Skip to main content

Makanan Khas Kalimantan Barat Lengkap Penjelasannya

Makanan tradisional, sederhana, tetapi bisa menjadi identitas sekaligus daya tarik wisata suatu daerah. Ada banyak jenis makanan tradisional masyarakat Kalimantan Barat. Ada yang berupa masakan, kudapan, maupun minuman.

Pontianak memang terkenal dengan bingke. Kudapan ini seakan-akan menjadi trademark bagi wilayah ini. Sebenarnya, terdapat bermacam-macam jenis kudapan lainnya yang tidak kalah dengan bingke. Misalnya lempok, pisang goreng krispi, talas goreng, hay keng, manisan kering, aneka kerupuk, dan keripik ikan. Lempok durian dan pisang goreng cukup popular dan telah dikenal secara luas oleh masyarakat di luar Kalimantan Barat. Untuk pisang goreng di sini sangat unik karena tepungnya krenyes-krenyes (crispy).

makanan khas kalimantan barat

Makanan tradisional yang berupa masakan tidak kalah beragamnya dengan jenis penganannya. Jenis masakan tradisional di sini bernuansa oriental yang kuat. Jenis masakan yang kondang antara lain bubur pedas, bubur ikan, bakmi udang, yam mie, kepiting asam manis, udang galah goreng mentega, ikan patin asam pedas, lodeh jantung pisang, tumis pakis, pacri nenas, sambal terong pipit, mencalok, dan masakan-masakan lainnya yang jumlahnya sangat banyak. Bubur pedas sangat populer yang menjadi salah satu ciri khas Kalimantan Barat. Bubur pedas ini asalnya dari Kabupaten Sambas.

Masakan bubur ikan Kalimantan Barat tidak kalah menarik untuk dicoba dengan bubur pedas. Bubur ini dibuat sederhana saja, bubur yang sudah matang dicampur dengan ikan mentah direbus sebentar dalam kuah mendidih. Selanjutnya, tinggal diberi bumbu dan kuah. Adapula bubur kapal terbang yang juga patut dicoba. Bubur ini dinamakan dengan bubur kapal terbang karena layanan bubur ini sangat cepat seperti kapal terbang. Bubur ini rasanya tawar, dimakan dengan pilihan menu semur ayam, lidah, jeroan, atau usus.

Menurut hasil penetitian Pusat Kajian Makanan Tradisional (PKMT) Universitas Tanjungpura yang telah mengidentifikasi sekitar 100 jenis makanan tradisional. ternyata makanan tersebut kaya akan gizi. Apalagi ditambah dengan proses pembuatannya yang alami. Ini menjadi nilai tambah tersendiri. Selain itu, sebagian jenis makanan itu mempunyai nilai ekonomis yang tinggi misalnya, lempok, bingke, kerupuk, ikan asin, dan udang ebi.

Baca juga:
4 Makanan Khas Kalimantan Selatan Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Sulawesi Selatan, Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Aceh Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Kalimantan Timur Lengkap Penjelasannya

Comments