Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Bijak Bahasa Jawa, Aja Nyawang Sugih dadi Ukuran Mulya...

kata bijak bahas jawa

Kata bijak bahasa Jawa yang berbunyi; 

"Aja Nyawang Sugih dadi Ukuran Mulya, Aja Nyawang Mlarat dadi Ukuran Hina, Mulya Iku Ana Becike Laku lan Ati sing Cedhak marang Gusti".

Petuah tersebut mempunyai arti, “jangan jadikan kekayaan sebagai ukuran kemuliaan, jangan jadikan kemiskinan sebagai ukuran kehinaan, kemuliaan itu terletak pada baiknya perbuatan dan hati yang dekat dengan Tuhan”. Petuah ini sangat pas dijadikan pegangan oleh orang-orang yang menilai kemuliaan berdasarkan kekayaan dan menilai kehinaan identik dengan kemiskinan.

Kata bijak Aja Nyawang Sugih dadi Ukuran Mulya, artinya jangan jadikan kekayaan sebagai ukuran kemuliaan. Bahwasannya ukuran kemuliaan itu bukanlah dari kekayaan, bisa saja kekayaan itu didapat dari perilaku yang hina seperti korupsi, mencuri dan,lain sebagainya. Kata selanjutnya, Aja Nyawang Mlarat dadi Ukuran Hina, yang artinya, jangan jadikan kemiskinan sebagai ukuran kehinaan. Begitujuga sebaliknya, bahwa yang miskin itu belum tentu hina. Namun, jadikanlah tolok ukur kemuliaan itu seperti baris kalimat yang ke tiga yaitu Mulya Iku Ana Becike Laku lan Ati sing Cedhak marang Gusti, artinya kemuliaan itu terletak pada baiknya perbuatan dan hati yang dekat dengan Tuhan. Begitulah makna dari pesan yang terkandung dalam kata-kata bijak bahasa Jawa tersebut.

Demikian Arti kata bijak Bahasa Jawa, "Aja Nyawang Sugih dadi Ukuran Mulya..." yang dapat kami sampaikan. Baca juga makna dan arti kata bijak Jawa menarik lainnya hanya di situs SeniBudayaku.com

Posting Komentar untuk "Kata Bijak Bahasa Jawa, Aja Nyawang Sugih dadi Ukuran Mulya..."