Skip to main content

Makanan Khas Bangka Belitung Lengkap Penjelasannya

Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memiliki berbagai macam makanan khas. Berikut ini berbagai macam makanan khas dari provinsi tersebut.

Lempah kuning adalah masakan khas dari Pulau Bangka. Bahan dasar makanan ini adalah ikan laut atau daging yang diberi bermacam bumbu dapur. Bumbu-bumbu dapur itu antara lain kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan terasi atau belacan yang khas dari daerah Bangka.

Getas atau keretek adalah makanan yang berbahan dasar ikan dan terigu. Getas dibuat dengan berbagai bentuk dan rasanya hampir sama dengan kerupuk.

Rusip adalah makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan bilis yang dicuci bersih dan diiris secara steril. Kemudian, dicampur dengan garam yang komposisinya seimbang. Di samping itu, ditambahkan juga air gula kabung agar aromanya lebih terasa. Selanjutnya, adonan ini disimpan sampai matang tanpa proses pemanasan. Adonan ini harus ditutup dengan wadah yang rapat agar tidak tercampur dengan benda asing apa pun. Dahulu proses adonan ini ditempatkan dalam guci yang bermulut sempit dan suhu ruangannya harus dijaga. Makanan ini dapat dimasak dahulu atau dimakan langsung dengan lalapan.

makanan khas bangka belitung

Calok adalah makanan yang terbuat dari udang kecil segar yang disebut dengan udang cencalo/rebon. Udang yang sudah dicuci bersih dicampur dengan garam sebagai pengawet agar tahan lebih lama. Calok sangat cocok untuk teman lauk nasi hangat dengan lalapan mentimun, tomat, dan sayuran segar lainnya. Calok juga enak sebagai campuran omelete telur.

Teritip adalah sejenis tiram kecil yang biasanya hidup di tepi pantai dan melekat pada bebatuan. Dagingnya sangat kecil, tetapi memiliki rasa dan tekstur seperti tiram pada umumnya. Teritip dapat dimakan dalam keadaan segar atau diasinkan terlebih dahulu dengan garam jika ingin disimpan.Teritip sangat nikmat jika ditambahkan dengan cabai merah dan jeruk kunci (sejenis jeruk asam khas Bangka).

Lempok adalah makanan sejenis dodol yang terbuat dari campuran gula pasir dan buah-buahan tertentu (umumnya cempedak, nangka, dan durian). Buah yang sudah dilembutkan menyerupai bubur, lalu dicampur dengan gula pasir dengan perbandingan tertentu. Kemudian, adonan dipanaskan di atas api sampai kecokelatan dan mudah dibentuk. Selama pemanasan, adonan harus selalu diaduk.

Selain berbagai makanan khas tersebut, di provinsi ini masih terdapat aneka makanan khas lainnya. Makanan khas tersebut antara lain belacan, gangan, tembiluk, kempelang, kerupuk, seafood based souvenir, lempah darat, empek-empek bangka, lakso, bergo, tekwan, laksan, otak-otak, sambel likung, martabak bangka, dan mi bangka.

Baca juga:
Makanan Khas Bengkulu Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Lampung Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Jambi Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Riau, Lengkap Penjelasannya

Comments