Makanan dan Minuman Khas Kalimantan Timur Lengkap Penjelasannya

Makanan dan minuman khas Provinsi Kalimantan Timur yaitu makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan-bahan yang berasal dari hasil-hasil sumber daya alam wilayah itu. Bahan dasar tersebut bisa berasal dari hasil pertanian, perkebunan, perikanan, atau kehutanan sehingga resep yang dihasilkan pun berbeda dengan daerah lain di luar Provinsi Kalimantan Timur. Salah satu jenis makanan khas Provinsi Kalimantan Timur yaitu amplang.

Amplang adalah makanan sejenis kerupuk udang yang terbuat dari ikan pipih atau ikan belida (Notopetrus chitala). Amplang disebut juga kuku macan karena bentuk fisik potongannya seperti kuku macan. Proses pembuatan amplang relatif sederhana. Setelah dibersihkan, ikan segar diambil dagingnya. Kemudian, ikan segar tersebut digiling. Langkah selanjutnya dicampur bumbu dan tepung, lalu diaduk hingga merata. Adonan tersebut dibentuk dengan tangan sesuai keinginan atau dicetak jika akan dibuat kuku macan. Pembuatan amplang sampai sekarang masih menggunakan cara-cara tradisional.

makanan khas kalimantan timur

Petah adalah salah satu kue tradisional Banjar. Selain petah khas Banjar, ternyata ada jenis makanan yang punya nama sama, yaitu petah Asia atau Ipau. Petah Asia biasa disantap bersama saus tomat ditambah lauk karih kambing. Makanan berbahan tepung beras ini sangat identik dengan tahi lala. Tahi lala adalah sejenis saus terbuat dari santan. Sari muka bagian atasnya berwarna cokelat yang terbuat dari tepung, santan, telur, dan gula merah. Bagian bawahnya putih yang terbuat dari kelapa parut, tepung, dan garam. Amparan tatak terdiri atas tepung dan pisang. Bagian atasnya yang lembek terdiri atas santan kental dan garam. Bagian bawahnya yang lebih padat terdiri atas tepung, santan, dan pisang yang diiris-iris melintang. Kue bingka terbuat dari gula, tepung, santan masak, dan telur. Kueh lam terbuat dari tepung, gula, santan, susu, telur, cacao.

Dalam adat parkawinan suku bangsa Dayak Kenyah, sering dihidangkan berbagai jenis makanan khas yang dibuat bersama-sama oleh masyarakat Kenyah. Salah satu makanan yang khas yaitu kue anye. Anye adalah makanan sejenis kue yang terbuat dari pulut (ketan). Proses pembuatannya yaitu ketan ditumbuk, lalu digoreng dengan minyak. Dalam satu upacara adat tertentu, juga tidak ketinggalan dihidangkan minuman khas suku Dayak yaitu tuak. Minuman jenis ini terkadang merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan dan Minuman Khas Kalimantan Timur Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel