda-benda yang digambar dalam karya ilustrasi ini umumnya hanya digunakan sebagai pelengkap atau penghias gambar.

Langkah Menggambar Ilustrasi

Langkah-langkah menggambar ilustrasi terdiri atas empat langkah, yaitu menentukan gagasan, membuat sketsa, pewarnaan dan penyelesaian akhir. Berikut ini penjalasan langkah-langkah menggambar ilustrasi.

1. Gagasan
Langkah pertama dalam menggambar ilustrasi adalah menentukan gagasan. Gagasan ilustrasi harus bersumber dari materi yang akan diilustrasikan. Setelah ada gagasan tentukan tokoh, adegan, suasana dan suasana pendukung adegan yang akan digambar. Sebelum mulai tahap berikutnya tentukan corak gambar dan media yang akan digunakan.

2. Sketsa
Setelah gagasan ditentukan langkah selanjutnya adalah menggambar sketsa atau membuat rancangan gambar. Menggambar sketsa ilustrasi biasanya menggunakan pensil ada juga yang langsung menggunakan pensil warna, crayon, cat air, tinta bak, dan lain-lain.
Sket biasanya masih berbentuk garis sederhana yang merupakan rancangan sederhana secara global.

3. Pewarnaan
Langkah selanjutnya setelah menggambar sketsa adalah pewarnaan. Dalam mewarnai rancangan gambar ilustrasi dikerjakan sesuai hasil yang diharapkan. Gambar ekspresi dikerjakan dengan dua corak, yaitu corak realis dan non realis (ekspresionisme, impresionisme, abstrakisme, dan lain-lain).

4. Penyelesaian akhir
Langkah terakhir adalah penyelesain proses menggambar dengan mengamati hasil gambar secara keseluruhan. Apabila masih ditemukan kekurangan pada gambar, pada proses inilah gambar dapat disempurnakan.

Gaya Gambar Ilustrasi

Secara umum gaya dalam karya seni rupa dikenal dengan istilah representatif, deformatif, dan nonrepresentatif (abstrak). Gaya dalam gambar ilustrasi adalah corak perwujudan gambar ilustrasi. Khusus dalam gambar ilustrasi tidak dikenal gaya abstrak, karena tujuan gambar ilustrasi adalah memperjelas. Gaya yang dikenal dalam gambar ilustrasi ada tiga, yaitu gaya representatif, dekoratif, dan karikatural.

1. Gaya Representatif
Gambar ilustrasi dikatakan bergaya representatif apabila corak perwujudan gambarnya menyerupai keadaan nyata. Gaya representatif dalam gambar ilustrasi sering digunakan untuk memperjelas suatu teks yang memerlukan gambar nyata. Gambar ilustrasi yang bergaya representatif dapat dikerjakan secara manual atau fotografi.

2. Gaya Dekoratif
Gambar ilustrasi dikatakan bergaya dekoratif apabila perwujudan gambarnya bersifat menghias atau mendekor dengan cara menstilasi. Sesuai dengan sifatnya, gaya dekoratif cocok untuk menghias halaman majalah atau koran yang kosong. Gambar bergaya dekoratif ini juga dapat digunakan untuk menghias tata panggung atau ruangan pesta.

3. Gaya Karikatural
Gaya karikatural dalam gambar ilustrasi dapat diwujudkan dalam dua gaya, yaitu karikatur dan kartun. Gaya karikatur dalam gambar ilustrasi biasanya dibuat untuk kepentingan kritik, sedangkan gaya kartun dalam gambar ilustrasi dibuat untuk menghibur karena bersifat humor.

a. Karikatur
Karikatur berasal dari bahasa Italia, yaitu caricare yang berarti mengubah bentuk atau deformasi. Karikatur umumnya bersifat menyindir dan melebih-lebihkan sesuatu. Tujuannya memberikan kritik atau perlawanan sosial. Gambar karikatur sering disebut seni merusak wajah objeknya karena penggambar dituntut mengubah ciri-ciri fisik, terutama raut wajah. Raut wajah yang digambarkan dibuat sedemikian rupa hingga menggelikan dengan tetap memperhatikan ciri-ciri fisik model karikatur agar mudah dikenali.

b. Kartun
Kartun adalah gambar yang berfungsi untuk menghibur karena berisikan humor. Gambar kartun dapat berupa tokoh binatang atau manusia. Gambar kartun banyak dijumpai pada majalah, surat kabar dan komik.

Jenis Gambar Ilustrasi

1. Komik
Komik berasal dari kata comic yang memiliki arti lucu atau jenaka. komik merupakan karya seni yang menggunakan rangkaian gambar tidak bergerak yang penyusunanya membentuk sebuah jalinan cerita. Berikut contoh ilustrasi komik.
Pembahasan lengkapnya silahkan klik 15 Contoh Gambar Ilustrasi Komik Lucu dan Menarik

gambar ilustrasi komik
Contoh Ilustrasi Komik
2. Cover/ Sampul Buku

Cover merupakan kulit atau sampul pada buku atau majalah. Gambar cover memuat atau mewakili isi buku sehingga terlihat menarik. Berikut contoh ilustasi cover buku pelajaran.

gambar ilustrasi cover buku
Contoh Ilustrasi Cover Buku
3. Vignette
Majalah atau surat kabar dibagian sebelum atau sesudah tulisan biasanya terdapat gambar. Gambar tersebut sering disebut Vignette (gambar pengisi halaman kosong pada majalah atau surat kabar yang memiliki fungsi menghias). Berikut contoh ilustasi Vignette pada majalah.

gambar ilustrasi vignette
Contoh Ilustrasi Vignette
4. Cerita (Cergam, Cerpen, dll)
Suatu karya cerita biasanya dilengkapi dengan ilustrasi cerita. Gambar Ilustrasi cerita ini mewakili cerita yang terkandung di dalamnya. Sebuah cerita akan tampak menarik apabila disertai dengan ilustrasi yang menggambarkan isi cerita. Berikut contoh ilustasi cerita pendek.

gambar ilustrasi cerpen
Contoh Ilustrasi Cerita
5. Reklame
Gambar ilustrasi reklame yaitu gambar yang menyertai reklame untuk lebih memperjelas pesan dari produk yang ditawarkan.

6. Kartun
Gambar ilustrasi kartun, yaitu gambar yang menonjolkan kejenakaan atau kelucuan dari suatu tokoh atau peristiwa yang digambarkan secara humor.

7. Karikatur
Karikatur yaitu gambar ilustrasi yang bersifat lucu tetapi mengandung tujuan mengkritik atau bersifat sindiran sosial dari sebuah peristiwa yang sedang trending atau mendapat perhatian banyak orang.

8. Tanda/ Simbol
Gambar ilustrasi tanda/ simbol yaitu gambar yang bertujuan untuk menerangkan atau sebagai tanda dari keadaan sesuatu.

Baca juga:

Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi

Alat gambar yang ada dewasa ini sangat beragam jenis dan cara penggunaannya. Penguasaan terhadap alat-alat yang beragam tersebut sangat penting karena berkaitan dengan kelancaran dalam menyalurkan ide ketika menggambar. Untuk itu, setiap pengguna harus mengenal sifat alat gambarnya agar dapat menyatu dengan penggunaannya, sehingga gambar yang digoreskan dengan alat tersebut dapat mewakili pribadi penggambar. Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar.

1. Kuas

Merupakan alat yang digunakan untuk menuangkan cat ke media gambar. Bentuk kuas ada yang oval dan meruncing seperti air jatuh menetes atau kuas gepeng yang digunakan untuk menggambar dengan permukaan gambar yang luas.

2. Cat Minyak

Cat minyak merupakan bahan yang digunakan untuk mewarnai gambar. Umumnya cat minyak dituangkan pada media kanvas. Kanvas yaitu berupa alas gambar yang terbuat dari kain yang diberi dasar cat agar tidak dapat ditembus oleh cat minyak. 

3. Rapido

Merupakan suatu alat gambar yang dapat dipakai untuk membuat garis panjang dengan tinta yang tidak terputus dan memiliki ujung bulat dengan tingkatan ukuran.

4. Pensil

Umumnya jenis pensil yang digunakan untuk menggambar adalah pensil hitam dan pensil warna. Pensil hitam memiliki ukuran HB (sedang), H (keras), dan B (lunak) dengan ukuran 1 sampai dengan 8. Untuk pensil warna, sedikitnya terdiri dari enam warna, bahkan ada yang terdiri atas puluhan warna serta memiliki fungsi ganda seperti cat air.

5. Konte

Alat gambar ini menyerupai pensil tetapi lebih lunak dan tanpa kayu pembungkus, Biasanya alat ini dipakai untuk menggambar potret atau pemandangan. Ada pula alat gambar sejenis konte yaitu pastel yang sifat warnanya lebih lembut. Selain itu, juga ada alat gambar berupa krayon yang mengandung campuran minyak.

6. Cat Air

Bahan untuk menggambar ini juga sering disebut dengan cat transparan sehingga dibutuhkan media gambar berupa kertas gambar yang dapat menyerap air. Jika menggunakan cat air sebagai warna, apabila warna yang sudah dibuat dan digambarkan pada kertas, warna tersebut tidak bisa ditumpangi warna yang dikehendaki karena cat tersebut transparan. Di samping itu, tidak dibenarkan menambah warna dengan campuran yang lebih tebal karena akan terjadi warna yang banyak dipengaruhi oleh resapan air, akibatnya warna yang dihasilkan menjadi tidak rata. Solusinya, jika tetap menginginkan penumpangan warna seperti demikian, sebaiknya gunakan cat plakat yang campuran pengencernya berupa air. Akan tetapi kadar air dan cat yang dicampurkan pun sebaiknya agak kental agar cat warna bisa digunakan dan diratakan seperti halnya cat tembok.

Langkah-Langkah Menggambar Ilustrasi

Langkah-langkah dalam menggambar ilustrasi terdiri atas empat langkah, yaitu menentukan gagasan, membuat sketsa, mewarnai, dan penyelesaian akhir. Berikut ini penjelasan langkah-langkah menggambar ilustrasi.

a. Menentukan Gagasan

Gagasan yang dimaksud adalah tujuan atau sasaran dari ilustrasi yang dibuat. Misalnya, untuk ilustrasi buku pelajaran, buku cerita sampul buku atau majalah, hiasan untuk majalah, koran, atau dekorasi ruangan. 

b. Membuat Sketsa

Sketsa merupakan wujud sederhana dari sebuah gagasan. Wujud sketsa biasanya berupa gambar garis yang sudah membentuk objek. Dalam membuat sketsa cukup menggunakan pensil dengan goresan yang tipis. 

c. Mewarnai

Setelah selesai membuat sketsa, langkah berikutnya adalah mewarnai gambar tersebut dengan pewarna. Misalnya, menggunakan pensil warna, cat air, dan krayon. 

d. Penyelesaian Akhir

Langkah akhir adalah penyelesaian proses menggambar dengan mengamati gambar secara keseluruhan. Apabila masih ditemui kekurangan pada gambar, pada proses akhir inilah gambar dapat disempurnakan. 

Cara Menggambar Ilustrasi Digital

Saat ini terdapat beberapa media digital yang dapat digunakan untuk menggambar. Media digital yang cukup dikenal dan dapat digunakan untuk menggambar adalah komputer dan ponsel android. Namun, sebelum menggambar menggunakan komputer maupun android sebaiknya seorang penggambar telah menguasai teknik menggambar manual. Menggambar menggunakan media digital umumnya memanfaatkan aplikasi software atau perangkat lunak, baik untuk menggambar manipulasi, menggambar teknik, dan menggambar ekspresif.

Meskipun saat ini sudah terdapat beragam aplikasi menggambar yang tersedia di playstore android yang cukup memudahkan kita dalam menggambar secara digital, namun pada pembahasan kali ini penulis akan memfokuskan pada penggunaan media digital yaitu komputer. 

a. Peralatan

Peralatan menggambar dengan menggunakan komputer secar garis besar terbagi menjadi tiga bagian sebagai berikut. 

  1. Perangkat keras, yaitu komputer/ laptop.
  2. Perangkat lunak, yaitu aplikasi software seperti Adobe PhotoshoP, Adobe Ilustrator, CorelDraw, Auto Cad, Solid Wood, 3D Max Cartoon Television Product (CTP), Light Vive, Sketch Up, maupun aplikasi online seperti Canva.
  3. Perangkat cetak berupa printer laser jet, inkjet, plotter, atau sejenisnya

Untuk menghasilkan gambar yang baik, sebaiknya komputer yang digunakan memiliki RAM yang cukup, layar monitor dengan resolusi yang tinggi, dan hardisk dengan kapasitas besar.

b. Teknik

Hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggambar dengan komputer, kita menentukan terlebih dahulu apa yang akan digambar. Hal ini diperlukan untuk menentukan aplikasi software yang digunakan. Jika ingin memanipulasi gambar sebaiknya menggunakan Adobe Photoshop. Jika ingin menggambar ilustrasi sebaiknya menggunakan CorelDraw, jika akan menggambar kartun bisa menggunakan Adobe Flash CTP atau Toon Bom.

c. Karakter Gambar

Menggambar dengan komputer adalah cara menggambar yang memerlukan logika berpikir rasional dan terukur.

3. Langkah-langkah Menggambar Ilustrasi Dengan Adobe Photosop

Aplikasi Perangkat Lunak Adobe Photosop CS6

Untuk mempermudah mewarnai gambar dengan Menggunakan aplikasi perangkat lunak adobe photoshop, terlebih dahulu buatlah gambar dengan teknik manual. Berikut ini akan dijelaskan langkar. langkah menggambar dengan Adobe Photoshop. 

1) Buka aplikasi Adobe Photoshop pada dekstop.

2) Siapkan gambar yang ingin anda edit.

3) Kemudian pilih File - New, lalu pilih ukuran yang diinginkan.

menggambar-digital

4) Selanjutnya masukkan gambar yang sudah di pindai dengan cara memilih File  - Open - kemudian cari file dengan cara menarik gambar yang telah kamu pilih ke Adobe Photoshop CS6.

menggambar-digital-dengan-photoshop

5) Setelah itu pilih garis gambar dengan Magic Wand Tools.

6) Kemudian tekan Ctrl-Shift-i secara bersamaan kemudian delete. Jika tidak bisa di delete berarti kunci pada layer belum terbuka. Untuk membukanya double click layer tersebut lalu ikuti prosedurnya. Selanjutnya, tekan delete lagi sampai bagian sampingnya berubah menjadi transparan.

7) Selanjutnya tekan Ctrl+Shif+i sekali lagi. Setelah itu, warnai garis dengan warna hitam. Untuk memperoleh warna hitam tekan “D”dan pilih Paint Bucket Tool (gambar kaleng cat tumpah) untuk mewarnai garisnya.

menggambar-dengan-photoshop

8) Untuk menghilangkan seleksinya tekan Ctrl+D. Kemudian pilih warna yang diinginkan.

9) Tekan G untuk shortcut Paint Bucket Tool dan warnai daunnya. 

Demikian Artikel tentang"Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi" yang dapat kami sajikan. Baca juga artikel gambar ilustrasi menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com

9 komentar untuk "Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.