Makanan Tradisional Papua Barat Lengkap Penjelasannya

Makanan tradisional suku bangsa di Provinsi Papua Barat tentu tidak jauh dengan alam lingkungannya. Salah satu makanan tradisional yang umum dikenal oleh orang Provinsi Papua adalah papeda. Papeda berupa kanji sagu cair dicampur kuah ikan, daging ikan, cabai, dan sayur. Pembuatannya adalah dengan memasukkan tepung sagu yang sudah dicairkan kedalam air mendidih sambil diaduk. Kalau tepung tersebut sudah mengental seperti lem berarti papeda sudah jadi.

papeda makanan khas papua barat

Selain itu, ada juga tau. Tau atau ada juga yang menyebutnya aries adalah makanan tradisional suku bangsa Wamesa. Makanan ini terbuat dari sagu dan kelapa parut yang dibungkus dengan daun sagu. Kemudian, bungkusan tersebut dibakar di atas bara api. Tau merupakan makanan sehari-hari yang juga disajikan sebagai pelengkap pada setiap acara adat.

Satu lagi makanan tradisional khas Provinsi Papua Barat adalah besadoch. Besadoch adalah makanan pokok orang Maybrat di Papua Barat. Di samping besadoch atau jagung, orang Maybrat juga mengenal awiaq atau keladi dan swam (ubi-ubian) sebagai makanan mereka. Biasanya bahan makanan itu mereka olah menjadi berbagai macam bubur yang dimakan dengan sayur, ikan, atau daging yang direbus atau dibakar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makanan Tradisional Papua Barat Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel