Skip to main content

15 Contoh Poster Pendidikan Menarik dan Mudah Digambar

Poster pendidikan merupakan sebuah karya seni yang memuat komposisi antara huruf dan gambar yang dibuat untuk menyampaikan informasi dibidang pendidikan. Secara umum poster dibuat dalam berbagai macam ukuran sesuai dengan kebutuhan. Ada poster yang dibuat dengan ukuran besar tetapi ada juga yang dibuat dengan ukuran kecil. Penempatan poster tergantung dari media dan bahan yang digunakan. Ada poster sering ditempelkan pada dinding jika menggunakan media kertas. Poster juga sering ditempel pada baliho jika ukurannya besar. Ciri utama dari poster mempunyai sifat menarik perhatian mata, sehingga berbagai desain poster dibuat berwarna-warni lengkap dengan warna kontras sehingga menarik perhatian. 

Poster Pendidikan memiliki fungsi menyampaikan pesan secara singkat dengan menggunakan kata dan gambar pada bidang pendidikan. Untuk itu dalam membuat poster pendidikan maupun gambar poster pada umumnya dibutuhkan kesatuan utuh antara gambar yang ditampilkan dengan kata yang ditulis. Pada poster kata hendaknya ditulis sesingkat mungkin tetapi memiliki pesan kuat dan jelas.

Cara Membuat Poster
Untuk membuat sebuah poster dalam hal ini adalah poster pendidikan, dibutuhkan beberapa syarat baik dalam menyusun bentuk, gambar maupun kata-kata. Ada beberapa cara atau langkah yang harus dilalui dalam membuat poster pendidikan. Langkah-langkah tersebut adalah sebagai berikut. 

a. Menentukan Topik & Tujuan
Sebelum membuat poster langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan tema. Penentuan tema berdasarkan pesan yang ingin disampaikan. Misalnya, tema tentang pendidikan berkarakter. Berdasarkan tema tersebut kemudian mulai pikirkan bentuk visualisasinya dan kata yang digunakan untuk memperkuat gambar visual tersebut. 

b. Membuat Kalimat Singkat dan Mudah Diingat 
Poster berfungsi mengirim pesan kepada orang yang melihatnya untuk itu pilih kata yang singkat tetapi berkesan. Dengan melihat kata dan gambar orang akan senantiasa ingat terhadap pesan yang ingin disampaikan. Orang yang melihat poster secara cepat untuk itu, buatlah kalimat yang singkat agar bisa dibaca hanya dalam waktu beberapa datik saja. Melalui bahasa singkat tersebut, pesan yang ditulis oleh para pembuat poster bisa tersampaikan dengan baik. Buatlah kalimat yang jelas serta menarik perhatian orang untuk melakukan sesuatu. 

c. Menggunakan Gambar 
Selain menggunakan kata atau kalimat, poster juga disertai dengan gambar. Penggunaan gambar sebagai salah satu penyampai pesan yang paling menarik. Proporsi penggunaan gambar dengan kata atau kalimat disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang akan disampaikan. Penggunaan gambar dan kata dapat juga dilakukan dengan gambar proporsi yang jauh lebih besar dibandingkan tulisan. Pada poster sebaiknya dengan menggunakan warna-warna yang mencolok sehingga mengundang perhatian dan minat orang untuk membaca atau melihat.

d. Menggunakan Media yang Tepat 
Penggunaan media dalam membuat poster dapat disesuaikan dengan tempat poster akan diletakan. Jika poster tersebut diletakan pada papan baliho maka media yang digunakan dapat berupa kain atau sejenisnya. Jika poster tersebut akan diletakkan pada dinding maka dapat menggunakan media kertas. Saat sekarang ini penggunaan media dalam membuat poster sangat beragam. Ada juga poster yang sudah dicetak secara digital. 

Membuat poster dapat dilakukan tidak hanya menggunakan peralatan dan bahan seperti membuat gambar atau lukisan tetapi juga dapat menggunakan alat bantu komputer. Pembuat poster dengan menggunakan alat bantu komputer memudahkan dalam berekspresi. Karena, jika ada kesalahan dapat segera diganti. Berbeda jika membuat poster dengan menggunakan dengan teknik menggambar manual, yang jika ada kesalahan sulit untuk melakukan revisi atau perbaikan. Membuat poster unsur utama yang penting adalah pesan yang ingin disampaikan baru kemudian unsur keindahan.

Coba perhatikan beberapa contoh poster pendidikan berikut ini. 

1. Poster Pendidikan Motivasi Belajar
contoh-poster-pendidikan
Contoh Poster Pendidikan (Motivasi Belajar 1)

contoh-poster-pendidikan
Contoh Poster Pendidikan (Motivasi Belajar 2)
Kedua poster tersebut merupakan contoh poster pendidikan yang bertujuan memotivasi pembaca agar lebih rajin belajar. Pada gambar poster pendidikan yang pertama berisi slogan "Ga Ada Kata Terlambat Buat Belajar". Slogan tersebut bertujuan memberikan motifasi kepada pembaca bahwa belajar dapat dilakukan kapanpun oleh siapapun tidak memandang tua, muda bahkan dalam kondisi apapun. Poster ini sangat menarik dan sesuai dengan kondisi di daerah-daerah yang masih banyak terdapat anak-anak yang putus sekolah, atau bahkan orang-orang yang belum mengenyam bangku sekolah. Melalui poster ini diharapkan banyak pembaca yang termotifasi untuk mau sekolah atau melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, misalnya mengikuti program pendidikan paket C dan lain sebagainya.

Pada contoh gambar poster pendidikan yang ke dua berisi slogan "Tak Tahan Lelahnya Belajar, Tahanlah Pedihnya Kebodohan". Slogan pendidikan tersebut memberikan motifasi kepada pembaca untuk semangat dalam belajar. Belajarlah dengan tekun dan jadilah orang pandai agar terhindar dari kepedihan dan kerugian yang dialami oleh orang-orang bodoh. 

Poster pendidikan di atas merupakan contoh poster pendidikan hasil karya gambar tangan secara manual hasil karya siswa siswi SMP yang sudah cukup baik. Dengan contoh di atas semoga pembaca dapat memperoleh inspirasi dalam belajar membuat gambar poster pendidikan yang lebih kreatif dan menarik.

2. Poster Pendidikan Bahasa Inggris

contoh-poster-pendidikan-bahasa-inggris
Contoh Poster Pendidikan Bahasa Inggris 1
contoh-poster-pendidikan-bahasa-inggris
Contoh Poster Pendidikan Bahasa Inggris 2
Kedua contoh poster pendidikan menggunakan slogan berbahasa Inggris di atas cukup keren dan menarik meskipun hanya dikerjakan secara manual gambar tangan. Sebagaimana contoh di atas yang menampilkan karya poster dengan slogan pendidikan berbahasa Inggris, kalian juga dapat membuatnya dengan slogan berbahasa Inggris yang lebih informatif lagi. Perlu diingat dalam membuat poster makna/ arti tulisan atau slogan harus relevan dengan ilustrasi (gambar) yang ditampilkan, artinya ilustrasi tersebut harus sesuai dengan tema poster tersebut.

3. Poster Pendidikan Berkarakter

contoh-poster-tentang-pendidikan-berkarakter
Contoh Poster Pendidikan Berkarakter 1

gambar-poster-pendidikan-berkarakter
Contoh Poster Pendidikan Berkarakter 2
Contoh poster Pendidikan Berkarakter di atas merupakan karya poster gambar tangan yang dibuat oleh pelajar SMP. Gambar poster pendidikan berkarakter bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada pembaca tentang nilai-nilai pendidikan yang menjadi tujuan pendidikan berkarakter di suatu sekolah. Poster pendidikan berkarakter ini juga bertujuan mengingatkan dan memberitahu nilai-nilai karakter yang harus dijaga dan di laksanakan oleh siswa siswi sekolah tersebut.

4. Poster Pendidikan Membaca

contoh-poster-pendidikan-membaca-buku
Contoh Poster Pendidikan Membaca 1

contoh-poster-pendidikan-membaca-buku
Contoh Poster Pendidikan Membaca 2
Poster pendidikan membaca merupakan poster pendidikan yang bertujuan mengajak dan memberitahukan informasi kepada pembaca akan pentingnya membaca. Poster ini berfungsi untuk menarik minat pembaca agar semakin gemar membaca dan meningkatkan budaya membaca, baik membaca buku, majalah maupun informasi di berbagai media. Poster pendidikan membaca ini sangat tepat ditempatkan di dinding-dinding kelas agar siswa siswi sekolah tergerak untuk lebih aktif membaca buku, terutama buku yang sudah disediakan di perpustakaan. Apabila poster pendidikan membaca ini ditempatkan di perpustakaan akan lebih tepat bila diberi penjelasan tentang budaya membaca yang baik.

5. Poster Pendidikan yang Mudah Digambar

contoh-poster-pendidikan-mudah-digambar
 Contoh Poster Pendidikan yang Mudah Digambar 1

contoh-gambar-poster-pendidikan
Contoh Poster Pendidikan yang Mudah Digambar 2
Menggambar poster merupakan aktifitas menggambar yang dapat dibilang mudah apabila kita mengetahui teknik/ cara maupun syarat dan ketentuan dalam menggambar. Selain itu juga dibutuhkan pengalaman menggambar dan wawasan tentang objek yang akan di gambar. Apabila kita telah menemukan ide tentang objek yang akan digambar, hal ini akan memudahkan kita untuk mengolahnya. Kemampuan menggambar bentuk objek dan tulisan sangat dibutuhkan dalam menggambar poster secara manual. Hal ini membutuhkan latihan demi latihan yang dibangun dengan sentuhan kreatifitas. Seperti 2 contoh gambar poster pendidikan di atas merupakan contoh poster pendidikan yang mudah digambar sebagai bahan latihan dalam menggambar poster pendidikan oleh siswa-siswi SMP.

6. Contoh Poster Pendidikan Sederhana

contoh-poster-pendidikan-sederhana
Contoh Poster Pendidikan Sederhana 1

contoh-poster-pendidikan-sederhana
Contoh Poster Pendidikan Sederhana 2
Contoh gambar poster di atas merupakan 2 contoh gambar poster pendidikan sederhana yang dibuat oleh siswa SMP. Menggambar poster membutuhkan kemampuan menggambar yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula. Menggambar poster untuk siswa sekolah menengah pertama yang pada dasarnya masih dalam tahap belajar menggambar, contoh poster sederhana di atas cukup mudah dibuat sebagai bahan latihan dalam menggambar poster.

7. Poster Pendidikan Nasional

contoh-poster-pendidikan-nasional
Contoh Poster tentang Pendidikan Nasional
contoh-poster-pendidikan
Contoh Poster tentang Pendidikan Nasional

contoh-poster-pendidikan
Contoh Poster tentang Pendidikan Nasional
Poster pendidikan nasional merupakan poster pendidikan yang berisi informasi tentang tujuan, target, dan ruang lingkup pendidikan pendidikan nasional. Poster dengan tema ini dapat membahas tentang berbagai macam hal dalam dunia pendidikan seperti poster tentang wajib belajar 12 tahun di atas. Ketiga poster pendidikan nasional di atas merupakan contoh poster pendidikan nasional hasil karya siswa siswi SMP. Kalian juga dapat membuat poster pendidikan nasional yang berisi slogan-sogan pendidikan lainnya. 

Demikian uraian tentang "15 Contoh Poster Pendidikan Menarik dan Mudah Digambar" yang dapat kalian jadikan sebagai inspirasi dalam menggambar poster pendidikan. Kami harap pembaca dapat lebih kreatif dalam menggambar poster pendidikan dengan menampilkan slogan-slogan dan ilustrasi poster pendidikan yang lebih baik dari contoh yang kami berikan. Baca juga artikel seni menarik lainnya di situs SeniBudayaku.com.

Comments

Popular posts from this blog

Gambar Ilustrasi , Pengertian, Fungsi, dan Contoh gambar Ilustrasi

Pengertian Gambar Ilustrasi Ilustrasi berasal dari bahasa Latin "Illustrare", yang berarti menjelaskan atau menerangkan , dengan demikian gambar ilustrasi diartikan sebagai gambar yang bersifat sekaligus berfungsi untuk menerangkan sesuatu peristiwa. Ada pula yang mengatakan ilustrasi berasal dari kata ilusi, yang artinya gambaran angan-angan yang menyerupai hiasan belaka. Hal ini merupakan pengantar atau pelengkap suatu tujuan untuk membantu seseorang agar lebih mudah dan lebih cepat memahami apa yang dimaksud. Gambar ilustrasi merupakan karya seni rupa dua dimensi yang bertujuan untuk memperjelas suatu pengertian. Pengertian gambar Ilustrasi (Wikipedia bahasa Indonesia) adalah visualisasi dari suatu tulisan menggunakan teknik drawing, fotografi,lukisan, ataupun dengan teknik seni rupa lainnya yang lebih mengutamakan hubungan subjek dengan tulisan yang dimaksud daripada bentuk.
Fungsi Gambar Ilustrasi Gambar ilustrasi memiliki fungsi sebagai berikut. Menarik perhatian orang. S…

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap

Pengertian Seni Musik dan Unsur-Unsur Seni Musik Secara Lengkap - Musik pada dasarnya merupakan bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah. Musik tercipta dari berbagai media seperti suara manusia dan alat musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan semata, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian seni musik dan unsur-unsur seni musik yang kami sajikan secara lengkap.
Pengertian Seni Musik Seni Musik (Jamalus) adalah hasil karya seni berupa bunyi yang dituangkan dalam bentuk lagu atau komposisi sebagai ungkapan perasaan dan pikiran penciptanya melalui unsur-unsur pokok musik yaitu melodi, irama, harmoni, dan bentuk atau struktur lagu serta ekspresi sebagai sumber kesatuan.Seni Musik (Sunarto)adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan ritme atau melodi serta memiliki unsur atau keselarasan yang i…

Cara Mencampur Warna dengan Mudah

Cara Mencampur Warna dengan Mudah - Mengetahui cara mencampur warna yang baik dan benar sangat penting bagi kita yang ingin menggunakan berbagai macam warna untuk mewarnai atau melukis, namun terdapat keterbatasan jenis warna yang kita miliki. Warna adalah salah satu unsur seni rupa yang terbuat dari pigmen (zat warna). Zat warna merupakan jenis bahan kimia yang mempunyai efek/ kesan warna yang dapat dinikmati dengan indera penglihatan. Untuk membuat berbagai macam warna yang berbeda-beda dapat kita lakukan dengan mencampurkan satu atau dua warna dengan warna lainnya. Untuk mempermudah dalam mencampurkan warna, sebaiknya ketahui dulu pembagian warna sesuai dengan kelompok warnanya.
Cara Mencampur Warna Warna yang pertama atau bisa dikatakan warna dasar  adalah Warna Primer (merah, kuning, biru). Warna primer merupakan warna dasar dan bukan campuran dari warna apapun. Warna primer tersebut apabila dicampurkan satu dengan yang lain akan membentuk kelompok warna turunan kedua yaitu Warna …