Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Lengkap, Gambar dan penjelasannya

Alat musik tradisional Provinsi Jawa Tengah yaitu gamelan. Satu perangkat musik gamelan terdiri atas beberapa instrumen atau alat musik. Alat musik tersebut, meliputi kendang, saron, bonang barung, bonang penerus, slenthem, gender, gambang, kempul, kenong, ketug, clempung, siter, suling, rebab, keprak dan kepyak, bedug, serta gong. Perangkat musik gamelan tersebut terdiri atas dua laras, yaitu laras pelog dan laras slendro. Satu perangkat musik gamelan laras pelog dan slendro disebut gamelan sepangkon.
Penjelasan lengkap tentang alat musik tradisional gamelan jawa tengah silahkan klik 11 Macam Alat Musik Tradisional Gamelan Jawa, Lengkap Gambar dan Penjelasannya
alat musik tradisional gamelan

Pada awalnya gamelan digunakan untuk mengiringi tarian yang didukung lagu (tembang) oleh para penyanyi (swarawati/wiraswara). Selain itu, berfungsi pula untuk menyemarakkan upacara-upacara adat. Namun, gamelan paling sering dibunyikan untuk mengiringi pergelaran wayang, kethoprak, atau sendratari. Pada zaman sekarang gamelan sudah dikolaborasikan dengan berbagai alat musik modern lainnya, seperti: gitar, piano, drum, organ, dan biola.

Bukan hanya gamelan, di beberapa wilayah Provinsi Jawa Tengah juga ditemukan jenis alat musik lainnya, seperti: rebana, tambur, suling, calung, dan terompet. Alat-alat musik ini digunakah untuk mengiringi kesenian khas daerah.

Calung merupakan seperangkat alat musik khas Banyumas. Alat musik calung terbuat dari bambu wulung. Bentuknya mirip dengan gamelan jawa, terdiri atas gambang barung, gambang penerus, dhendhem, kenong, gong, dan kendang. Dalam penyajiannya calung diiringi penyanyi yang disebut sinden. Aransemen musikal yang disajikan berupa gending-gending Banyumasan, gending Surakarta-Yogyakarta, atau lagu-lagu pop yang digubah.

alat musik tradisional calung banyumas



Sumber : Selayang Pandang Jawa Tengah : Giyarto

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Lengkap, Gambar dan penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel