Skip to main content

Makanan khas Provinsi Gorontalo Lengkap Penjelasannya

Makanan dan minuman khas Provinsi Gorontalo yaitu makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan-bahan yang berasal dari hasil sumber daya alam wilayah setempat. Bahan dasar tersebut dapat berasal dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, atau kehutanan. Makanan tradisional itu misalnya binde biluhuta.

makanan khas gorontalo

Provinsi Gorontalo terkenal sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia. Jagung yang berkualitas tinggi tersebut telah menembus pasar dibeberapa negara didunia, seperti Malaysia, Singapura, dan Gambia (Afrika Barat). Selain sebagai komoditas ekspor, jagung yang rasanya manis itu menjadi bahan utama makanan khas Provinsi Gorontalo yang lazim dikenal dengan Binde Biluhuta. Selain jagung, makanan ini juga menggunakan bahan utama  lainnya, seperti ikan tuna, cakalang, tengiri, dan udang. Makanan khas Provinsi Gorontalo ini termasuk jenis masakan sup yang rasanya segar dan gurih. Makanan khas ini sangat cocok dinikmati pada saat cuaca dingin, terutama bagi mereka yang sedang flu.

Kekhasan makanan Binde biluhuta terletak pada keragaman rasanya. Ada yang rasanya manis, masam, pahit, dan pedas. Cara penyajiaannya pun berbeda dengan sup-sup lainnya. Pada saat masakan ini disajikan ada bumbu-bumbu yang membuat rasanya berbeda. Bumbu-bumbu itu seperti cabai rawit penyebab rasa pedas, daun pepaya penyebab rasa pahit, dan jeruk nipis penyebab rasa masam. Bumbu-bumbu itu, diletakkan pada wadah yang terpisah. Meski pun menggunakan bahan utama ikan, makanan khas Provinsi Gorotalo ini tidak berbau atau tidak terasa amis. Bau amisnya telah tertutupi oleh rasa masam, pahit, atau pedas. Binde bilutuhe ini sebaiknya disantap selagi masih Panas. Kokole adalah makanan yang dibuat dari bahan jagung muda yang telah ditumbuk dengan halus. Kemudian, jagung itu dicampur dengan air santan, gula merah, dan pada tahap akhir dikukus.

Baca juga:
Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Selatan, Lengkap Penjelasannya
Makanan Khas Masyarakat Sulawesi Tengah
Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Utara, Lengkap Penjelasannya
Makanan Khas Sumatra Selatan, Lengkap Penjelasannya

Comments