Makanan dan Minuman Khas Riau, Lengkap Penjelasannya

Makanan dan minuman tradisional Provinsi Riau beraneka ragam. Makanan dan minuman tersebut diolah dari bahan-bahan alami yang terdapat di wilayah Riau. Dengan demikian, rasa dan kelezatannya berbeda dengan makanan dan minuman provinsi lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencicipi keragaman kuliner Provinsi Riau.

Makanan Tradisional Gulai Ikan Patin
Gulai ikan patin mungkin dapat menjadi makanan yang mudah dijumpai ketika berkunjung ke Provinsi Riau, terutama Kota Pekanbaru. Sesuai namanya, menu yang menjadi ikon kuliner Kota Bertuah ini diolah dari ikan patin. Kekhasan gulai ikan patin terletak pada kuahnya yang kuning pekat. Dagingnya yang empuk dan resapan bumbunya yang terasa di lidah menambah daya tarik menu ini. Selain gulai ikan patin, di Kota Pekanbaru bisa dijumpai gulai ikan baung. Kedua jenis ikan tersebut merupakan jenis ikan air tawar yang hidup di sungai-sungai besar wilayah Provinsi Riau.

Makanan Khas Riau Kacang Pukul
Mungkin pernah mendengar kacang pukul? Inilah makanan khas Riau selanjutnya. Sesuai namanya, kacang pukul dibuat dengan cara dipukul. Namun. sebelumnya dicampur dengan bahan-bahan lainnya, seperti gula dan bumbu-bumbu lainnya. Kacang pukul ini memiliki rasa yang enak dan gurih. Jajanan lainnya yaitu wajik takik. Wajik takik dibuat dengan menggunakan bahan makanan, seperti beras ketan, kelapa, gula merah, gula putih, dan garam. Semua bahan tersebut diolah menjadi satu sehingga menjadi wajik takik yang berbentuk balok.

makanan dan minuman khas riau

Minuman Khas Riau
Sementara itu, minuman khas provinsi ini adalah gula aren dari Kabupaten Rokan Hulu dan Laksamana mengamuk. Gula aren diolah dari air nira yang disadap dari pohon aren dan diolah secara tradisional. Pohon aren banyak tumbuh di wilayah Kabupaten Rokan Hulu. Minuman laksamana mengamuk merupakan minuman spesial yang hanya dijumpai menjelang bulan Ramadhan. Konon, minuman ini sudah ada sejak zaman Kerajaan Melayu Riau.

Makanan dan minuman tradisional tersebut hanya sebagian kecil yang dapat dijumpai di wilayah Provinsi Riau. Tentu masih banyak jenis makanan dan minuman lainnya yang lebih unik dan tidak bisa diperoleh di daerah lain. Kekhasan makanan dan minuman ini semakin menambah keragaman hasil budaya masyarakat Provinsi Riau.

0 Response to "Makanan dan Minuman Khas Riau, Lengkap Penjelasannya"

Post a Comment

Silahkan berkomentar yang baik dan sopan, komentar dengan link aktif akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel