Skip to main content

Makanan dan Minuman Khas Lampung Lengkap Penjelasannya

Sebagai daerah yang kaya rempah-rempah tentu Lampung juga kaya akan makanan dan minuman tradisional. Salah satu yang cukup terkenal yaitu mie lampung. Mie jenis ini mempunyai karakteristik yang berbeda dengan mie daerah lainnya. Teksturnya lebih lembut sehingga ketika menikmatinya lebih asyik kalau disrupuut (disedot dengan ujung bibir tanpa putus). Kuahnya terbuat dari kaldu ayam yang dipadu dengan bumbu-bumbu asli Lampung. Cita rasanya semakin mantap dengan taburan daging di atasnya.

makanan khas lampung

Untuk jenis minumannya tentu saja kopi lampung. Kopi merupakan minuman wajib bagi orang Lampung. Setiap pagi dan petang masyarakat Lampung tidak bisa lepas dari secangkir kopi kental. Aroma dan kehangatan kopi lampung mampu menggugah energi dalam tubuh untuk beraktivitas. Serbuk kopi diolah dari biji kopi murni yang diambil dari kebun-kebun setempat. Pengolahannya sangat tradisional, tetapi mampu menghasilkan cita rasa yang berbeda dengan kopi pabrikan. Tidak adanya bahan campuran dan pengawet menjadikan kopi lampung semakin nikmat rasanya. 


Tentu dua hal di atas belum bisa menggambarkan beragamnya makanan dan minuman tradisional Lampung. Untuk mencecap nikmatnya kuliner Lampung dapat dicoba jenis lainnya seperti gulai latuk-latuk, acar tulang bawang, bubur jali, kuay lok ayam, kuay lok sapo tahu, pepes kemangi, pepes belida, satai belida, balado jamur, tempoyak, sambel goreng udang, kerupuk kemplang, malbi hati, seruit Lampung, punyeu baung, otak-otak, pindang patin, dodol (lempok) durian, lapis engka ketan, emping rajabasa, teh rajabasa, serbat kweni, dan es kacang merah. Keragaman kuliner ini mampu membuat siapa saja rindu untuk datang kembali ke Provinsi Lampung.

Baca juga:
Makanan dan Minuman Khas Betawi (DKI Jakarta) Lengkap Penjelasannya
Makanan dan Minuman Khas Jambi Lengkap Penjelasannya
Makanan Khas Bangka Belitung Lengkap Penjelasannya
Makanan Khas Sumatra Selatan, Lengkap Penjelasannya

Comments