Makanan dan Minuman Khas Betawi (DKI Jakarta) Lengkap Penjelasannya

Biasanya setiap daerah memiliki makanan/minuman/masakan khas. Di Bandung ada peuyem dan oncom. Di Yogyakarta ada gudeg, di Lampung ada tempoyak, dan seterusnya.

Bagaimana dengan makanan/minuman/masakan khas Betawi/DKI Jakarta? Berikut ini adalah daftar makanan/masakan/minuman khas Betawi/DKI Jakarta.

Masakan Khas

Masakan khas Betawi adalah nasi kebuli, nasi uduk, pindang serani tugu, kari kambing tanah abang, gado-gado betawi, ketoprak, tahu kupat betawi, soto betawi, soto kaki, mi babat, selada wijen, sup selam, dan tauge goreng.

Nasi Kebuli
Nasi kebuli terbuat dari beras putih dan beras ketan yang ditambahi berbagai macam rempah-rempah. Cara memasaknya juga memerlukan perlakuan khusus. Pertama, dua macam betas dicampur, dicuci lalu ditiriskan. Kemudian kunyit diparut dan dibubuhi sedikit santan peras. Lalu disaring dan sisa santannya ditambahkan Kemudian dibubuhi garam, ketumbar, dan jinten yang sudah digerus. Setelah itu dituangkan ke beras lalu dijerang.

Pala, merica, kayu manis, sereh, jahe, dan daun jeruk purut dibungkus kain tipis, diikat, lalu dimasukkan ke beras bersantan. Beras dimasak sambil kadang-kadang diaduk sampai santannya terserap lalu diangkat. Setelah itu beras dipindahkan ke langseng yang sudah diisi air dan dibubuhi daun pandan dan dimasak sampai matang. Bumbu-bumbu di dalam kantong dibuang. Nasi kebuli ini biasanya disajikan bersama dengan lauk seperti: ayam goreng, terik, besengek telur, opor ayam, dan sambal goreng.

Nasi Uduk
Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dan kelapa yang diparut. Nasi tersebut dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai, dan merica. Masakan ini dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun, dan sambal kacang.

makanan khas betawi (DKI Jakarta)

Ketoprak
Ketoprak adalah makanan khas dengan ketupat yang memiliki kekhasan, yaitu tidak memiliki unsur hijauan daun. Bahan yang terdapat di dalam ketoprak ini adalah tauge, tahu, bihun, telur rebus, yang dilengkapi dengan saus kacang, kecap, dan taburan bawang merah goreng. Ketoprak dapat disajikan dengan tambahan kerupuk atau emping melinjo.

Soto Betawi
Soto Betawi adalah soto yang popular di daerah Jakarta. Soto Betawi juga menggunakan jerohan. Dalam mangkok saji soto Betawi biasanya terdapat kentang rebus iris, telur rebus iris, tomat iris, daging sapi, dan kuah soto yang ditaburi dengan daun bawang dan bawang merah goreng. Soto Betawi ini akan lebih enak disantap dengan sambal soto.

Makanan khas Betawi adalah kerak telor, geplak bakar, kue siti zulaeha, kue lumpang, kue bugis betawi, kue laksa, kue ape, kue rangin, arum manis, manisan buah atap (kolang-kaling), puding busa tapai ketan, dan asinan betawi.

Kerak Telor
Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta yang terbuat dari beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng. Kemudian diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangria, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam, dan gula pasir.

Minuman Khas

Minuman khas betawi adalah cingcau, sekoteng babah, dan es doger.

Es Doger
Es doger terbuat dari kelapa muda dikerok tanpa kulitnya, tape singkong yang lunak, ketan hitam rebus, pacar cina rebus, es batu serut, dan susu. Untuk bahan sirupnya terbuat dari santan kental, sirup, dan air. Cara membuatnya adalah merebus bahan sirup sampai mendidih, kemudian didinginkan. Setelah itu serutan es dan kelapa muda dimasukkan. Kemudian disimpan di dalam freezer. Es doger disajikan dengan irisan tape, ketan hitam, pacar cina, dan susu.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Makanan dan Minuman Khas Betawi (DKI Jakarta) Lengkap Penjelasannya"

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel