Skip to main content

18 Ide Kreasi Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat

18 Ide Kreasi Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat - Sedotan selain dapat digunakan sebagai alat minum juga dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu karya seni kerajinan yang bernilai guna. Sedotan bekas minuman biasanya digunakan untuk sekali pakai, setelah itu hanya dibuang menjadi sampah yang tidak bermanfaat. Untuk melatih krativitas dalam berkarya seni kerajinan, kalian dapat memanfaatkan sedotan baik sedotan bekas ataupun sedotan baru yang kamu miliki untuk diubah dan dimanfaatkan menjadi suatu karya kerajinan yang bernilai guna. Berikut ini 18 Ide Kreasi Kerajinan Tangan dari Sedotan yang mudah dibuat yang dapat kalian jadikan sebagai inspirasi dalam berkarya kerajinan tangan dari sedotan.

1. 4 Kerajinan Tangan Hiasan Menarik dari Sedotan yang Mudah dibuat
Hiasan merupakan sebuah benda yang sering digunakan untuk mempercantik suatu kondisi/ keadaan benda lainnya agar terlihat lebih menarik. Benda hias berbagai bentuk dapat kalian buat menggunakan sedotan dengan cara yang mudah dan murah, dengan hasil yang cukup menarik. Seperti 4 contoh aneka kerajinan hiasan dari sedotan berikut ini. Bagi kalian yang suka dengan bunga kalian dapat membuat kerajinan hiasan bunga dari sedotan. Kerajinan dari sedotan berupa hiasan bisa kalian jadikan untuk membuat bross bunga, vas bunga atau atau hiasan dengan motif bunga lainnya seperti pada gambar no. 1 dibawah ini.

Bagi kalian yang menginginkan membuat kerajinan tangan dari sedotan berupa hiasan sederhana dan mudah dalam bentuk gantungan kunci atau gantungan tas, kalian bisa membuat kerajinan tangan gantungan kunci dari sedotan menarik dan simpel seperti pada contoh gambar no. 2. Kerajinan hiasan dari sedotan yang menarik lainnya adalah berupa kalung untuk mempercantik penampilan kalian. Kalian bisa dengan mudah membuat kerajinan tangan dari sedotan berupa kalung sederhana namun tetap terlihat cantik dan menarik seperti contoh gambar no. 3.

Kerajinan tangan berupa hiasan dari sedotan yang menarik selanjutnya adalah berupa kerajinan tirai dari sedotan. Untuk mempercantik bagian rumah kalian, seperti pada pintu atau jendela kamar, kalian dapat membuat kerajinan berupa tirai menarik dari sedotan yang cukup mudah dibuat. Dengan menggabungkan susunan sedotan menggunakan tali diselingi bentuk bunga atau objek lainnya, kalian dapat menciptakan sebuah hiasan tirai dari sedotan yang menarik seperti contoh gambar no. 4 dibawah ini.
kerajian-tangan-hiasan-unik-dari-sedotan

2. 2 Ide Kreasi Kerajinan Tangan Tempat Pensil dari Sedotan yang Mudah dibuat
Kerajinan tangan dari bahan sedotan berikutnya adalah kerajinan tempat pensil dari sedotan. Bebagai kreasi model bentuk tempat pensil dapat kalian buat menggunakan bahan sedotan. Dengan memanfaatkan benda lain seperti wadah plastik, kaleng, atau kardus kecil bekas berbagai bentuk, dapat kalian padukan dengan memberi susunan sedotan untuk menutupi bagian luar wadah agar terlihat lebih menarik. Seperti dua contoh kerajinan tempat pensil dari sedotan berikut ini dapat kalian buat dengan mudah. Untuk merekatkan sedotan pada wadah, kalian dapat menggunakan lem tembak atau lem alteco yang dapat merekat dan lebih cepat kering.
http://www.senibudayaku.com

3. 3 Kreasi Unik Kerajinan Tangan Hiasan Menarik dari Sedotan
Ide kreasi kerajinan tangan dari sedotan yang ke tiga adalah kerajianan tangan aneka hiasan menarik dari sedotan. Beragam hiasan dapat kalian ciptakan menggunakan bahan sedotan, seperti 3 contoh berikut ini. Contoh pertama kalian dapat menjadikan sedotan sebagai bahan untuk kerajinan berupa hiasan gantungan spiral dari sedotan yang dapat berputar. Untuk membuatnya hanya diperlukan bahan berupa sedotan bermacam warna, tali senar ukuran kecil (senar pancing), jarum, dan lem. Kalian juga bisa menambah hiasan yang kalian sukai pada bagian bawah gantungan spiral dari sedotan ini.

Kreasi kerajinan tangan hiasan dari sedotan berikutnya adalah gantungan kalung menarik dari anyaman sedotan. Berbagai macam kreasi gantungan kalung unik dari sedotan dapat kalian buat dengan proses yang cukup mudah, dan tentunya membutuhkan kesabaran dan ketelitian pada proses menganyamnya. Untuk membuat kreasi hiasan berupa gantungan kalung unik gambar no.2 ini akan kami bahas pada artikel berikutnya.

Kerajian aneka hiasan dari sedotan selanjutnya adalah hiasan bunga matahari menarik yang dapat kalian pasang pada vas bunga di meja tamu. Untuk membuat bunga matahari dari sedotan ini dibutuhkan kesabaran dan ketelitian dalam membuatnya. Untuk memudahkan kalian dalam membuat bentuk bunga yang utuh lengkap dengan daun dan tangkai, kalian bisa membeli daun dan tangkai buatan di toko.
Baca juga:
kerajinan-tangan-dari-sedotan-yang-mudah-di-buat

4. 3 Ide Kerajinan Kap Lampu dari Sedotan yang Inspiratif
Kerajinan tangan dari bahan sedotan selanjutnya adalah kap lampu. Berbagai jenis kreasi kap lampu menarik dapat kalian ciptakan dari bahan sedotan lho. Seperti contoh di bawah ini, kalian dapat membuat kap lampu menarik yang dikombinasikan dengan bahan-bahan pendukung untuk membentuk kap lampu duduk di kamar kalian. Sebagaimana contoh bentuk kap lampu pada gambar 1, 2, dan 3 di bawah ini, kalian dapat menyusun aneka warna sedotan dengan beragam posisi yang kalian sukai. Contoh gambar no. 1 dengan menyusun potongan sedotan berbagai warna secara tegak atau berdiri pada kaca dengan bentuk persegi, atau contoh gambar no. 2 membuat kap lampu dengan susunan sedotan beragam warna pada rangkaian kayu atau besi yang dibuat bentuk persegi. Untuk membuat kap lampu dari bahan sedotan ini dapat kalian susun sesuai dengan bentuk yang kalian sukai. Ketiga contoh gambar di bawah ini kami sajikan sebagai inspirasi kalian dalam menciptakan kap lampu dari sedotan.
kerajinan-tangan-kap-lampu-dari-sedotan

5. 4 Kreasi Kerajinan Tangan Anyaman dari Sedotan
Sedotan juga dapat dipakai sebagai bahan kerajinan tangan anyaman lho. Bagi kalian yang suka dan terampil dalam membuat kerajinan anyaman, kalian dapat memanfaatkan sedotan sebagai bahan untuk membuat berbagai bentuk kerajinan anyaman. Seperti 4 contoh hasil karya kerajinan tangan anyaman dari bahan sedotan di bawah ini dapat kalian ciptakan sendiri sesuai dengan keterampilan kalian dalam membuat kerajinan anyaman dari bahan sedotan. Menarik dan unik kan? silahkan kalian coba buat sendiri mulai dari bentuk dan teknik sederhana dulu.
kerajinan-anyaman-dari-sedotan

6. 2 Inspirasi Karya Seni Unik dari Sedotan
Memanfaatkan sedotan sebagai bahan dalam membuat kerajinan tangan yang terakhir adalah karya seni unik dari bahan sedotan. Sedotan selain dapat digunakan untuk membuat berbagai macam barang kerajinan tangan juga dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat karya seni yang unik dan menarik seperti contoh gambar di bawah ini. Bagi kalian yang berkecimpung di dunia seni rupa dan mempunyai kemampuan menciptakan karya seni rupa, kalian dapat membuat karya seni yang unik dan menarik menggunakan bahan sedotan. Seperti 2 contoh gambar di bawah ini dapat kalian jadikan inspirasi dalam membuat karya seni dari sedotan yang lebih menarik sesuai dengan kreatifitas kalian.
karya-seni-menarik-dari-sedotan

Demikian ulasan kami tentang "18 Ide Kreasi Kerajinan Tangan dari Sedotan yang Mudah Dibuat" yang dapat kami sajikan. Masih banyak lagi aneka kreasi kerajinan tangan unik dan menarik yang dapat dibuat menggunakan bahan sedotan yang akan kami ulas pada artikel berikutnya. Baca juga artikel berkarya seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …