Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame

Pengertian Reklame
Reklame berasal dari bahasa Latin yaitu "Re" yang artinya berulang-ulang, dan "Clamo" yang artinya berseru. Jadi, Reclamo artinya berseru berulang-ulang. Pengertian Reklame adalah suatu tindakan yang ditujukan untuk menarik perhatian orang atas suatu jenis barang atau jasa dengan cara membangkitkan minat dan kemauan seseorang untuk memiliki atau memakai jasa tersebut.

Reklame juga dapat diartikan sebagai upaya seseorang atau organisasi tertentu untuk memperkenalkan suatu barang atau jasa, ide, program dengan mengadakan propaganda atau pengumuman dalam rangka untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Secara sederhana reklame dilakukan seorang penjual bakso dengan memukul mangkok berulang-ulang dengan harapan pelanggan/ masyarakat mengetahui dan membeli.

Media Reklame
Ada berbagai media yang digunakan untuk melakukan kegiatan reklame. Media tersebut antara lain.
1. Media Audio
Media audio adalah media yang menggunakan suara, bunyi, atau suatu tanda sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat dinikmati melalui indera pendengaran. Contoh reklame dengan media audio ini diataranya, Radio, Pengeras suara, bunyi tanda (seperti bunyi piring penjual bakso, penjual eskrim, dll).
2. Media Visual
Media visual adalah media yang menggunakan gambar dan tulisan sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Contoh reklame dengan media visual diataranya, poster, stiker, spanduk, baliho, dll.
3. Media Audio Visual
Media audio visual adalah media yang menggunakan suara dan gambar sebagai media untuk menyampaikan informasi yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan dan pendengaran. Contoh reklame dengan media audio visual diantaranya, Televisi, bioskop, iklan video di internet.

Tujuan Reklame
Menurut tujuannya, reklame dapat dibedakan menjadi dua, diantaranya sebagai berikut.
1. Reklame Komersial
Reklame komersial adalah reklame dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa kepada masyarakat. Reklame komersial ini memiliki tujuan ekonomis untuk meningkatkan keuntungan. Reklame komersial banyak dilakukan oleh perusahaan niaga, produsen alat atau barang kebutuhan manusia. Berikut contoh reklame komersial.
reklame komersial

2. Reklame Nonkomersial
Reklame nonkomersial adalah reklame yang bertujuan untuk memberikan penjelasan, pemberitahuan, penerangan, himbauan atau ajakan kepada masyarakat agar melakukan isi pesan. Reklame nonkomersial banyak dilakukan oleh instansi, misalnya himbauan untuk tertib berlalu lintas, membayar pajak, donor darah, dll. Berikut contoh reklame nonkomersial.
reklame nonkomersial
Baca juga:

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengertian Reklame, Media dan Tujuan Reklame"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel